Anis Hutan

Sunda Thrush (Zoothera andromedae), burung ini ialah burung asli Indonesia, menyebar di Sumatra (Bengkulu, pulau Enggano), Jawa Barat, Bali, Lombok, Malaysia serta Filipina.

Burung mempunyai nama inggris Sunda Thrush, jika disimpulkan apa jadi Punglor Sunda ? atau Anis Sunda ? pasti nama ini asing kedengarannya. Sedang di wilayah Jawa Barat sendiri, khususnya yang tinggal di seputar kaki gunung Gede, burung ini seringkali dikatakan sebagai Anis Rimba.

Baca Juga :
1. Asal Usul Anis Merah
2. Asal Usul Anis Kembang
3. Asal Usul Anis Cendana
4. Asal Usul Anis Macan
5. Asal Usul Anis Siberia
6. Asal Usul Anis Sisik

Sunda Thrush (Zoothera andromedae) adalah satu dari banyaknya tipe Punglor (Anis), yang berada di Indonesia serta satu dari 39 spesies Zoothera yang berada di dunia. Disaksikan dari postur badan, burung ini lebih dekati bentuk Punglor Sisik (Zoothera dauma/ Common Scaly Thrush) yang datang dari pulau Sumatra (Sumatra Utara). Corak badan mempunyai sisik yang seperti dengan Punglor Sisik, namun corak sisiknya tidak sekitar Punglor Sisik.

Sunda Thrush, hidup atau berhabitat di rimba dataran rendah lembab subtropis atau tropis dan ada di rimba pegunungan lembab subtropis atau tropis. Senang cari makanan di atas permukaan tanah, cari cacing serta serangga kecil dibawah susunan tanah teratas. Buah-buahan rimba jadi pakan pilihan buat burung ini, jika cacing serta serangga tidak diketemukan.

Potensi berkicaunya, berdasar sebagian rujukan disebutkan burung ini mempunyai kicauan yang cukup merdu, dengan suara sedikit berdesah, tetapi dapat mengalun panjang. Tetapi sebab karena terhitung burung yang gampang stress, cukup sulit untuk bikin burung ini berkicau. Penyesuaian yang sulit dengan tempat barunya, hingga memakan waktu yang cukup lama untuk melatih burung ini berkicau.

Ciri Umum

Memiliki ukuran besar (23 – 25cm), berbuntut pendek, berwarna gelap. Badan sisi atas abu-abu gelap berendakan sisik hitam; muka serta tenggorokan berbintik hitam; dada abu-abu kebiruan jelas; perut putih, berenda sisik hitam disisinya. Irislah coklat; paruh abu-abu; kaki coklat kehitaman.

Habitat serta Rutinitas

Bisa didapati pada tenggang ketinggian di antara 450-2200 mdpl. Burung pemalu, aktif di senja hari, serta diam di semak penutupan di lantai rimba.

Dapat Ditemukan

Di pulau lombok, burung ini dapat didapati di rimba taman wisata alam kerandangan. Burung yang cukup susah untuk didokumentasikan.

Semoga bermanfaat.

Anis Hutan | admin | 4.5