Anis Merah

Asal - Usul Burung Anis Merah

Burung anis merah merupakan salah satu burung yang mempunyai kicauan yang merdu, yang membuat burung ini di gandrungi oleh beberapa pencinta burung. Tidak mengejutkan jika burung yang seringkali juga disebutkan burung anis bata jadi salah satunya diva gacormania.

Burung Anis Merah mempunyai nama latin Geokichla citrina atau Zoothera cinerea. Sebab burung kecil ini mempunyai bulu kepala berwarna orange, karena itu dalam bahasa Inggris burung ini diketahui dengan nama Orange-headed Thrush. Di Indonesia sendiri, spesies burung ini demikian terkenal jadi burung kicau peliharaan. Beberapa nama lokal untuk anis merah diantaranya punglor merah atau punglor cacing, atau seringkali dinamai anis bata atau punglor bata.

Ciri Burung Anis Merah

Burung punglor merah memiliki panjang badan seputar 20-14 cm dengan rata-rata berat tubuh 40-60 gr. Untuk anis merah jantan mempunyai beberapa ciri warna bulu yang lebih terlihat cerah serta mengkilap. Disamping itu, saat diadu dengan burung lain dia akan terlihat lebih berani mengusung kepala. Saat masih trotol, jantan tidak memiliki bulu warna kuning di bagian sayapnya. Semenatara itu untuk si betina memiliki warna bulu yang tidak mengkilap serta tulang kloakanya lebih lebar. Postur tubuhnya sendiri condong lebih bundar dibanding si jantan. Betina akan makin gampang dikenal saat dia sedang birahi dengan menggetarkan ke-2 sayapnya sekalian bersiul saat dengar si jantan sedang berkicau.

Daerah penebaran burung yang sering dipanggil anis serta punglor bata ini bukan hanya berada di Indonesia saja, tetapi banyak juga diketemukan di beberapa beberapa negara lokasi Asia lain-nya. Salah satunya seperti China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Pakistan, Tlailand serta Vietnam. Di Tanah Air sendiri, dia terbanyak didapati di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan serta Bali. Menurut opini beberapa pakar, di pulau Sumatera direncanakan ada dua sub-spesies yakni ras Zoothera Citrina Innotata serta ras Zoothera Citrina Gibsonhilli. Di kalimantan adalah ada juga sub-spesies lain, yaitu Zoothera Citrina Aurata yang telah tinggal Gunung kinabalu serta Trusmadi. Selain itu di pulau Jawa serta bali bisa diketemukan pada ketinggian 1500 mtr. (dpl). Di daerah Jawa Barat didapati ada ras Zoothera Citrina Rubecula serta di Jawa sisi Timur sampai Bali didapati ada ras lain, yaitu Zoothera Citrina Orientis.

Di habitat asli, burung anis merah seringkali didapati di hutan-hutan tropis dengan beberapa pohon berdaun lebar. Disamping itu, punglor merah seringkali telihat di beberapa rimba sekunder sampai perkebunan bambu. Waktu masuk waktu reproduksi, umumnya dia akan membuat sarang berupa seperti mangkok di pohon di ketinggian 4-5 mtr. untuk melahirkan 2 sampai 4 telur. Telur sendiri akan dierami kira-kira sampai waktu 14 hari serta sesudah menetas dia akan menjaga bayi-bayinya sepanjang 12 hari sampai bisa keluar serta terbang sendiri. Waktu cari makan, dia sering kelihatan di beberapa tempat condong gelap dengan membuka dedaunan kering yang berada di Tanah.

Baca Juga : Fakta Burung Anis Merah

Anis merah mempunyai 13 subspesies yang mempunyai wilayah penebaran yang berlainan. Tetapi spesies yang ke-13 masih ditanyakan. Ke-3 belas sub-spesies itu diantaranya :

  1. Geokichla citrina
    Menyebar di daerah India sisi Utara telusuri Himalaya sampai Bangladesh Selatan. Peluang ada dibagian barat serta utara Burma. Waktu musim dingin mereka bergerak ke selatan sampai Sri lanka, serta Bangladesh.
  2. Geokichla cyanota
    Menyebar di daerah Semenanjung India Selatan sampai Karala. Mempunyai tenggorokan berwarna putih serta dua garis hitam dibagian bawah mata.
  3. Geokichla amadoni
    Hidup di daerah Timur Laut Semenanjung India (Madhya Pradesh serta Orissa). Mempunyai mahkota berwarna orange yang lebih cerah serta sayap yang lebih panjang dibanding dengan cyanotus.
  4. Geokichla innotata
    Hidup di sejumlah besar beberapa negara ASEAN, dari mulai Burma Selatan serta China Barat Daya sampai Barat Laut Thailand, Laos Tengah serta Selatan, Kamboja, serta Vietnam Sisi Utara. Saat musim dingin mereka akan bergerak ke selatan sampai Malaysia.
  5. Geokichla melli
    Hidup di daerah Tenggara China serta dengan teratur bermigrasi pada musim dingin ke Hongkong.
  6. Geokichla courtoisi
    Hidup dibagian Timur daerah China Tengah.
  7. Geokichla aurimacula
    Menyebar di Vietnam Sisi Selatan, Hainan serta kemungkinan dibagian Utara Laos.
  8. Geokichla andamensis
    Cuma bisa didapati di Kepulauan Andaman.
  9. Geokichla albogularis
    Cuma bisa didapati di Kepulauan Nicobar.
  10. Geokichla gibsonhilli
    Hidup di daerah Burma sisi Selatan sampai Thailan Sisi Selatan. Waktu musim dingin bermigrasi sampai ke Semenanjung Thailand serta Malaysia.
  11. Geokichla aurata
    Cuma hidup di daerah pegunugan di Kalimantan sisi Utara, Indonesia.
  12. Geokichla rubecula
    Cuma diketemukan di Jawa Barat, Indonesia.
  13. Geokichla orientis
    Hidup di daerah Jawa Timur serta Bali serta berjumpa dengan Geokichla rubecula di barat. Pembelahan spesies ini dari Geokichla rubecula sebetulnya masih ditanyakan faktanya.

Burung Penuh Misteri

Burung anis merah ini merupakan burung misteri, penuh rintangan dalam memolesnya. Jadi, jangan sampai putus harapan ikuti saja alurnya. Anis merah ini tidak dapat diperkirakan dengan gampang akan mendapatkan titel juara atau mungkin tidak. Karena burung ini penuh teka-teki. Walau perawatan kesehariannya cukup oke dengan beberapa vitamin serta jamu-jamuan, tetapi belum pasti penampilannya di lapangan akan on the road. Malah sebaliknya, perawatan kesehariannya yang biasa dapat memenangi titel juara. Berikut beberapa Fakta Tentang Burung Anis Merah, Klik disini.

Anis Merah | admin | 4.5