Anis Siberia / Punglor Hitam

Anis Siberia adalah salah satunya tipe burung kicau dari keluarga Turdidae serta Genus Geokichla atau salah satunya tipe burung dari beberapa macam burung anis yang bisa didapati di Indonesia. Burung yang mempunyai nama latin geokichla sibirica atau siberian thrush ini terhitung burung migrasi yang seringkali bertandang ke rimba Indonesia waktu akan hadir musim dingin di negara aslinya. Negara asal sebagai tempatnya bertumbuh biak ada di lokasi Siberia, Mongolia, serta Jepang. Begitu halnya negara maksudnya bermigrasi biasanya yang tidak sedang alami musim dingin serta umumnya ada di lokasi Asia Tenggara terhitung Indonesia. Di Indonesia umumnya kawanan burung Anis Sibrica menempati hampir semua daerah rimba kita yang ada di Sumatera, Jawa, Kalimantan, serta Bali.

Beberapa ciri Anis Siberia, Siberian Thrush (Geokichla sibirica)

Anis siberia termasuk tipe burung memiliki ukuran sedang dengan panjang badan seputar 20,5 sampai 23 cm dengan berat badan burung ini seputar 60 sampai 72 gr. Corak warnanya ada ketidaksamaan yang menonjol di antara jantan serta betina. Pada Anis Sibrica jantan mempunyai corak warna kehitaman cukup gelap yang tutupi hampir semua tubuhnya terhitung paruh. Dibagian ruang sayap serta ruang bagian tepi badannya terlihat sedikit berwarna merah karat. Disamping itu, dibagian atas matanya ada garis putih panjang yang cukup tebal. Pada Anis Sibrica betina terlihat berwarna cokelat bercita-cita yang tutupi ruang atas tubuhnya dari mulai mahkota kepala, tengkuk, punggung, sayap, serta ekornya. Di bagian bagian muka, tenggorokan, dada, perut, serta tunggirnya kelihatan berwarna cokelat, hitam, serta putih yang membuat corak sisik.

Baca Juga : Asal Usul Anis Kembang

Penebaran serta Ras Anis Siberia

Dengan global anis seberia ada dua sub-spesies yang diketahui dengan pesebaran tidak sama yang mencakup :

  • Zoothera sibirica sibirica (Pallas, 1776): Habitat di daerah selatan Siberia sisi tengah serta timur, sampai ke daerah utara Mongolia serta Manchuria, dan daerah timur Rusia. Saat musim dingin, mereka bermigrasi ke Asia Tenggara, terhitung Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, serta Bali).
  • Zoothera sibirica davisoni (Hume, 1877): Habitat di Sakhalin, daerah selatan Pulau Kuril, serta Jepang. Saat musim dingin, mereka bermigrasi ke daerah tenggara China Selatan, tetapi beberapa migrasi ke Asia Tenggara, terhitung Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, serta Bali).

Habitat serta rutinitas anis siberia

Di alam liar umumnya burung anis siberia ini banyak hidup di ruang pegunungan yang masih ditumbuhi pohon-pohon. Disamping itu, untuk sama-sama jaga antar sesamanya umumnya burung Anis ini hidup berkelompok dengan seringkali menempati dibagian judul pohon-pohon rimba dengan ketinggian sampai 1800 mtr. dari permukaan lau. Dan pada saat cari makanan kadang burung Anis Sibrica ini ada di atas tanah dengan mengais di balik daun serta singkirkan tanah.

Baca Juga : Asal Usul Anis Merah

Suara anis siberia

Sedang ciri suara kicauannya terdengar tidak kalah merdu dibandingkan tipe burung Anis yang lain. Suara kicauannya cukup merdu serta beragam dengan sisi tengah suaranya terdengar bergetar. Disamping itu, volume kicauannya termasuk sedang serta tidak melengking di telinga. Tempo kicauannya termasuk juga cukup cepat dengan waktu berkicau bisa sampai 30 detik lamanya. Dengan kicauannya yang beragam serta merdu sebetulnya bisa digunakan untuk memaster burung lain supaya rajin berkicau atau minimal dapat jadi burung rumahan.

Tetapi beberapa fans burung memandang suaranya kalah dari ke-2 saudara dekatnya (anis merah serta anis kembang), khususnya volumenya yang tidak keras. Sedang potensi membawakan lagu atau merekam suara burung lain dapat disebutkan bagus. Serta, bila telah gacor, anis siberia dapat juga berkicau sekalian teler seperti anis merah.

Makanan Anis Siberia

Termasuk tipe burung omnivora. Mengonsumsi beberapa jenis serangga serta invertebrata, terutamanya cacing tanah, dan juga lebah.

Musim Kawin anis siberia

Sarangnya, dibuat di semak-semak seputar 2 mtr. di atas permukaan tanah seputar akhir juni sampai juli serta juli sampai agustus. Sarangnya terbagi dalam rumput, daun serta lumpur. Waktu pengeraman condong dikerjakan oleh anis siberian jantan serta betina dengan jumlahnya telur seputar 2 sampai 4 telur.

Semoga dapat bermanfaat.

Anis Siberia / Punglor Hitam | admin | 4.5