Jenis – Jenis Burung Anis Di Indonesia

Burung Anis atau “Punglor” adalah dari genus tardus atau Zoothera. Maka ada banyak jenis genus yang terhitung kelompok punglor / anis, seperti Psophocichla, Ixoreus, Myophonus dan sebagainya. Semua tipe itu masuk dalam kelompok Turdidae. Di seluruh daerah yang berada di Indonesia sendiri ada eberapa tipe serta jenis punglor dari genus Turdus serta Zoothera. Nah untuk tipe anis yang terpopuler ialah Anis Merah / Punglor Merah (Zoothera citrina), Anis Kembang / Punglor Kembang (Zoothera interpres), Anis Macan / Punglor Macan (Zoothera dohertyi) dan ada Anis Sieria / Punglor Siberia (Zoothera sibirica) serta Anis Cendana / Punglor Cendana (Zoothera peronii).

  Baca Juga :
1. Asal Usul Anis Merah
2. Asal Usul Anis Kembang
3. Asal Usul Anis Cendana
4. Asal Usul Anis Macan
5. Asal Usul Anis Siberia
6. Asal Usul Anis Sisik
7. Asal Usul Anis Hutan
8. Asal Usul Anis Enggano
9. Asal Usul Anis Sulawesi
10. Asal Usul Anis Buru
11. Asal Usul Anis Gading 
12. Asal Usul Anis Tanimbar
13. Asal Usul Anis Buru 
14. Asal Usul Anis Kuning

Tipe anis menyebar dari daerah Sulawesi, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Papua, serta di banyak pulau-pulau kecil perairan Indonesia. Beberapa jenis punglor itu mempunyai suara kicauan yang “enak” didengar. Hingga burung tipe anis ini tetap jadi pujaan serta favorite kicau mania untuk jadikan burung peliharaan meskipun harga mahal.

Mempunyai atau berternak burung anis ialah satu hal yang menyenangkan buat beberapa penghobi burung kicau. Antara beberapa yang suka burung anis, pastinya memiiliki tipe burung anis yang tidak sama. Apapun sebagai sisi dari burung anis ? di kesempatan yang luang ini, kicau burung akan memberi info mengenai tipe serta jenis burung anis.

Di bawah ini meripakan jenis – jenis burung Anis yang terdapat di Indonesia :

Anis Merah / Punglor Merah

Anis merah ialah burung yang paling terkenal dilapisan burung anis yang lain. Ini di karenakan kelebihan yang dipunyainya, seperti kicauan yang merdu ditambah macam style teler waktu berkicau.

Species Anis Merah (Zoothera citrina) banyak menyebar di sejumlah daerah Asia, terbagi dalam 11 subspecies, salah satunya subspeciesnya hidup di pulau Bali serta Jawa, yakni Zoothera citrina rubecula.

Sedang 10 subspecies Punglor Merah yang lain, menyebar dari India, Himalaya, Srilanka, Thailand, Myanmar sampai ke Malaysia. Sebetulnya ada salah satunya subspecies Zoothera citrina pernah beberapakali diketemukan di pulau Kalimantan dekat tepian Indonesia – Malaysia. Akan tetapi disangka tipe anis itu masuk dalam subspecies Zoothera citrina aurata yang seringkali melintas atau beralih tempat ke tepian dari gunung Kinabalu Malaysia.

Anis Kembang / Punglor Kembang

Kepopuleran Anis Kembang sama dengan Anisr Merah. Kepiawaiannya dalam melantunkan kicauannya benar-benar luarbiasa, hingga suara dasarnyapun benar-benar merdu untuk di nikmati. Khususnya waktu kicauannya yang dibawakan dengan ngerol yang benar-benar merdu.

