Habitat Dan Karakteristik Kolibri Ekor Merah

Kolibri Ekor-merah adalah salah satunya tipe burung kicau dari keluarga Nectariniidae serta Genus Aethopyga atau adalah satu dari beberapa macam burung kolibri yang bisa didapati di Indonesia. Burung yang dikenal juga dengan panggilan burung-madu ekor-merah mempunyai nama ilmiah Aethopyga temminckii atau Temminck’s sunbird dalam bahasa inggrisnya sebulumnya diperlakukan jadi semacam dengan kolibri jawa. Burung-burung dari Gunung Dulit, di Kalimantan, dilukiskan jadi ras perretti, tapi ini dipandang tidak dapat dipertahankan.

Burung kolibri ekor-merah alias burung-madu ekor-merah termasuk tipe burung memiliki ukuran kecil dengan panjang badan seputar 10 sampai 13 cm dengan berat tubuh jantan seputar 4,6 sampai 6,1 gr serta betina seputar 5 gr. berbuntut tajam. Jantan : berwarna merah tua, tunggir kuning, ekor merah padam. Alis, bagian mahkota, tengkuk, serta penutup ekor bawh ungu metalik, badan bagia bawah putih keabu-abuan. Betina : benar-benar kecil, badan bagia atas colat zaitun, kaki kepala abu-abu, ciri uniknya sapuan merah pada sayap serta ekor, badan sisi bawah berwarna zaitun kekuningan. Irislah coklat, paruh serta kaki hitam.

Habitat Dan Karakteristik Kolibri Ekor Merah

Baca Juga : Habitat Dan Karakteristik Burung Kolibri Ninja

Wilayah Persebaran Burung Madu Ekor Merah

Burung ini dapat di dapatkan di rimba terbuka, contohnya saja seperti di perbukitan, gunung dan di lokasi rimba – rimba tropis dan sub tropis atau dataran rendah yang lembab.Salah satunya Semenanjung Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatera, serta Kalimantan.Tentunya yang mempunyai ketinggian 1800 m. Serta untuk wilayah penyebarannya ada pada pulau Kalimantan, pulau Sumatera, Malaysia, dan menyebar di samping selatan barat Thailand.

Burung tipe ini dinamakan oleh bangsawan Belanda dan oleh zoologi Coenraad Temminck Yakub. Selanjutnya sudah dipandang conspecific dengan Javan Sunbird, Aethopyga mystacalis. Burung madu ekor merah, Aethopyga Temminck memiliki ukuran badan kira-kira 10 cm untuk tipe yang betinanya.

Selanjutnya untuk burung madu yang sejenis kelamin jantan mempunyai ukuran badan dengan panjang 12.5 cm s/d 13 cm. Burung madu ini terlihat cantik dengan kombinasi warna merah menyala di bagian ekornya.

Baca Juga : Perawatan Burung Kolibri Agar Cepat Gacor Dan Ngobra

Ciri Ciri khas Burung Madu Ekor Merah Jantan Serta Betina

Keunikan burung madu ekor merah yang Betina sama dengan ukuran tubuhnya cukup kecil. Selanjutnya di bagian atas berwarna coklat zaitun. Sedang untuk sisi kepalanya berwarna abu-abu. Serta untuk badan sisi bawah mempunyai warna zaitun kekuningan, sisi irislah warna becoklat, warna paruhnya hitam, kaki berwarna hitam.

Sedang untuk keunikan burung madu ekor merah yang Jantan seperti, Warna merah tua. Tunggir kuning. Selanjutnya di bagian ekor rna berwmerah padam. Disamping itu di bagian alis, sisi bagian mahkota, tengkuk, dan sisi penutup ekor bawah berwarna ungu metalik. Pada badan sisi bawah berwarna putih keabu-abuan.

Burung Kolibri Ekor Merah

Habitat serta Rutinitas

Seringkali mengunungi di pohon berdaun lebar di rimba sekunder, dataran rendah serta perbukitan yang lembab dengan ketinggian seputar 1500-1900 mtr. dari permukaan laut. Umumnya cari makan sendiri, tetapi terkadang berpasangan, serta terkadang bisa masuk dengan spesies lain dalam cari makan. Cukup jarang-jarang di rimba perbukitan serta gunung di antara ketinggian 800-1800 m di Sumatera serta Kalimantan. Di sejumlah tempat di dataran rendah Kalimantan sampai ketinggian 2000 m.

Baca Juga : Perawatan Burung Jalak Kebo

Burung kolibri ekor-merah berbentuk teritorial sepanjang musim kawin. Jantan yang jaga wilayah dengan kicauan dari pucuk pohon, serta bisa lakukan tingkah laku agresif pada penyusup. Pemberian nama burung madu ekor merah pada bahasa Inggris dan bahasa latin ditujukan buat kembali kenang sang aristokrat yang datang dari Belanda yang seorang ahli zoologi, Coenraad Jacob Temminck.

Spesies dari burung madu ini seringkali didapati pada rimba tropis, rimba subtropis, dan pada rimba lembab di daerah Kalimantan, Sumatera, Malaysia dan di Thailand. Mereka seringkali menempati lokasi dataran tinggi dengan ketinggian s/d 1.800 mtr. dari permukaan laut. Tipe burung ini benar-benar gesit saat cari pakan, terutamanya antara rumpun-rumpun Loranthus.

Jumlahnya Species Burung Madu Ekor Merah

Untuk tipe burung madu yang mempunyai ekor panjang ini banyaknya ada banyak serta masih dapat disebutkan aman. Jadi belum dipandang seperti burung yang langka karena gampang didapati. Namun seharusnya jangan mengincar atau tangkap tipe burung ini dengan liar. Karena tipe burung ini benar-benar bertindak dalam pelestarian ekosistem rimba dan tempat perkebunan.

Baca Juga : Jenis Jenis Burung Kenari

Oleh karena itu, kita jangan pelihara spesies burung-madu ini tanpa tujuannya yang pasti. Burung madu ekor merah ini nyatanya memiliki suara kicauan yang monoton namun terdengar tajam. Suara kicauan ini bisa digunakan jadi masteran atau memancing bunyi burung kicauan tipe yang lain yang Anda memelihara di dalam rumah.

Makanan Kolibri Ekor Merah

Makanan kolibri ekor-merah berbentuk nektar serta arthropoda kecil. Terkadang bisa lakukan flycatching untuk sampai nektar di Corolla tubular, seperti Kolibri kerjakan.

Musim Kawin

Musim kawin beragam sesuai capaian, tapi seringkali berlangsung di antara Februari serta Agustus. Sarang burung-madu ekor-merah berupa kantung yang dibuat dari rumput kering serta tanaman bawah, serta dilapis dengan beberapa macam ornament seperti kertas, kulit kayu serta bahan tanaman yang lain. Sarang ini ditempatkan di ranting kecil dengan atap runcing. Betina menempatkan 3 butir telur yang dierami sepanjang seputar 13-15 hari. Beberapa anak kolibri ini dikasih makan oleh ke-2 induknya sampai berusia seputar 14-19 hari sesudah menetas.

Habitat Dan Karakteristik Kolibri Ekor Merah | admin | 4.5