Anis Kembang

Penggemar burung kicauan tentunya benar-benar suka pelihara burung anis kembang ini, sebab tipe burung kicauan ini mempunyai keunikan yakni kicauannya yang keras serta merdu atau istilahnya biasa disebut dengan gaya “Rock N Roll”

Keunikan burung anis kembang dengan suara yang merdu itu jadikan burung ini banyak diternakkan dan ditangkarkan. Langkah ternak burung anis kembang juga gampang untuk dikerjakan hampir sama dengan “cara berternak burung anis merah”.

Burung ini dikenal juga dengan panggilan anis cacing, dan biasa hidup di hutan-hutan lokasi Asia Tenggara. Burung anis kembang ini terhitung spesies burung vokalis dalam famila Turdidae. Burung anis kembang sebetulnya ada banyak species tetapi macamnya banyak mempunyai persamaan. Di kebun binatang jarang-jarang didapati burung tipe ini.

Baca Juga : Asal Usul Anis Merah

Di Indonesia sendiri, habitat burung punglor kembang menyebar di wilayah Nusa Tenggara, Sunda Besar, Malaysia serta Filipina. Sekarang populasi anis kembang di alam pada beberapa daerah itu telah berkurang. Anis kembang hidup pada lokasi rimba. Namun sebab rimba banyak yang telah dirubah jadi pemukiman atau berubah peranan, karena itu populasinya di rimba makin alami penurunan.

Ciri Burung Anis Kembang Sesuai dengan Wilayah Asal

Tidak ada keunikan yang demikian kelihatan di antara burung anis kembang yang tidak sama wilayah persebarannya. Pada volume pun tidak ada, mental dan style tarung yang pengaruhi oleh wilayah asal atau habitat. Burung Anis kembang semua daerah Indonesia ada yang bermental bagus dengan volume hebat. Selanjutnya ada pula yang mempunyai suara tipis, kicauan yang ngerol mendongak ada juga yang cuma ngeriwik-ngeriwik.

Bila anda ingin pelihara burung anis kembang, anda dapat beli dari penangkaran yang sudah terlatih menghasilkan burung-burung juara. Karena di pengkaran memakai indukan-indukan yang telah pilihan. Meskipun tidak ada keunikan atau karakter dari burung anis kembang sesuai wilayah aslinya. Tetapi ada pula yang menjelaskan contohnya, anis kembang yang datang dari Tasikmalaya (Jawa Barat) memiliki warna trotol dibagian dadanya yang terlihat tidak ngeblok atau condong teratur atau bercorak. Selanjutnya bulu putih pada sayapnya kelihatan terputus-putus seperti dalam sisir. Serta biasanya burung anis kembang yang datang dari Jawa Barat condong lebih kelihatan tidak sama.

Baca Juga : Suara Burung Ciblek Gacor Ngebren

Burung Anis Kembang Dari Nusa Tenggara

Anis kembang yang aslinya dari Sumbawa atau dari Nusa Tenggara, untuk warna trotol yang ada di sisi dadanya terlihat ngeblok dan condong kelihatan dengan tidak teratur.

Selanjutnya untuk sisi bulu yang berwarna putih di bagian sayap teratur rapi membuat bulatan-bulatan seperti gumpalan awan. Body dari burung anis kembang Sumba kelihatan semakin besar daripada dibanding dengan Jawa Barat dan yang datang dari Borneo.

Burung Anis Kembang Dari Kalimantan

Nah, untuk keunikan burung anis kembang yang aslinya dari pulau Kalimantan (Borneo) yakni dengan warna trotol di bagian dada yang kelihatan tidak teratur.

Seperti yang aslinya dari wilayah lain seperti Nusa Tenggara serta jawa Barat, ada warna bulu kuning kecoklatan yang bersatu warna trotol hitam. Persisnya pada bulu dada s/d bagian kiri dan kanan dibawah bulu sayap seperti seperti dalam burung anis kembang yang umur remaja. Selanjutnya untuk warna putih yang berada di sayap membuat bulata n serta terputus oleh bulu hitam di bagian bawah.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Sutra

Semoga bermanfaat.

Anis Kembang | admin | 4.5