Tipe Punglor Kembang / Anis Kembang (Zoothera interpres) di Indonesia diketemukan di pulau Jawa, Lombok, Sumatra, Kalimantan, Sumbawa serta Flores. Penebaran luasnya di negara lain meliputi Malaysia, Thailand, serta Filipina,

Tipe burung Anis Kembang ini dengan postur seperti dengan anis merah. Namu ada banyak hal yang menjadi bedanya ialah:

  • Bentuk bola mata serta paruh anis kembang yang sedikit semakin besar.
  • Warna anis kembang yang berfariasi.
  • Anis kembang memiliki warna yang unik ( warna oranye hitam serta putih pada bulunya)

Anis Siberia / Punglor Hitam

Siberian Thrush atau Punglor Siberia ini benar-benar misterius. Ia memiliki bertubuh besar serta berwarna bulu hitam . Tetapi dengan badan bongsornya, tipe anis ini dapat keluarkan beragan suara kicauan yang merdu. Untuk style berkicaunya sangat unik, yakni berkicau dengan “setengah teler” melihat ke kanan serta ke kekiri.

Punglor hitam satu ini habitatnya datang dari Rusia, China serta Mongolia. Untuk waktu saat khusus seperti waktu kawin, ia beralih tempat “migrasi” ke wilayah yang memiliki cuaca hangat seperti di wilayah asia tenggara. Anis Siberia ini seringkali kelihatan oleh masyarakat ditempat beradi di wilayah Jawa serta Sumatera.

Anis siberia atau dalam bahasa yang lain Zoothera sibrica, ialah tipe burung dari keluarga Turdidae. anis siberia mempunyai ukuran badan sedang sampai kira-kira 23 cm.

Anis Sisik / Punglor Sisik

Anis sisik adalah tipe burung anis yang dipandang seperti tipe burung yang tidak berkicau atau cuma berkicau larut malam saja. Dia hanya seringkali keluarkan suara kicauannya “ssstt ssstt”

Zoothera dauma atau Punglor Sisik awalannya diketemukan oleh beberapa orang di daerah Mongolia, Siberia Russia, Taiwan, China serta Filipina. Tetapi belakangan ini, tipe anis satu ini diketemukan oleh beberapa pelacak burung di wilayah pegunungan Bukit Barisan Sumatra Utara.

Awalannya orang orang itu menyangka jika Punglor Sisik cuma bermigrasi sesaat sepanjang musim dingin dalam tempat aslinya. Namun sebab seringkali terlihatnya burung ini diketemukan di pegunungan Bukit Barisan, dipercaya burung ini berhabitat dari sana.

Anis Kuning / Punglor Kuning / Punglor Kayu

Anis kuning adalah burung yang masuk dalam kelompok keluarga Zoothera. Suaraya yang merdu serta style bertaungnya yang unik jadi salah satunya keunikan burung anis kuning ini. Dan ada warna putih di bagian kepala di atas mata.

Turdus obscurus atau Punglor Kayu, tempat aslinya ialah dari daerah Mongolia, Amurland serta Siberia. Saat musim kawin umumnya bermigrasi ke daerah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Taiwan serta Filipina. Punglor kayu seringkali diketemukan orang berhabitat di pulau Kalimantan, Sumatera serta Jawa.

Anis Macan / Punglor Macan / Hybrida / Ampenan

Anis macan, Zoothera dohertyi atau Hybrida ini mempunyai warna yang ramai, bila disaksikan pada gambar di atas hampir semua warna tipe burung anis ada pada tipe burung anis macan. Tipe anis ini memiliki ukuran semakin besar bila dibanding dengan Anis Kembang. Sisi kepala anis macan didominasi dengan warna hitam, sedang di bagian kepala anis kembang mempunyai warna coklat.

Ampenan berasal atau banyak diketemukan di pulau Lombok, Sumba, Sumbawa, Flores serta Timor. Suara yang berfariasi banyak menarik kicau mania untuk memlihara tipe anis ini.

Anis Cendana / Punglor Cendana

Zoothera peronii atau Anis Cendana cukup sedikit asing di golongan telinga kicau mania Indonesia. Suara serta fariasi kicauannya termasuk bagus, dapat menirukan berbacai jenis suara masteran. Ada yang unik dari tipe anis ini waktu berkicau, iya bergaya “nungging”. Walaupun demikian Anis Cendana masih jadi salah satunya favorite kicau mania untuk jadikan koleksi peliharaan.

Anis Cendana cuma diketemukan di Indonesia, terbagi dalam 2 subspecies, yakni:

  • Zoothera peronii audacis (Hartert, 1899) – Timor Leste (dahulu Timor Timur), pulau Wetar serta Romang Timur sampai ke Babar.
  • Zoothera peronii peronii (Vieillot, 1818) – pulau Roti serta Timor Barat.

