9 Hal Penting Yang Harus Diketahui Ketika Jalak Suren Mabung

Burung jalak suren mulai masuk babak mabungnya, dengan diikuti jumlahnya bulu halus berantakan di fundamen sangkar. Semenjak itu Anda harus selekasnya lakukan perawatan spesial mabung, supaya proses ubah bulunya berjalan mulus serta prima. Di bawah in 9 hal penting dalam perawatan jalak suren mabung:

  1. Lengkapi proses mabung jalak suren dengan sediakan multivitamin penambahan atau suplemen spesial burung mabung seperti BirdMolt yang dapat menolong menyelesaikan proses mabung dengan serta membuat keadaan fisiknya lebih bugar.
  2. Jangan menggantang sangkarnya dalam tempat yang begitu panas serta kering, tetapi dalam tempat lembab. Suhu yang lembab dapat menolong percepat proses rontoknya bulu-bulu lama. Disamping itu, sangkar butuh ditutup kerodong dengan full, dengan catatan suhu ruang begitu panas atau kering.  Jauhkan jalak suren dari burung lain yang bernada benar-benar kencang seperti poksay jambul atau jalak hongkong.
  3. Jemur burung sekedarnya saja, serta cuma dikerjakan saat pagi hari, yakni saat matahari sudah keluar. Waktu penjemurannya cukup 10 – 20 menit, sebatas menolong hilangkan tungau / kutu yang menetap pada kulit serta bulu burung. “Perawatan jalak suren musim hujan agar tidak terjadi kematian”
  4. Tetap jaga kebersihan sangkar serta tenggeran dengan teratur membersihkannya 2x satu minggu sepanjang burung mabung. Kotoran lama yang belum pernah dibikin bersih dapat jadi sarang parasit serta tungau. Jika tidak selekasnya dibersikan, karena itu parasit atau tungau dapat menyerang kulit burung yang botak serta bulu-bulu yang baru tumbuh.
  5. Saat jalak suren sedang meluruhkan bulu-bulunya, seharusnya kurangi atau hentikan sesaat pemberian mandinya. Mandi cuma diberi sesudah bulu-bulu baru mulai berkembang.
  6. Beri pakan 2x makin banyak dibanding umumnya. Jika pada saat normal burung biasa dikasih jangkrik sekitar 3 ekor, karena itu waktu mabung porsinya dapat ditambah jadi 5 – 6 ekor tiap hari. Untuk menolong jaga staminanya, cacing tanah dapat juga diberikan jadi pakan penambahan.
  7. Tidak hanya pakan penambahan, Anda dapat juga memberi pakan racikan spesial untuk burung jalak waktu mabung. Cara membuat pakan racikan ini dibaca dalam artikel: Membuat pakan bergizi untuk burung jalak yang sedang mabung. [Ciri jalak suren sakit]
  8. Burung jalak suren yang sedang masuk waktu mabung pertama atau keduanya dapat diberi pemasteran dengan beberapa suara yang diharapkan. Pemasteran dapat dikerjakan dengan manfaatkan burung masteran atau memakai audio suara burung dari mp3.
  9. Jauhi pemberian suplemen yang dapat tingkatkan birahi jalak suren, karena akan membuat makin bertambah gacor. Ini akan mengganggu bioritme burung hingga membuat proses mabung jadi terhalang atau terusik.

Sekian dan terimakasih, baca juga : Perbedaan burung jalak suren jawa dan malaysia

9 Hal Penting Yang Harus Diketahui Ketika Jalak Suren Mabung | admin | 4.5