Ciri Trotol Anis Kembang Calon Juara

Anis kembang salah satu burung kicau yang benar-benar disukai beberapa pengobi. Anis kembang super pasti diimpikan oleh tiap gacor mania. Dalam memilih trotolan anis kembang memang tidak gampang, ditambah lagi buat beberapa pemula yang belum memiliki pengalaman di dunia kicau. Ditambah lagi harus memperbedakan jantan serta betina anis kembang. Sebab rata-rata memang dengan alami burung jantanlah yang berkicau lebih baik.

Memilih anakan atau trotolan anis kembang adalah sesuatu yang penting, kita harus pilih burung yang memiliki talenta kicau yang bagus, supaya dalam melatihnya tidak susah serta anis kembang nantinya cepat gacor.

Baca Juga : Kondisi Anis Kembang Birahi, Emosi, Ngedrop

Pilih burung trotolan anis kembang jantan ini memanglah bukan pekerjaan yang gampang. Karena burung jantan serta betina mempunyai keserupaan keduanya. Tetapi, berdasar pengalaman beberapa penangkar yang telah mempunyai jam terbang tinggi, Anis Kembang trotolan jantan mempunyai beberapa ciri seperti berikut :

  1. Mempunyai kepala yang kotak (cukup panjul di belakang kepalanya).
  2. Mata besar, cemerlang, serta melotot tajam.
  3. Leher lebih panjang serta besar.
  4. Bulu dada lebih tipis, rata, serta semakin lebih terlihat jika dibasahi air dibagian dadanya.
  5. Mempunyai body yang panjang serta ramping.
  6. Langkah berdirinya lebih tegap.
  7. Mempunyai bulu-bulu yang seperti rambut panjang / kucir di belakang kepalanya (walau tidak semua AK memiliki).
  8. Suara ngeriwik yang pasti, tajam, serta seringkali dilagukan bersamaan semakin menambahnya umur.
  9. Semakin bertambah umur, semakin ramping tubuhnya dengan sayap yang mengapit ke tubuh.
  10. Ekor trotolan jantan rata-rata tetap tutup / bersatu / menguncup. walau tidak semua trotolan jantan kelihatan semacam itu.

Begitupun mengenai anis kembang trotolan yang berjenis kelamin betina mempunyai beberapa ciri seperti berikut :

  1. Mempunyai kepala yang condong bundar, walau ada pula beberapa yang seperti dengan trotolan jantan (kotak).
  2. Mempunyai mata dengan pandangan sayu.
  3. Bulu dibagian dadanya lebih tebal serta menggumpal, Walau disemprot sampai basah, bulunya masih kelihatan tebal serta menggumpal.
  4. Mempunyai leher lebih pendek, walau tidak semua betina mempunyai ciri semacam itu.
  5. Langkah berdirinya tidak setegap trotolan jantan, serta condong membungkuk.
  6. Tidak mempunyai bulu rambut dibagian belakang kepala, walau ini pun tidak berbentuk mutlak.
  7. Mempunyai suara ngeriwik yang kurang jelas, pendek, serta seringkali disambung dengan suara crecetan. Umumnya lebih rajin ngeriwik jika dengar suara bising. Semakin bertambah umur, burung betina semakin jarang-jarang ngeriwik.
  8. Dalam perubahannya, badan betina condong lebih membulat serta gemuk, dengan sayap yang tidak mengapit ke badannya.
  9. Mempunyai ekor yang tetap megar, walau tidak semua demikian.

Baca Juga : Perawatan Mudah Anis Kembang Cepat Gacor Ngerol

Memilih Trotol Anis Kembang Calon Juara

Untuk pilih trotolan anis kembang kita cuma dapat memperkirakannya lewat penilaian bentuk badan atau biasa disebutkan katuragan (fisik). Nah berikut beberapa ciri trotolan anis kembang super :

1. Paruh

Trotolan anis kebang yang bagus umumnya memiliki paruh yang tebal serta panjang. Ujung paruh cukup meliuk serta runcing. Anis kembang yang memiliki bentuk semacam itu umumnya memiliki suara yang keras serta keras. Pilih burung yang pangkal paruhnya memiliki garis putih kekuningan yang panjang, lebih panjang sampai dekati mata itu bagus serta mengisyaratkan burung dapat ngerol panjang waktu berkicau. Disamping itu butuh unduh suara anis kembang mp3 untuk masteran.

