Cara Ternak Burung Anis Cendana

Anis cendana memanglah belum setenar tipe anis yang lain seperti budidaya burung anis merah, anis kembang dan anis macan. Baik ciri-ciri suara dan tipe kicauan anis cendana sama dengan anis macan yaitu ngerol, volume yang keras serta dapat mengikuti suara burung lain secara baik.

Anis cendana ialah burung endemik lokasi timur Indonesia terutamanya Kepulauan Banda dan Flores dan Bali serta Nusa Tenggara. Sedang untuk perawatan anis cendana lumayan sederhana serta dapat dikerjakan dengan gampang oleh pemula.

Di bawah ini akan kami beri cara – cara ternak burung anis cendana untuk pemula yang dapat anda buat jadi tutorial.

Cara Ternak Burung Anis Cendana

Persiapan Kandang Ternak

Hal pertama yang perlu dikerjakan dalam ternak anis cendana ialah mempersiapkan sangkar spesial ternak seperti langkah penangkaran anis merah di dalam rumah. Sangkar ini seharusnya dibikin permanen dengan ukuran 90 x 90 x 180 atau juga bisa sesuai dengan tempat yang ada. Burung anis cendana merah ini adalah tipe burung yang peka hingga ruang penangkaran sebaiknya nyaman dan aman untuk induk anis cendana.

Baca Juga : Karakteristik Dan Habitat Anis Cendana

Membedakan Jenis Kelamin Anis Cendana

Mengawali ternak burung anis cendana harus juga pilih indukan dengan benar terutamanya dalam memperbedakan tipe kelamin anis cendana. Langkah memperbedakan anis cendana jantan serta betina ialah seperti berikut tidak sama dengan ciri ciri pleci merapi.

Ciri Anis Cendana Jantan

  • Mempunyai postur badan lebih tegap serta ramping dibanding betina.
  • Mempunyai warna bulu yang lebih tegas dibanding betina
  • Jarak di antara ke-2 kaki lebih rapat saat menempati
  • Kicauan anis cendana jantan lebih keras serta beragam
  • Mata pejantan lebih mencolok keluar dibanding betina

Ciri Anis Cendana Betina

  • Mempunyai postur badan lebih bundar serta jongkok dibanding jantan
  • Warna bulu tidak setegas jantan
  • Jarak di antara ke-2 kaki lebih lebar saat menempati
  • Kicauan tidak sebaik serta selantang jantan
  • Sisi mata tidak terlihat mencolok keluar.

Baca Juga : Perbedaan Anis Cendana Jantan Dan Betina

Proses Penjodohan

Jika indukan jantan serta betina telah disediakan, karena itu langkah setelah itu menjodohkan indukan dengan mendekatkan sepasang burung anis cendana seputar 1 minggu yang diletakkan pada suatu kandang sama serta letakkan wadah untuk bertelur. Sedang untuk pakan dapat diberi kroto, cacing serta jangkrik dengan berganti-gantian serta imbuhkan dengan voer. Untuk calon indukan anis cendana jantan berusia 1 sampai 2 tahun serta untuk anis cendana betina minimum berusia 1 tahun.

Anis Cendana Siap Kawin

Sepasang burung anis cendana yang telah siap kawin akan menunjukkan beberapa ciri seperti bunyi pejantan yang makin keras waktu memburu betina serta betina akan bersiul sekalian mengepakan sayap mengarah bawah atau diketahui dengan arti kicau mania seperti mesawat, mbebek atau ngeleper tidak sama dengan pelihara burung dara.

Meningkatkan Birahi Anis Cendana

Untuk meningkatkan birahi anis cendana dapat dikerjakan dengan memberi 20 ekor jangkrik /hari serta setelah kandang disiapkan, jangan masukan ke-2 burung ke sangkar tetapi masukan betina terlebih dulu supaya anis cendana betina dapat menyesuaikan lebih dulu. Beri EF makin banyak untuk burung jantan serta untuk betina cukup diberi voer saja agar betina terus merasakan lapar serta minta disuapi jantan.

Memperhatikan Tingkah Laku Burung Anis Cenadana

Lihat perilaku indukan anis cendana, bila salah satunya burung anis cendana belum menunjukkan sinyal tanda birahi, karena itu jauhi menggabungkannya pada sebuah sangkar agar tidak memunculkan depresi pada burung. Tetapi bila ke-2 burung telah birahi, karena itu ke-2 burung dapat dikumpulkan dalam sangkar ternak yang telah disediakan.

Baca Juga : Perawatan Anis Macan Gacor

Menangani Anis Cendana Berkelahi

Bila anis jantan serta betina berkelahi, karena itu tangani dengan menyemprot betina sampai kuyup serta kerjakan terus bila masih berkelahi. Biasanya, anis cendana betina semakin lebih galak dibanding jantan serta akan tetap memburu jantan serta sampai membunuh anis cendana jantan.

Melatih Mental Anis Cendana

Untuk melatih mental anis cendana, ada banyak hal yang perlu dikerjakan, yaitu:

  • Pilih yang telah jinak: Pilih akan yang telah jinak akan mempermudah peternak untuk melatih mentalnya karena lebih gampang berhubungan dengan manusia.
  • Letakkan pada tempat ramai: Letakkan anis cendana pada tempat yang seringkali dilewati manusia agar dapat melatih mentalnya.
  • Tempatkan dalam tempat tidak sama: Letakkan anis cendana pada tempat yang tidak sama waktu sore dan pagi hari atau dapat berdekatan dengan tipe burung kicau yang lain.
  • Latihan sparing: Latihan sparing dapat dikerjakan dengan anis cendana lain di antara 2 sampai 3 ekor anis cendana.
  • Pakai cermin: Mendekatkan cermin ke gahar anis cendana akan membuat burung merasakan ada burung semacamnya yang ada dekat di sangkar yang mempunyai tujuan untuk keluarkan jiwa fighter burung tetapi ingat jangan dikerjakan sering.

