Habitat Dan Karakteristik Burung Kolibri Ninja

Burung madu bakau atau di golongan kicau mania Indonesia terkenal dengan panggilan “Kolibri Ninja”, adalah salah satunya tipe burung bakau yang terbanyak fansnya. Walau postur tubuhnya kecil, burung yang berwarna hitam mengkilap ini mempunyai suara kicauan yang dapat merampas hati fansnya. Di alam bebas, burung ini tetap cari serangga kecil serta menyedot nektar (sari bunga).

Habitat Dan Karakteristik Burung Kolibri Ninja

Kolibri Ninja adalah salah satunya tipe burung kolibri dari keluarga Nectariniidae serta Genus Nectarinia. Burung kolibri ini dinamai burung madu pengantin mempunyai nama latin Leptocoma Sperata atau Purple-throated Sunbirds dalam bahasa inggrisnya. Burung ini mempunyai nama yang beerbeda di tiap wilayah. Di jawa tengah burung ini lebih diketahui dengan nama kolibri raja, di jawa barat populer dengan kolibri ninja tasik, untuk di jawa timur lebih diketahui dengan kolibri ninja, serta kemungkinan didaerah lain mempunyai nama yang berlainan.

Baca Juga : Karakteristik Burung Kolibri Kelapa

Burung kecil ini makin hari makin banyak disukai oleh beberapa kicau mania. Tidak cuma jadi burung pemaster saja saat ini burung ini telah mempunyai kelas tertentu di event-event lomba. Bukan hanya indah dalam warna yang berwarna warni burung ini mempunyai suara yang bagus serta style bertanding yang membuat orang jadi tertarik untuk memiliki.

Burung yang bermahkotakan warna hijau metalik dengan bulu dada berwarna merah ini mampu menirukan suara burung lain dengan fasih asal dimaster dengan pas. Dengan style ngobra sekalian meliuk liuk seperti orang yang berdansa meningkatkan nilai plus untuk burung ini.

Beberapa Ciri Kolibri Ninja

Burung kolibri ninja termasuk burung memiliki ukuran kecil sebab panjang tubuhnya seputar 9 sampai 10 cm dengan berat badan seputar 5,2 sampai 7,5 g. Sekujur tubuhnya di supremasi dengan berwarna gelap. Untuk beberapa ciri kolibri ninja jantan : badan sisi atas kebiruan tua mengkilap, topi hijau mengkilap, tenggorokan ungu mengkilap, dada merah kabur. Bedanya dengan Burung-Madu mangrove : dada merah, badan lebih kecil. Sedang beberapa ciri kolibri ninja betina : badan sisi atas berwarna zaitun, badan sisi bawah kuning. Seperti betina burung madu lain, tapi lebih kabur. Irislah coklat, paruh serta hitam.

Perlu untuk diketahui juga, penentuan semua spesies keluarga Nectariniidae dalam daftar burung dilindungi berbentuk spesial. Bukan lantaran populasinya di alam liar tipis, ditambah lagi di tingkat kepunahan, tetapi sebab spesies burung yang terhitung dalam keluarga Nectariniidae benar-benar bertindak dalam penyerbukan alami di hutan-hutan atau area perkebunan. Tanpa ada kedatangan mereka, kesetimbangan ekosistem di lokasi rimba serta perkebunan dapat terusik.
Bila Anda, khususnya sahabat kicau mania yang seringkali melombakan “Kolibri” ingin memakai burung madu hasil penangkaran, karena itu Anda dapat mendapatkan keceriaan atau hiburan tak perlu mengganggu kesetimbangan alam. Karenanya, yuk kita tangkarkan burung madu serta salah satunya kegiatan yang perlu dilewati dalam tiap breeding ialah perawatan harian.

Baca Juga : Jenis Burung Yang Bisa Dikawinkan Dengan Burung Kenari

Penebaran Ras Kolibri Ninja

Sedang tipe kolibri ninja terdiri atas 9 sub-spesies dengan global yang di mengaku dengan wilayah persebaran mencakup India timur laut, Asia tenggara, Filipina, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar, Nusa Tenggara serta Sulawesi.

