Anis Enggano

Burung kicauan yang ada di Indonesia ini banyak sekali. Salah satunya burung yang banyak disukai yakni burung anis. Burung anis ialah burung kicauan yang mempunyai suara yang merdu serta dapat juga beragam. Tipe burung anis ada banyak jenis, diantaranya yakni Anis Enggano. Butuh anda ketahui, bila ciri burung Anis Enggano ini seperti sekali dengan burung Anis Kembang.

Indonesia memang diketahui memiliki beberapa spesies burung anis atau punglor yang wilayah penyebarannya ada di sejumlah wilayah. Tetapi, untuk beberapa spesies dari burung anis ini salah satunya terhitung tipe burung endemik. Misalnya saja seperti burung Anis Enggano (Zoothera leucolaema) ini.

 Baca Juga :
1. Asal Usul Anis Merah
2. Asal Usul Anis Kembang
3. Asal Usul Anis Cendana
4. Asal Usul Anis Macan
5. Asal Usul Anis Siberia
6. Asal Usul Anis Sisik 

Karena, ini adalah tipe burung yang cuma dapat didapati di Pulau Enggano saja, yakni di samping barat Pulau Sumatera. Namun, burung yang benar-benar seperti dengan tipe burung Anis Kembang ini keadaannya sekarang telah disebutkan Hampir Terancam (NT).

Beberapa dari kita semua kemungkinan ada yang merasakan masih asing dengan nama burung Anis Enggano ini. Namun, beberapa ada yang mengaku bila tipe burung kicauan ini mempunyai kicauan atau suara yang terdengar merdu.

Burung Anis Enggano ini terhitung salah satunya tipe burung kicauan yang bersal dari keluarga Pachycephalidae Genus Colluricincla. Disamping itu, burung ini jga terhitung satu dari beberapa macam burung anis yang dapat kita temui di Indonesia. Yang mana persisnya berda di Pulau Enggano Sumatera, lebih persisnya ada di samping baratnya kota Bengkulu.

Burung kicauan dari keluarga burung anis ini mempunyai nama latin Colluricincla harmonica atau Grey Shrike-thrush (Grey Shrikethrush). Nyatanya untuk burung anis ini juga diketahui dengan kicauan nya yang terdengar benar-benar indah serta merdu yang mempunyai macam kicauan.

Ciri Burung Anis Enggano (Colluricincla Harmonica)

Untuk tahu lebih detil tentang burung Anis Enggano ini, anda sebaiknya mengetahui terlebih dulu ciri burung Anis Enggano dengan komplet. Dari mulai fisiknya dan keunikan dari suara yang dikeluarkannya.

Harus anda tahu, bila burung Anis Enggano yang banyak juga disebutkan dengan burung Punglor Enggano ini adalah tipe burung yang mempunyai ukuran yang kecil dengan panjang badan kira-kira seputar 16 s/d 18,5 cm.

Lantas untuk sisi mahkota sampai di bagian tengkuk Anis Enggano ini kelihatan berwarna coklat kemerah-merahan. Ciri burung Anis Enggano setelah itu yakni di bagian mantel, punggung dan pangkal sayap sampai di penutup ekor sisi atas warna nya coklat muda (russet-brown).

Disamping itu ada juga dua garis yang membentang dibagian sayap yang berwarna putih lebar yang telah kelihatan jelas. Selanjutnya, di bagian dagu s/d sisi dada sisi atas Anis Enggano warnanya putih.

Dibagian muka, bagian tenggorokan, dan beberapa dada Anis Enggano ini kelihatan berwarna kehitaman. Di bagian bawah tubuhnya lainnya kelihatan putih serta berkesan pucat, tersapu dengan warna kecoklatan yang ada di tiap sisinya.

Bila disaksikan sudah seperti sekali dengan burung Anis Kembang. Serta beberapa pakar ada yang membuatnya jadi ras atau membuatnya jadi anak tipe dari burung Anis Kembang.

Penebaran Burung Anis Enggano (Colluricincla Harmonica)

Burung Anis Enggano memang terhitung salah satunya tipe burung endemik. Jadi, burung ini adalah burung Endemik Pulau Enggano saja. Yang mana, burung ini cuma diketemukan hidup di Pulau Enggano, yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara, persisnya di Provinsi Bengkulu.

