Cara Mudah Ternak Anis Kembang

Anis Kembang atau dikenal juga dengan panggilan punglor kembang adalah semacam Burung yang hidup di Asia Tenggara, dia terhitung tipe burung dengan suara merdu yang jarang-jarang sekali diketemukan di Kebun binatang, banyaknya di dunia ini cuma sedikit serta hampir termasuk jadi tipe burung yang langka.

Di Indonesia sendiri, Anis Kembang bisa diketemukan di rimba liar Sumatra, Kalimantan, Flores, Sumbawa Jawa, serta lokasi perbukitan di Bali. Jumlahnya lingkungan yang rusak membuat populasimeturut menyusut.

Sampai sekarang, penangkaran burung Anis Kembang makin ramai sebab banyak yang tertarik dengan keindahan badan dan suaranya, ada juga yang membudidayakannya supaya tidak punah. Untuk menjaga burung unik ini rumah, dibutuhkan pandangan supaya burung bisa bertahan hidup secara baik serta menahan kematian. Kesempatan ini penulis akan mengulas tentang hal itu, yaitu mengenai langkah ternak Anis Kembang di dalam rumah, yuk langsung baca artikel ini sampai usai.

Karakter burung ini ialah mereka lebih suka pada beberapa tempat yang sejuk serta dingin dan banyak menghindarkan tempat tempat panas atau matahari. dengan begitu, dengan teratur minimal 2 kali dalam satu hari anda harus mempunyai peluang untuk memandikan burung itu baik pada sore dan pagi hari atau saat pagi serta malam hari. Sebelum anda berternak anis kembang alangkah baiknya apabila anda mempelajari terlebih dahulu karakteristik burung anis kembang itu.

Baca Juga : Habitat Anis Kembang

Ada banyak hal penting yang perlu dipenuhi dalam berternak burung anis kembang, berikut kita simak bersama-sama :

Persiapan Kandang Atau Sangkar

Bila anda memikirkan jika burung anis kembang memerlukan sangkar istimewa seperti burung – burung yang lain saat diternak atau dikembangbiakan, itu adalah pemikiran yang salah.

Banyak peternak sukses yang memakai sangkar gantung untuk membudidayakan burung ini. Dengan begitu, anda tidak memerlukan tempat kandang spesial untuk burung ini. Walaupun begitu, tentu saja penangkaran spesial atau kandang spesial dapat jadi pilihan pas jika anda inginkan berternak dengan profesional dan dalam jumlahnya yang banyak.

Perlu anda ketahui keuntungan berternak memakai sangkar gantung.

  • Banyak keuntungan yang didapat breeder saat memakai sangkar gantung. Tidak hanya praktis, ekonomis, dapat juga mengirit tempat. Sangkar dapat juga dipindah-pindah seesuai dengan kemauan pemilik.
  • Dalam perawatan pasangan indukan anis kembang di sangkar gantung, burung dapat dimandikan tiap hari seperti dalam perawatan burung untuk lomba. Demikian pula penjemuran dapat dikerjakan setiap waktu.
  • Keuntungan yang lain, pemilik bisa memantau anakan / piyikan dengan lihat langsung dari dekat. “Kondisi anakan lebih gampang terlihat. Kuncinya, induk jantan serta induk betina harus berkarakter jinak serta gampang menyesuaikan dengan manusia serta lingkungan sekelilingnya.
  • Untuk menu pakan serta extra fooding (EF) sama juga dengan penangkaran mode kandang permanen. “Yang penting, keperluan cacing tetap tercukupi. Karena kunci keberhasilan penangkaran anis kembang diantaranya ketesediaan cacing.

Pengerjaan kandang burung untuk berternak dapat memakai bahan bahan yang dibuat dari kayu. anda dapat membuat sangkar atau kandang bersusun dengan ukuran yang tidak besar Contohnya 50 x 50 x 50. Banyak hal yang penting anda lihat di kandang burung salah satunya ialah, anda harus buat persiapan sangkar tempat bertelur.

Baca Juga : 6 Perbedaan Anis Kembang Jantan Dan Betina

Pastikan kandang yang anda buat adalah kandang yangmempermudah anda untuk membersihkannya, aman dari serangan pemangsa serta berada dalam tempat yang tenang dan jarang di lewati oleh orang.

Pemilihan Bibit

Bibit burung atau induk burung adalah salah satunya kunci keberhasilan dalam beternak. pilih bibit yang baik serta tidak cacat adalah ketentuan penting. setelah itu, dapat di teruskan pada proses penjodohan. Burung seharusnya berumur di atas 1 tahun atau minimal dua tahun untuk induk betina.

Penjodohan Burung

Terlebih dulu masukan burung betina dalam kandang lantas Tempatkan burung jantan di dekat kandang itu supaya mereka sama-sama kenal. Sesudah burung kelihatan tertarik keduanya, setelah itu anda dapat menjadikan satu ke-2 burung itu. Supaya berlangsung perkawinan, anda harus memancing birahi ke-2 burung itu Dengan memberinya makanan tambahan baik berbentuk jangkrik atau yang lain termasuk cacing tanah.

Vitamin Spesial

Bila burung berjodoh, anda dapat memberinya vitamin spesial alami yakni OrBird minimal sepanjang 7 hari untuk tingkatkan kualitas telur serta ketahanan burung sesudah menetas.

Proses Bertelur

Sesudah burung bertelur, anda dapat memberi serta membuat situasi yang tenang serta jauhi mencengangkan burung yang sedang mengeram. Burung akan mengerami telurnya sepanjang kira-kira 14 Hari.

Baca Juga : Ukuran Kandang Ternak Anis Merah

Merawat Anak / Trotol Burung

Bila telah menetas, anda dapat pilih akan biarkan induk burung menjaga anaknya serta mengolahnya atau anda sendiri yang akan mengerjakannya. Untuk meloloh anak burung, anda dapat memakai power yang dicampurkan dengan air supaya lebih encer. Disamping itu anda dapat juga memberi Extra Food berbentuk cacing tanah yang telah dibikin bersih serta dicincang supaya lebih lembut.

Incoming search terms:

  • beternak anis kembang
Cara Mudah Ternak Anis Kembang | admin | 4.5