Bertelur serta Menetas

Jumlahnya telur yang dibuat anis cendana betina ialah 2 sampai 3 butir yang nanti akan dierami induk sepanjang kira-kira 14 hari tidak sama dengan ciri ciri burung merpati ingin bertelur. Setelah melalui waktu pengeraman, karena itu anakan anis cendana akan menetas. Piyik ini nanti selalu dirawat induk sampai dapat makan sendiri. Namun bila peternak meloloh anakan anis cendana, karena itu anakan bisa dipanen waktu berusia 2 sampai 3 minggu. Setelah telur menetas sampai panen, janganlah lupa untuk memberi pakan penambahan atau extrafooding yang perlu tetap disiapkan agar tingkatkan perkembangan serta kesehatan anakan dan induk anis cendana.

Baca Juga : Perbedaan Anis Kembang Jantan Dan Betina

Menjemur serta Memandikan Anis Cendana

Anis cendana harus dikeluarkan waktu pagi hari agar bulu serta tubuhnya merasakan sejuk terserang embun pagi. Setelah matahari keluar, karena itu jemur burung agar dapat hangat serta memancing anis cendana supaya bisa berlatih ngeplong. Setelah itu pada pukul 7 pagi, burung dimandikan dengan memakai semprotan halus atau dapat juga sediakan cepuk mandi yang ditempatkan pada kandang burung karena burung ini adalah tipe burung yang suka pada mandi. Sesudah dimandikan, teruskan dengan dianginkan seputar 5 sampai 10 menit lantas jemur kembali sepanjang 1 sampai 2 jam.

Pemberian Pakan Anis Cendana

Untuk pakan selalu harus disiapkan yaitu berbentuk voer bermutu seperti voer ronggolawe untuk burung besar seperti murai, kacer, cucak hijau dan anis. Imbuhkan dengan extra fooding yaitu jangkrik di tiap pagi sekitar 4 ekor serta 5 ekor untuk sore hari. Sedang untuk ulat hongkong dapat diberi 2 sampai 3 ekor /hari yang dapat didapat dengan budidaya ulat hongkong.

Pakan Racikan Anis Cendana

Pakan racikan anis cendana dapat diberi agar cepat gacor serta teler. Bahan yang perlu disiapkan ialah daging ikan mas 20 sisi, cacing tanah 10 sisi untuk sumber protein, daging belut seperlunya, 3 kuning telur rebus, 4 sendok makan madu serta 1 sendok makan minyak ikan. Irislah kecil kecil semua bahan serta jemur sampai kering lantas haluskan. Haluskan kuning telur rebus lantas jemur sampai kering seperti tepung lantas campur dengan bahan lain serta paling akhir imbuhkan dengan sumber hewani yang telah dijemur serta dihaluskan jadi tepung. Paling akhir, imbuhkan dengan vitamin sekitar 1/2 botol lantas campur sampai lengket selanjutnya jemur kembali tetapi janganlah sampai begitu kering. Leburkan pakan jadi remah remah kecil serta dapat diberi pada anis cendana.

Pemasteran Anis Cendana

Agar anis cendana dapat rajin gacor, karena itu unsur yang tidak kalah penting tidak hanya perawatan serta pakan ialah membuat situasi di seputar sangkar benar-benar nyaman. Sesaat untuk pemasteran dapat dikerjakan dengan sama-sama burung anis cendana yang telah rajin gacor atau di master dengan suara burung anis cendana berbentuk MP3 sama dengan langkah pelihara burung pentet supaya cepat gacor.

Menjaga Anakan Anis Cendana

Unsur keturunan benar-benar sangat memengaruhi. Walau akan yang telah dibeli untuk ternak benar-benar bermutu tetapi perawatan yang diberi tidak optimal, karena itu hasil anakan tidak cocok seperti yang diinginkan. Menjaga anakan anis cendana harus dikerjakan dengan persisten agar memperoleh kualitas anis cendana yang paling baik.

Baca Juga : Penyebab Mata Katarak Anis Merah

Mandikan

Memandikan anis cendana harus dikerjakan sedini kemungkinan yang dapat dilatih pada keramba. Bila tidak ingin mandi serta masuk ke keramba, karena itu pancing dengan cacing tanah hidup atau jangkrik yang dimasukkan dalam bak mandi agar anakan dapat masuk ke bak mandi serta terlatih dan nyaman ada dalam keramba.

Bersihkan Kandang

Kandang yang tidak bersih jadi salah satunya aspek terpenting anis cendana jadi tidak sehat serta malas bunyi. Waktu burung sedang ada di keramba, membersihkan kandang agar masih kering serta bakteri tidak tumbuh dalam kandang.

Menjemur

Akan anis cendana dapat dijemur waktu matahari keluar sepanjang seputar 20 menit yang benar-benar bermanfaat untuk perubahan anis cendana atau trotolan.

Pemberian Pakan

Anakan anis cendana atau trotolan memerlukan pakan yang bergizi serta harus penuhi beberapa faktor gizi seperti daya, karbohidrat, serat, protein, lemak serta mineral. Disamping itu imbuhkan dengan buah seperti pepaya serta apel yang dapat percepat anakan anis cendana cepat bunyi. Imbuhkan EF seperti kroto, jangkrik serta cacing yang diberi dengan teratur serta bagian yang pas tiap hari.

Panen Anakan Anis Cendana

Proses panen anakan anis cendana dapat dikerjakan setelah masuk usia 3 minggu atau sampai anakan bisa mandiri serta terlepas dari indukan.

Cara Ternak Burung Anis Cendana | admin | 4.5