Suara Burung Anis Enggano

Tidak cuma ciri fisknya saja yang seperti dengan burung Anis Kembang. Namun suara yang dikeluarkan oleh burung Anis Enggano ini dapat juga dipandang benar-benar seperti dengan burung Anis Kembang. Tetapi, untuk suara yang didengarnya lebih terdengar seperti dalam siulan meminta bila dibanding dengan suara lantunan lagu.

Menurut opini dari beberapa pengagum burung yang berada di Bengkulu, perbandingannya 12 – 12 dengan burung Anis Kembang atau Punglor Kembang. Jadi, dapat disebutkan bila burung itu memiliki kemampuan yang dipandang sama hebatnya.

Untuk permasalahan kecerdasan yang dipunyai oleh tipe burung ini juga sama. Jadi, tidak bingung bila burung ini mudah sekali di tangkap beberapa suara burung master yang didengarnya atau yang berada di sekelilingnya.

Namun, untuk burung Anis Enggano ini betul-betul sensitif dengan tipe beberapa suara yang termasuk keras, hilir mudik manusia, motor dan mobil serta perawatan yang berkesan asal-asalan.

Habitat Serta Rutinitas Hidup Burung Anis Enggano

Tingkah laku burung Anis Enggano salah satunya senang menempati lokasi rimba dataran rendah. Namun, belum diketahui apa burung ini dapat menyesuaikan pada keadaan rimba yang sudah terdegradasi.

Makanan Burung Anis Enggano

Butuh anda tahu, bila burung Anis Enggano ini dapat makan beberapa jenis tipe makanan. Karena, burung yang seperti kembar dengan Anis Kembang ini senang makan beberapa jenis serangga, cacing tanah, keong kecil. Serta burung ini senang makan beberapa jenis tipe buah-buahan yang berada di permukaan tanah di seputar habitatnya.

Buat anda yang ingin pelihara burung Anis Enggano ini, anda sebaiknya dapat memberi makanan penambahan yang semacam itu. Sebab makanan yang didapatkan di alam liar itu mempunyai banyak nutrisi yang memberi dukungan permasalahan kesehatannya.

Langkah Menjaga Burung Anis Enggano

Buat anda semua yang ingin pelihara burung Anis Enggano ini anda sebaiknya dapat merawatnya dengan benar dan baik. Maksudnya tidak lain agar burung yang anda memelihara dapat mempunyai keadaan kesehatan yang baik.

Di bawah ini ialah skema perawatan harian dan setelan harian yang baik bila anda aplikasikan pada tipe burung anis ini. Dengan begitu, burung Anis Enggano yang anda memelihara dapat jadi cepat gacor dan ngeplong.

Saat jam 07.00, seharusnya burung diangin-anginkan di teras yang sejuk. Sesudah jam 07.30 anda dapat memandikan burung Anis Enggano. Pemandiannya dapat dikerjakan di karamba mandi atau semprot. Hal itu dapat dilakukan sesuai rutinitas semasing burung yang anda memelihara itu.

Janganlah lupa selalu untuk bersihkan kandang harian supaya tidak kotor serta memunculkan banyak penyakit. Ubah voer yang lama atau imbuhkan dengan voer yang baru. Janganlah lupa kuga untuk memberi air minum serta buah yang dalam kondisi fresh.

Pemberian jangkrik sekitar 2 ekor pada cepuk extra fooding. Anda sebaiknya semua tidak memberi jangkrik dengan langsung pada burung yang anda memelihara.

Kerjakan penjemuran 1-2 jam/hari dari jam 08.00 s/d 11.00. upayakan burung tidak lihat burung semacam. Kemudian, andinkan diteras sepanjang 10 menit, selanjutnya sangkar dikerodong. Kemudian anda dapat memberi suara masteran untuk burung Anis Enggano.

Dengan memperoleh perawatan yang benar dan baik, burung Anis Enggano yang anda [elihara ni dapat mempunyai fisik yang bagus serta sehat. Disamping itu dapat juga membuahkan suara kicauan merdu, gacir, dan beragam.

Anis Enggano | admin | 4.5