Anis Rimba / Punglor Rimba

Zoothera andromedae atau Anis Rimba memiliki ciri fisik seperti Anis Macan “Ampenan”.Tetapi ada orang yang katakan tipe anis ini seperti Anis Sisik. Namun sebab kelangkaannya Anis Rimba ini jarang-jarang disukai kicau mania.

Di daerah Indonesia Anis Rimba seringkali diketemukan di seputar Gunung Pangrango, Jawa Barat. Tapi beberapa orang yang temukan di seputar pulau Sumatera.

Untuk penebaran burung tipe anis ini dengan luas. Tidak hanya di wilayah Jawa Barat, banyak pula diketemukan di pulau Sumatra, Filipina serta Malaysia.

Anis Enggano / Punglor Enggano

Anis Enggano nyatanya mempunyai satu tipe Anis yang sedikit kicau mania tahu. Di golongan fans burung Indonesia, nama Punglor atau Anis Enggano kemungkinan kurang populer. Tetapi Anis Enggano adalah salah satunya kicauan yang mempunyai suara indah.Serta ada yang menyebutkan bahwah punglor ini seperti dengan Anis Kembang. Habitat burung ini berada di Pulau Sumatera serta Kepulauan Mentawai.

Anis Gading / Punglor Gunung

Turdus poliocephalus atau Punglor Gunung adalah salah satunya tipe Anis yang ukurannya terbesar. Tetapi macam lagu burung Anis Gading ini kurang demikian variasi atau monoton. Maka beberapa kicau mania di Indonesia kurang demikian senang.

Tipe burung punglor satu ini berasar di beberapa daerah yang berada di Asia, Asia Tenggara serta sampai ke pulau di Pasifik. Beberapa Anis Gading menyebar di daerah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku serta sampai ke Timur Leste.

Anis Sulawesi / Punglor Sulawesi

Punglor atau Anis yang datang dari Sulawesi ini memiliki bentuk yang terhitung unik. Beberapa ciri Punglor Sulawesi ini memiliki paruh tebal warna merah, suara unik serta postur badan panjang.

Ada 4 Spesies Punglor Sulawesi yakni :

  • Tenebrosa Stresemann, 1938 – Sulawesi Selatan
  • Abditiva Riley, 1918 – Sulawesi Utara serta Tengah
  • Heinrichi Stresemann, 1938 – Sula­wesi samping Timur Laut
  • Turdoides Hartert, 1896 – Sulawesi samping Barat Laut

Anis Buru / Punglor Buru

Zoothera dumasi atau Punglor Buru adalah tipe anis yang ciri fisiknya hampir serupa dengan Anis Kembang, namun Anis Buru memiliki warna menguasai coklat dibagian punggung dan badan yang lebih panjang.

Punglor Buru ini pertama-tama di dapatkan di daerah Maluku, atau samping barat Pulau Seram. Banyak keserupaan di antara Punglor Buru serta Punglor Seram. Periset ditempat menjelaskan jika di antara Punglor Seram serta Buru tidak sama.

Anis Seram, Punglor Seram

Zoothera joiceyi atau Anis Seram ialah tipe brung anis yang ciri fisik hampir serupa dengan Anis Buru serta Anis Kembang.

Burung anis satu ini hidup di wilayah Pulau Seram. Tetapi sebab kelangkaannya Punglor Seram jarang-jarang di meminati beberapa kicau mania, sebab susah untuk didapatkan. Suara tipe anis satu ini benar-benar unik, terkadang keluarkan suara kicauan lirih “tseep” yang mudah terlewati, saat terbang bernada “tsree-tsree”.

Anis Tanimbar / Punglor Tanimbar

Zoothera schistacea atau Punglor Tanimbar adalah salah satunya tipe anis yang hidup di Pulau Tanimbar.

Karena perambahan rimba serta pemburuan pada burung ini, karena itu populasi makin berkurang dan jarang-jarang di meminati beberapa kicau mania sebab tidak ada kelas lombanya.

semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • trotol anis kembang bersin bersin
  • Download Suara Burung anis binbin betina
  • Download Suara Burung anis binbin Om Kicau
Jenis – Jenis Burung Anis Di Indonesia | admin | 4.5