Cara Melatih Mental Anis Merah Agar Tungler

Banyak gacoan anis merah yang di dalam rumah gacor, tetapi di gantangan cuma diam saja. Banyak unsur yang memengaruhi “top performance” sang burung, diantaranya yakni mental. Melatih mental anis merah supaya tetap siap lomba / gantang bisa kita kerjakan saat burung sudah memperlihatkan pertanda rajin mengeluarkan bunyi, ngeplong atau gacor. Dalam keadaan itu anis merah telah masuk usia yang siap untuk di latih dengan berkelanjutan agar tingkatkan serta melatih mentalnya.

Mempunyai suara kicauan yang merdu serta keras jadi daya tarik penting burung tipe anis merah ini. Khasnya burung namanya latin Zoothera citrina ini mempunyai style tarung yang benar-benar ciri khas serta unik umumnya disebutkan style teler oleh beberapa penggemar kicau mania.

Daya tarik yang lain yang dipunyai oleh tipe anis ini tidak hanya sebab suaranya, sebab tampilan fisik. Tampilan fisik burung anis merah ini mempunyai bulu dengan warna yang menarik serta ukuran fisik yang lumayan besar. Ditambah warna bulu yang beragam jadikan burung anis merah ini benar-benar eye chatchy di golongan beberapa penggemar kicau mania.

Baca Juga : 2 Cara Cepat Membuat Anis Merah Ngemplong

Tetapi di balik beberapa keindahan serta daya tarik yang dipunyai burung anis merah ini pasti banyak unsur – unsur yang memengaruhi. Tentu unsur perawatan anis merah harian yang benar bisa menjadi aspek terpenting yang memengaruhi perform serta tampilan burung itu Tetapi tidak kalah utamanya unsur mental si burung anis merah ini sendiri.

Tentunya akan tidak menyenangkan serta menyebalkan jika burung anis merah anda yang telah gacor di dalam rumah, saat dibawa ke perlombaan justru malah jadi diam membisu serta tidak ingin gacor. Hal tersebut berlangsung sebab mental burung anis merah anda yang kurang terbiasa untuk hadapi burung – burung peserta yang lain serta hadapi ramainya pemirsa yang bersorak sorai.

Bila mental anis merah kurang atau serta disebutkan tidak bagus tentu saja si burung tidak dapat memberi perform yang menarik serta prima. Maka bahasan kita kesempatan kali ini akan mengulas mengenai bagaimanakah cara atau tips–tips melatih mental anis merah.

Baca Juga : Kondisi Emosi Burung Anis Merah

Kemungkinan buat anda yang baru mengawali hoby pelihara burung anis merah ini akan menjelaskan jika begitu susahnya melatih mental anis merah ini. Bahkan bisa saja dapat juga berlangsung sebab minimnya pengalaman justru jadikan burung peliharaannya stress. Di bawah ini akan kami coba memberi langkah melatih mental anis merah supaya memiliki kualitas mental yang bagus serta ingin gacor di gantangan.

Langkah – Langkah Melatih Mental Anis Merah :

Pilih burung anis merah yang telah jinak
Pilih akan yang telah jinak akan mempermudah anda pada melatih mental anis merah ini. Jika burung telah jinak semakin lebih gampang berhubungan dengan kita serta tidak takut dengan kita. Hingga dalam pembentukan mental juara semakin lebih gampang.

Menempatkan burung dalam tempat ramai
Tempatkanlah burung anis merah anda dalam tempat yang ramai atau yang seringkali dilewati oleh manusia supaya mentalnya terbiasa. Bisa anda letakkan burung anis merah dalam tempat yang dekat sama jalan raya yang banyak hilir mudik kendaraan. Ini akan berguna buat mental anis merah anda, sebab bisa jadikan berani serta terlatih dengan situasi ramai.

Menempatkan burung dalam tempat tidak sama
Triknya yakni tempatkan anis merah dalam tempat yang tidak sama saat sore dan pagi hari. Anda dapat juga tempatkan burung anis merah anda bersandingan dengan burung – burung kicau yang lain. Atau anda dapat main ke kios / toko burung serta minta ijin untuk menggantang burung anis merah anda disana bersandingan dengan burung – burung dagangannya lainnya. Hehe sekaligus dapat share – share pengalaman dalam perawatan anis merah.

Latihan sparing
Latihan sparing ini dapat dilakukan dengan cari sparing mitra untuk dipertemukan dengan burung anis merah kecintaan anda. Bawa burung anis merah kecintaan anda ke tempat latihan bersama dengan yang pesertanya umumnya 2 – 3 orang.

Disana burung anis merah anda akan merasakan ditantang untuk tampilkan perform yang lebih prima dibanding musuh – rivalnya. Hingga burung anis merah kecintaan anda akan terlatih dengan situasi persaingan / lomba. Kerjakan latihan sparing ini dalam tempo kira-kira 15 – 20 menit dengan teratur.

Memakai cermin
Adanya cermin saat didekatkan ke sangkar karena itu anis merah merasakan jika ada burung semacam di dekatnya atau musuh tarung. Dalam soal itu mempunyai tujuan melatih mental burung anis merah untuk keluarkan figthernya. Tetapi ingat jangan telalu seringkali memakai cermin, sebab tidak baik juga.

Ikut dalam perlombaan
Turut masukkan burung anis merah anda ke perlombaan / kontes – kontes. Tak perlu membidik menang atau juara serta mendapatkan hadiah, minimal dengan mengikut sertkan burung anis merah anda ke perlombaan atau kontes – kontes burung bisa melatih keterbiasaaan si burung ada ditengah-tengah – tengah keramaian pengunjung yang hadir waktu kontes / lomba itu.

Pemasteran
Langkah pemasteran supaya mental anis merah jadi yakni dengan memutarkan kaset atau mp3 yang berisi suara kicauan burung. Peranan dari pemasteran yakni agar memberi training serta memiliki isisan banyak. Disamping itu pemasteran pada anis merah mempunyai tujuan supaya burung keluarkan semua isian saat dalam perlombaan.

Agar burung rumahan berkicau lebih merdu, karena itu anda bisa memberi latihan berkicau dengan memutarkan kaset suara burung kicauan yang semacam atau suara dari master burung kicauan pada juara lomba, jika arah latihan burung rumahan itu untuk diperlombakan

Perawatan Harian / Setingan Harian
Perawatan anis merah harian, dari mulai pemberian makan sampai perlakuan harus diperhatikan dengan cermat. Selin itu extra fooding serta vitamin harus juga diberikan dengan teratur. Extra fooding seperti jangkrik, belalang, cacing, kroto dan sebagainya harus diberikan sesuai dengan ukuran, jangan telalu berlebihan atau begitu sedikit. Bila sedikit burung kurang keluarkan nafsu berperang, tetapi bila telalu belebihan maka kelihatan kekencangan hingga berefek burung tidak ingin teler serta gacor.

Semoga bermanfaat ya.

Cara Melatih Mental Anis Merah Agar Tungler | admin | 4.5