Bulu Anis Merah Melintir

Pencinta burung anis merah tentu saja khwatir melihat bulu melintir pada burung kesayangannya karena semakin dilihat dekat semakin tida enak di pandang apalagi kalo bulu yang melintir itu ada banyak.

Pada Bagian Sayap Terdapat Burung Yang Melintir

Perhatikan gambar diatas terdapat bulu burung yang melintir.

Sedikit mengoreksi faktor yang meyebabkan bulu burung melintir antara lain :

  1. Bisa terjadi karena perkembangan bulu yang terusik pada saat mabung, tulang bulu yang masih terbilang muda tumbuh tidak simetris karena unsur gizi atau kebiasaaan/perilaku. Skema perilaku yang saya maksudkan ialah rutinitas burung yang muncul sepanjang mabung mengalami desakan. Seperti burung tidak tenang hingga bulu muda yang tumbuh tidak dirapikan / diatur waktu sayap ditutup. Yang lama kelamaan bulu itu tidak mengikuti skema / jalan bulu seharusnya hingga kelihatan tidak simetris (melintir) dengan bulu normal yang lain.
  2. Dapat terjadi karena perlakuan salah saaat mabung, maksudnya konsumsi pakan kurang nutrisi, banyak rumor menyatakan kalo mabung burung bagusnya di kurangi EF walau sebenarnya waktu mabung malah waktu membutuhkan konsumsi Nutrisi optimal.
  3. Bulu muda (burung dijemur kelamaan) kepanasan
  4. Bulu baru di cabut / dipilin sama burungnya yang kelebihan EF
  5. Karena bulu dicabut paksa oleh majikannya, cabutnya kekerasan hingga mengakibatkan kerusakan pori yang ada (jalan pori untuk tumbuh rusak)

Untuk menghindari bulu melintir pada burung anis merah alangkah baiknya menghindari perlakuak seperti 5 point di atas. Kemudian Bagaimanakah cara mengobati burung yang memeiliki bulu melintir tersebut?

Baca Juga : Anis Merah Cabul Dan Cara Mengobatinya

  1. Dapat teratasi bila insting burung mencabut sendiri bulu yang tidak rapi itu ini adalah keuntungan tertentu buat kita pemiliknya.
  2. Menanti bulu itu tua serta bertukar bulu di mabung selanjutnya.
  3. Langkah yang lain bila di rasa ahli dapat dengan cabut paksa.
  4. Therapy pelenturan bulu memakai minyak / lotion ke bulu itu (sepanjang bulu yang simetris masih terbilang muda/belum kering)
  5. Memberi makanan berbentuk jangkrik serta cacing, supaya konsumsi EF itu dapat di ubah jadi kalsium serta asam amino untuk perkembangan bulu bulu yang sehat.
  6. Istirahatkan burung dengan cara dikrodong seharian.
  7. Hindari cahaya matahari cukup.

Selamat Mencoba

Bulu Anis Merah Melintir | admin | 4.5