Cara Merawat Burung Anis Siberia Agar Gacor

Anis siberia bukan terhitung tipe yang umum menyebar di Indonesia, tetapi keberadaannya di beberapa pasar burung tetap ramai khususnya pada musim-musim khusus. Walau sering dipandang seperti tipe burung yang sulit mengeluarkan bunyi, tetapi banyak kicaumania tertarik memeliharanya sebab menganggap ingin tahu dengan suara serta ocehannya. Jadi tutorial, berikut panduan perawatan anis siberia supaya ingin bunyi dengan suara kicauannya untuk pancingan.

Anis siberia atau siberian thrush (Zoothera sibrica) ialah burung pendatang yang akan berkunjung ke Indonesia saat wilayah aslinya sedang didera musim dingin. Sesuai namanya, tipe burung punglor ini datang dari hutan-hutan di lokasi Siberia, serta pada musim-musim khusus akan gampang diketemukan di rimba yang ada di sejumlah wilayah seperti di Sumatera, Kalimantan, Jawa serta Bali.

Baca Juga : Habitat Anis Kembang

Kehadiran anis siberia di pasar burung lokal umumnya akan ramai pada saat-saat khusus khususnya di bulan Oktober s/d Desember. Meskipun terhitung burung migran, tetapi cukup banyak dari burung pendatang ini yang pilih untuk tinggal serta berbiak di hutan-hutan Indonesia. Mengenai beberapa akan tertangkap oleh beberapa pemburu yang selanjutnya menjualnya di beberapa pasar burung banyak daerah.

Buat kicaumania, anis siberia telah lama diketahui jadi burung piaraan. Meskipun tidak setenar anis macan atau anis kembang, tetapi banyak yang tertarik memeliharanya sebab ingin tahu dengan suara kicauannya. Tetapi demikian, cukup banyak yang akui sedih karena burung ini yang tidak ingin mengeluarkan bunyi atau jika juga mengeluarkan bunyi cuma pada saat malam hari saja.

Perawatan anis siberia supaya rajin mengeluarkan bunyi pada intinya tidak membutuhkan perhatian yang spesial. Sepanjang orang yang merawatnya memberi konsumsi pakan yang diperlukan dengan teratur, karena itu burung itu akan gampang sekali terpancing untuk mengeluarkan bunyi. Disamping itu juga bisa di dukung dengan memutarkan suara therapy atau suara pancingan yang dapat membuatnya lebih rajin mengeluarkan bunyi.

Jadi tutorial buat kicaumania pemula yang tertarik ingin memeliharanya di dalam rumah, berikut panduan perawatan harian burung anis siberia supaya ingin mengeluarkan bunyi:

  • Rawatan diawali saat pagi hari sesudah burung dikeluarkan dari di rumah/ ruang untuk diembunkan. Saat itu, ubah air minumnya yang masih bersih serta fresh. Bila diperlukan imbuhkan multivitamin seperti BirdVit yang dicampurkan bersama dengan air minumnya itu. Beri juga satu sendok teh kroto ke cepuk terpisah.
  • Sesudah matahari keluar, mandikan burung dengan disemprot halus memakai hand sprayer / semprotan mandinya.
  • Kemudian angin-anginkan burung sekalian diberi pakan penambahan berbentuk cacing tanah sekitar 2 – 3 ekor serta jangkrik sekitar 2 ekor. Kemudian, jemur burung dibawah cahaya matahari sepanjang kira-kira 1 jam.
  • Usai dijemur, gantung sangkarnya dalam tempat sejuk lantas beri pakan penambahan yang lain yang berbentuk buah-buahan manis seperti berikan, pisang, kersen / ceri, dll.
  • Sepanjang ada dalam tempat itu, putarkan suara therapy atau suara pancingannya untuk memancing burung ingin keluarkan suara kicauannya.
  • Sepanjang ada dalam tempat sejuka itu, anda dapat memutarkan suara therapy atau suara pancingan yang dapat memancing burung ingin keluarkan suara kicauannya.
  • Pada sore harinya, burung anis siberia itu kembali diberi pakan penambahan berbentuk 2 ekor jangkrik serta 1 ekor cacing tanah.
  • Saat malam harinya, sangkar diberi kerodong untuk hilangkan rutinitas burung mengeluarkan bunyi pada malam hari.

Baca Juga : Perawatan Anis Merah Trotol Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Anis Siberia Agar Gacor | admin | 4.5