Anis Merah Cabul Dan Cara Mengobatinya

Istilah burung anis merah yang cabul atau mencabutinya bulunya sendiri, tidak cuma mengakibatkan kerusakan keindahan tampilan bulunya saja, namun beberapa hal yang bisa bikin rugi kesehatan dan mental dari burung tersebut serta hal itu jangan sampai di biarlah demikian saja, sebab bisa memengaruhi kualitas kicauannya jadi alami penurunan karena itu.

Bicara mengenai anis merah yang menyukai mencabuti bulunya sendiri tidak lepas dari penyabab yang di timbulkannya, serta tentu saja ada banyak factor yang bisa memengaruhi burung jadi suka mencabuti bulunya itu sampai bulunya menyusut bertahap untuk bertahap.

Baca Juga : Perbedaan Anis Merah Jantan Dan Betina Dewasa

Jadi untuk tahu pemicu apa sebetulnya yang membuat burung itu mencabutinya bulunya sendiri, karena itu dapat dengan memerhatikan terlebih dulu serta dapat lihat dari beberapa sinyal yang akan di timbulkannya.

Bakteri, Kuman serta Tungau

Memandikan burung tidak cuma masalah kewajibannya dalam membuat basah bulunya saja, namun yakinkan saat memandikannya, bulu burung itu betul-betul bersih dari kuman serta bakteri sampai tungau yang melekat pada bulunya.

Jumlahnya tungau,bakteri dan kuman yang melekat pada bulu serta kulitnya dapat membuat badan anis merah merasakan gatal serta menggaruknya dengan kaki serta dengan pelatuknya untuk hilangkan rasa gatal itu. Tetapi , yang jadikan anis merah mamatuk kulit serta bulunya itu bisa membuat kerontokan yang tidak normal serta membuat bulunya akan menyusut dengan setahap.

Baca Juga : Tips Memilih Trotol Anis Merah Juara

Untuk menanganinya, karena itu dapat dengan menyemprotkan cairan anti bakteri spesial untuk burung saat di mandikan, yang dapat di beli di toko atau kios burung.

Kurang Gizi

Dalam pemerian pakan memang di seting untuk membuat jadi rajin gacor serta yang paling fundamental serta penting dengan memberi pakan dengan nilai Gizi yang imbang di antara kandungan protein, lemak,karbohidrat, serat dan lain-lain.

Saat burung kekurangan Gizi maka membuat anis merah jadi gampang gatal sebab berlangsungnya infeksi sekunder. Beberapa ciri anis merah kekurangan Gizi dapat di tandai dengan kulit burung kelihatan kering serta bulunya kelihatan buruk.

Baca Juga : Mempercepat Anis Merah Susah Mabung

Untuk menangani burung kekurangan Gizi, karena itu dapat dengan memberi pakan dari Extrafooding yang di bisa dari serangga kecil, pakan Voer serta lainnnya, namun bila itu masih kurang, karena itu dapat meningkatkan Mutivitamin dari suplementasi makanan spesial untuk burung.

Penyakit dalam

Tidak cuma tungau yang dapat membuat kulit berasa gatal , namun penyakit pada tubuh anis merah,seperti penyakit usus yang dikarenakan oleh infeksi giardia (giardiasis) atau microorganism pada tubuh anis merah berasa gatal, padaha bukan gatal pada kulit atau bulunya, tetapi dari badan sisi dalamnya.

Adanya infeksi giardia (giardiasis), itu bisa membuat usus anis merah jadi gatal serta menggaruk kulitnya, sampai mencabut bulunya. Sebab anis merah menduga rasa gatal itu hadir dari kulitnya serta menggaruknya, walau sebenarnya itu ada Infeksi sisi dalam organ tubuhnya.

Baca Juga : 2 Cara Cepat Membuat Anis Merah Ngemplong

Untuk menangani persoalan itu , karena itu dapat dengan lakukan perlakuan pada dokter hewan atau dengan mencegahnya dalam pemberian pakan dengan Gizi yang imbang serta rajin dalam bersihkan kandang yang kotor.

Permasaahan Fisik serta Mentalnya

Anis merah mencabuti bulunya sendiri, dapat dikarenakan oleh keadaan mental yang tidak baik atau istilahnya Ngedrop, yang dikarenakan oleh banyak hal, seperti kalah tanding, stress, jemu, Over Birahi dan lain-lain.

Jadi contoh, saat anis merah merasakan kalah tanding daam lomba kicaun tentu saja akan membuat jadi Drop serta malas untuk berkicau, serta seringkali turun dari tangkringan sampai mencabuti bulunya sendiri.

Tetapi , bila anis merah mencabuti bulunya sendiri, karena itu seharusnya jangan di biarlah demikian saja, kerjakan penangan secepat-cepatnya supaya Fisik serta mentalnya normal kembali, dengan memerhatikan dan tahu sebabnya.

Baca Juga : Perawatan Anis Merah Agar Teler Istimewa

Disamping itu bila di biarlah lama Ngedrop, karena itu dapat membuat burung gampang untuk stress serta nanti akan gampang sakit karena itu.

Permasahan Hormon

Penyakit Addison jadi salah satunya penyebab burung merasakan gatal dibagian tubuhnya, walau penyakit itu bukan pemicu langsung berlangsungnya anis merah mencabuti bulunya sendiri, namun anis merah menduga rasa gatal yang di munculkan berasal dair badan sisi luarnya. Tetapi adanya masalah Hormon tersebut, maka berisi hormone kortikosteron yang ada dari kelenjar adrenalin itu alami penurunan, bisa membuat mencabutinya bulunya sendiri.

Untuk perawatan dari persoalan ini, karena itu direcomendasikan untuk mengobatiya ke dokter hewan.

Baca Juga : Cara Perawatan Anis Merah Tidak Mudah Stres

Semoga artikel ini bermanfaat dan dipergunakan sebagaimestinya, terimakasih.

Anis Merah Cabul Dan Cara Mengobatinya | admin | 4.5