Anis Sulawesi

Di alam ini banyak tipe burung yang dapat tahu. Dari beberapa jenis tipe burung yang menyebar di alam ini ada burung endemik sulawesi yang penting anda tahu. Burung itu namanya burung Anis Sulawesi. Burung Anis Sulawesi (Cataponera turdoides) adalah salah satunya burung pengicau yang datang dari famili Turdidae.

Serta untuk burung Anis Sulawesi yang termasuk juga tipe burung kicauan endemik Indonesia ini cuma dapat diketemukan di pulau Sulawesi saja. Meskipun banyaks sekali orang yang lebih kenal Burung Anis Merah (Zoothera citrina) daripada dengan burung Anis Sulawesi yang disebut burung endemik ini.. Nama latin dari tipe burung kicau ini ialah Cataponera turdoides Hartert, 1896.

Burung ini termasuk juga salah satu burung dari anggota genus Cataponera yang di bahasa Inggris diketahui dengan panggilan Sulawesi Thrush atau Celebes Mountain Thrush.

Ciri Ciri khas Burung Anis Sulawesi

Burung Anis Sulawesi atau yang dikenal juga dengan panggilan Sulawesi Thrush ukuran tubuhnya dapat disebutkan sedang. Keunikan burung anis sulawesi ini dapat juga disaksikan dari ukuran tubuhnya. Karena untuk panjang badan burung Anis Sulawesi ini cuma sekitar kira-kira di antara 20 s/d 25 cm saja.

Bulu yang berada di sekujur tubuhnya pada umumnya kelihatan berwarna coklat serta kelihatan seperti bertudung. Mahkota yang berwarna coklat tua yang mempunyai garis berwarna hitam dibagian atas matanya. Keunikan burung anis sulawesi di bagian paruh serta lingkaran mata burung anis sulawesi ini berwarna jingga. Termasuk dengan kulit kakinya yang berwarna jingga.

 Baca Juga :
1. Asal Usul Anis Merah
2. Asal Usul Anis Kembang
3. Asal Usul Anis Cendana
4. Asal Usul Anis Macan
5. Asal Usul Anis Siberia
6. Asal Usul Anis Sisik
7. Asal Usul Anis Hutan
8. Asal Usul Anis Enggano 

Wilayah Persebaran Burung Anis Sulawesi
Burung Anis Sulawesi ini adalah tipe burung endemik dari pulau Sulawesi. Oleh karenanya burung pengicau yang datang dari famili Turdidae cuma bisa didapati di pulau Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulwesi Tengah, dan di daerah Sulawesi Barat saja.

Serta sampai sekarang sudah disadari empat subspesies (ras) burung Anis Sulawesi, salah satunya yakni:

  • Cataponera turdoides abditiva Riley, 1918
  • Cataponera turdoides heinrichi Stresemann, 1938
  • Cataponera turdoides tenebrosa Stresemann, 1938
  • Cataponera turdoides turdoides Hartert, 1896

Habitat Biurung Anis Sulawesi

Habitat dari burung Anis Sulawesi yakni ada di rimba pegunungan dataran tinggi di ketinggian di antara 1100 s/d ketinggian 2400 mtr. dpl. Burung anis sulawesi ini seringkali diketemukan hidup sendiri atau dalam barisan kecil yang terdiri kurang dari empat individu. Kadang burung ini trelihat ercampur dengan burung-burung tipe yang lain. Makanan burung endemik ini yakni berbentuk buah-buahan.

Populasi Burung Anis Sulawesi

Populasi dari burung Anis Sulawesi (Cataponera turdoides) ini bila dilihat keseluruhannya nyatanya belum diketahui dengan tentu. Meskipun burung anis sulawesi ini adalah burung endemik dengan wilayah persebaran yang terbatas, namun Birdlife International sudah yakini populasi dari tipe burung anis sulawesi ini masih dapat disebutkan aman.

Maka Daftar Merah IUCN mendaftar burung ini dalam kelompok spesies Least Concern (Risiko Rendah). Serta di Indonesia ini, burung Anis Sulawesi tidak terhitung burung yang dilindungi. Namun, walau burung ini populasinya masih aman serta tidak terhitung burung yang dilindungi seharusnya kita masih jaga kelestariannya.

Karena bila burung burung yang populasinya masih aman terus dicari dengan liar serta tidak dilestarikan, kemunginan di waktu mendatang burung ini dapat jadi punah. Maka, burung anis sulawesi ini harus dijaga kelestariannya dengan menghindarkan perburuan liar.

Anis Sulawesi | admin | 4.5