2. Kepala

Kepala anis kembang yang berupa aga kotak (pipih) pendek umumnya semakin bagus, bentuk kepala yang kotak mengisyaratkan bahan anis kembang yang pintar serta gampang dilatih.

3. Mata

Akan anis kembang yang bagus mempunyai mata yang besar, bersih, cukup melotot, serta cemerlang. Umumnya bentuk yang semacam ini memiliki mental tarung yang tinggi serta potensi tempur yang berani.

4. Rahang

Untuk pilih anis kembang jantan yang baik lihat bentuk rahangnya. Anis kembang yang bagus umumnya mempunyai rahang yang besar serta kuat, bentuk yang besar harus diseimbangkan dengan bentuk paruh, pilih yang seimbang.

5. Leher

Ketahanan kicau dipastikan oleh power anis kembang. Power yang dapat tahan lama umumnya memiliki bentuk leher yang cukup besar (imbang dengan badannya).

6. Tubuh

Jangan pilih burung anis yang memiliki badan gemuk atau bundar, tetapi pilih yang memiliki badan cukup panjang serta ramping. Burung gemuk umumnya makin banyak diam “ngabagong” dibanding berkicau dibandingkan burung yang ramping serta aktif.

7. Kaki

Kaki yang panjang, kuat, serta kelihatan kering bersisik umumnya memiliki birahi yang semakin bagus serta konstan rata-rata dilapisan burung kaki yang kering ialah yang lebih baik.

8. Bulu

Dilapisan burung bulu yang rapi serta kelihatan mngkilap ialah bulu dari burung yang unggul serta bermutu, terhitung pada anis kembang.

9. Ekor

Pilih bentuk ekor yang rapi serta cocok dengan tubuhnya. Ekor harus seimbang dengan tubuhnya, tidak pendek atau panjang.

10. Sayap

Pilih akan anis kembang yang mempunyai panjang sayap yang hampir sama juga dengan ekornya hingga waktu ngerol dapat memberi style yang menarik.

Baca Juga : Perawatan Anis Merah Trotol Cepat Gacor

Perawatan Anis Kembang Trotol

Di bawah ini perawatan standard untuk anis kembang yang masih trotolan, dengan usia seputar 1 bulan :

  • Pagi hari, burung dikasih extra fooding (EF) berbentuk 4-5 ekor jangkrik, 3 atau 5 ekor cacing tanah, serta satu cepuk kroto yang telah BirdVit.
  • Pada umur ini, trotolan bisa diajari mandi di karamba. Selesai mandi diangin-anginkan serta dijemur dengan waktu terbatas (5 – 10 menit saja).
  • Sesudah penjemuran, burung kembali diangin-anginkan serta mulai ditempel dengan burung-burung masteran atau juga bisa diputarkan suara masteran dari mp3 player atau dari hp, dengan suara yang sayu-sayu.
  • Sore hari, burung dapat diberi 4-5 ekor jangkrik serta 3 – 5 ekor cacing tanah.
  • Kemudian, burung dikerodong serta diistirahatkan sekalian diperdengarkan suara masteran baik dari mp3 atau ditempel dengan burung masteran yang rajin bunyi.
  • Kerjakan perawatan harian ini dengan persisten sampai burung berusia 4 bulan. Kemudian mulai dikenalkan dengan buah-buahan serta dikerjakan pengembunan tiap pagi hari.

Jika burung telah berusia 6-7 bulan, pemberian jangkrik dapat di turunkan jadi 3 ekor pada sore dan pagi hari. Sedang cacing tanah cukup 2-3 ekor saja. Buah diberi tiap hari dengan menu berselang-seling.

Sepanjang perawatan itu, yang penting ialah keadaan birahi burung selalu harus diawasi. Bila burung begitu birahi, karena itu pemberian EF dapat dipotong sedikit. Sebaliknya, bila burung kurang birahi, pemberian EF dapat diberi tambahan sedikit.

Baca Juga : Perawatan Burung Kolibri Agar Cepat Gacor Dan Ngobra

Demikian penentuan serta perawatan anis kembang trotolan. Mudah-mudahan dapat diaplikasikan, hingga Anda nantinya bisa mempunyai AK bermutu, rajin bunyi, serta mempunyai suara ngerol panjang. Jika ingin dilombakan bisa, jadikan vokalis di dalam rumah pun tidak dilarang.

Semoga bermanfaat jangan lupa komen dan share untuk menambah wawasan kita.

Incoming search terms:

  • trotol jantan anis kembang
Ciri Trotol Anis Kembang Calon Juara | admin | 4.5