Anis Buru

Anis Buru – Burung anis burung adalah salah satunya tipe burung kicau dari keluarga Turdidae serta Genus Geokichla atau adalah salah satunya tipe burung dari beberapa macam burung anis yang bisa didapati di Indonesia. Burung anis yang mempunyai nama Geokichla Dumasi atau nuru trush dalam bahasa inggris adalah salah satunya tipe burung endemik Indonesia terutamanya Pulau Buru, Kabupaten Maluku, Indonesia. Burung yang dikenal juga dengan panggilan punglor buru ini kadang dikira burung anis seram, sebab kimiripin keduanya walau ke-2 spesies itu tidak sama.

Beberapa ciri Anis Buru, Buru Thrush (Geokichla Dumasi)

Burung anis buru termasuk tipe burung memiliki ukuran kecil bila dibanding dengan tipe burung anis yang lain dengan panjang badan seputar 17 cm serta berat tubuhnya seputar 25 sampai 30 gr. Badan sisi atas berwarna coklat zaitun yang seragam, dengan punggung bawah hitam yang melebar sampai ke dahi, bagian kepala serta leher; bintik-sayap tunggal putih; palang lebar hitam pada perut serta bagian badan tidak teratur; penutup ekor bawah putih.

Penebaran anis buru

Anis buru ialah burung endemik Indonesia terutamanya Pulau Buru. Burung pengicau dari famili Turdidae cuma dapat didapati di pulau buru serta pulau seram.

Habitat serta Rutinitas

Habitat burung anis buru ialah di wilayah pegunungan rimba hujan dengan sungai-sungai di pedalaman di Pulau Buru, Maluku, dengan ketinggian seputar 725 sampai 1500 m di atas permukaan laut. Mereka umumnya cari makan di permukaan tanah rimba dalam dengan berpasangan atau sendirian. Buat warga di pulau Buru, burung ini termasuk juga burung yang mereka menjaga habitatnya. Hingga burung ini aman dari kepunahan, serta terproteksi dari serangan beberapa pelacak burung dari pulau Jawa. Walau demikian, kerena persebaran Anis Buru yang terbatas karena itu tubuh Internasional IUCN masukkan burung ini ke Daftar merah IUCN dengan status Hampir Terancam (Near Threatened).

Suara Anis Buru

Dari sisi suara, burung ini mempunyai volume sedang, tetapi beberapa, ada pula yang bernada keras. Potensi berkicau burung ini termasuk bagus, berarti cepat tangkap beberapa suara burung lain atau suara masteran burung. Disamping itu, suara fundamen burung ini juga benar-benar beragam, tidak kalah dengan burung anis yang lain seperti Punglor Cendana, Punglor Kembang, Punglor Macan serta Punglor Merah. Dalam kata lain, enak didengar serta di nikmati.

Makanan Anis buru

Burung anis buru, suka pada makanan sama dengan sepupu-sepupunya, seperti cacing, jangkrik, belalang, krto serta tipe ulat-ulatan. Burung ini melahap buah-buahan, seperti pisang, pepaya dan sebagainya. Perawatan, hampir sama dengan beberapa jenis Zoothera yang lain, terhitung harus cukup waspada, sebab burung ini termasuk juga burung yang gampang depresi, jika dirawat tidak dengan sepenuh hati.

Anis Buru | admin | 4.5