  • Brasiliana (J. F. Gmelin, 1788) – Timur-laut India (Assam, Tripura, Manipur), Bangladesh, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaysia & Sumatera (terhitung pulau di sekelilingnya, terkecuali Simeulue), Jawa Barat serta Kalimantan.
  • Emmae Delacour & Jabouille, 1928 – Cambodia, S Laos and S Vietnam (probably also this race in Tonkin).
  • Mecynorhyncha (Oberholser, 1912) – P. Simeulue (Sumatera Barat).
  • Eumecis (Oberholser, 1917) – Kep. Anamba, samping timur Semenanjung Malaysia.
  • Axantha (Oberholser, 1932) – Kep. Natuna Utara.
  • Henkei (A. B. Meyer, 1884) – Calayan, Babuyon Claro, Fuga and Camiguin Norte, serta lokasi pegunungan utara & tengah Luzon, Filipina.
  • Sperata (Linnaeus, 1766) – Filipina Utara (Luzon, Polillo, Marinduque & Cantanduanes).
  • Trochilus (Salomonsen, 1953) – Filipina Barat, Tengah & Selatan (Lubang, Mindoro, Busuanga, Culion, Tablas, Romblon, Sibuyan, Masbate, Ticao, Palawan, Dadagican, Ursula, Balabac, Panay, Guimaras, Biliran, Leyte, Samar, Basiao, Calicoan, Negros, Cebu, Bohol, Siquijor, Camiguin Sur, Dinagat, Nipa, Siargao, Bucas Grande, E Mindanao, Talicud, Pujada, Balut); di Kep. Maratua, Kalimantan Timur.
  • Juliae (Tweeddale, 1877) – Kep. Mindanao & Sulu (Malanipa, Malamaui, Basilan, Tonquil, Jolo, Siasi, Tawi-Tawi, Sanga Sanga, Bongao, Simunul, Sibutu), di Filipina Selatan.

Habitat Serta Kebiasaan Burung Kolibri Ninja

Burung madu bakau atau kolibri ninja seringkali kelihatan di rimba mangrove, perkebunan serta pohon-pohon baik di perkotaan atau di pedesaan. Mangrove adalah nama lain dari tanaman bakau yang tumbuh menyemak di lokasi pesisir. Habitatnya yang ciri khas berikut yang membuat spesies ini diberi nama burung madu bakau.

Burung ini menyebar beberapa wilayah di Sumatera, Kalimantan serta Jawa. Di alam liar, mereka benar-benar suka pada nektar dari bunga pohon-pohon, yang diisapnya tiap hari. Itu penyebabnya, mereka disebutkan burung madu. Tidak hanya nektar, mereka suka juga cari serangga-serangga kecil yang ada pada ranting, cabang serta tangkai pohon.

Baca Juga : Tips Memilih Burung Kenari Untuk Lomba

Selama ini, berdasar penilaian beberapa Master Kicau Mania, sejumlah besar kicau mania menyebutkan burung madu bakau ini jadi “Kolibri Ninja”. Tetapi, ada beberapa kicau mania yang lain masukkan burung madu pengantin ke “Kolibri Ninja”, sebab keserupaan ciri-ciri fisiknya.
Burung madu atau ‘Kolibri” bukan tipe colibri (hummingbird) yang cuma didapati di benua Amerika. Burung madu, apa saja macamnya, terhitung dalam barisan sunbird. Ini evaluasi yang perlu dikatakan dengan jujur, walau sejumlah besar kicau mania tetap menyebutkan burung madu jadi “Kolibri”.

Makanan kolibri ninja

Di alam liar kolibri ninja biasanya mengonsumsi biji-biji kecil, nektar, buah-buahan, serangga, laba-laba. Umumnya hidup sendirian atau berpasangan.

Musim Kawin Kolibri Ninja

Saat musim kawin datang, kolibri ninja membuat sarang bergantung dari daerah semasing yang seputar Februari serta Mei di Bangladesh; Januari, Mei serta Juni di Jawa; Februari-Juli di Semenanjung Malaya serta April-Juni untuk Kalimantan serta Kalimantan Selatan. Untuk Filipina, tanggalnya serta makin banyak: Januari untuk Négros, Desember untuk Palawan, April untuk Samar. Telur 2 butir berwarna coklat yang ditempatkan pada sarang berupa kantung menggantung dibuat dari akar serta serat diikat pada sarang laba-laba, tidak jauh dari permukaan tanah seputar 1 sampai 6 mtr..

Mengapa burung kolibri ninja banyak diminati..?

Burung kolibri ninja biasanya dipelihara menjadi burung rumahan untuk memaster burung-burung besar seperti kacer, murai batu, cucak ijo, anis merah dll. serta burung kecil seperti burung plecipun benar-benar gahar jika menyanyikan suara konin ini.

Baca Juga : Suara Burung Cblek Gacor Ngebren

Makin lama yang berminat makin banyak serta kualitas suaranya makin bertambah sebab nyatanya burung kolibri ninja dapat dimasteri serta dapat menyanyikan lagu suara burung lain. Hingga kemudian di sejumlah wilayah telah diselenggarakan lomba / kontes untuk kelas burung kolibri serta kolibri ninja ini ialah burung yang paling favorite sebab kualitas suaranya paling sangar serta paling gahar. Ciri-ciri waktu diadunya juga benar-benar ngotot dengan style ngobra nya sebagai daya tarik menjadi fakta mengapa burung kolibri ninja ini banyak dicari.

Sekian pembahasan mengenai burung kolibri ninja ini, semoga bermanfaat.

Habitat Dan Karakteristik Burung Kolibri Ninja | admin | 4.5