Karakteristik Anis Macan Dan Habitat Aslinya

Beberapa jenis tipe burung kicauan sekarang banyak yang dijaga oleh beberapa penghoby burung kicauan yang berada di beberapa jenis Negara. Salah satunya tipe burung kicau yang banyak dijaga yakni burung anis. Burung anis memang memiliki kelebihan bila dibanding dengan burung yang lain.

Salah satunya tipe burung anis yang mempunyai kekhasan serta fans tertentu yakni burung anis macan. Burung anis macan ialah burung yang dapat berkicau secara baik. Anis Macan termasuk juga dari keluarga dari burung anis atau punglor. Meskipun tipe burung ini tidak setenar dengan keluarganya yakni burung anis merah serta anis kembang. Namun burung anis macan nyatanya benar-benar bagus untuk dijaga.

Tetapi sat ini, kehadiran burung anis macan (zoothera dohertyi) di alamnya sudah dipastikan benar-benar susah untuk didapati. Serta ada yang telah memandang bila burung anis macan itu hampir punah.

Baca Juga : Habitat Anis Kembang

Habitat Burung Anis Macan

Habitat burung anis macan yakni sering hidup di rimba basah atau rimba lembab terutamanya yang tempatnya dekat sama sumber air. Burung ini sering sekali mencakar tanah untuk cari makanan seperti cacing dan serangga-serangga yang kecil.

Untuk wilayah persebaran dari burung anis macan ini mencakup pulau Nusa Tenggara, Sumbawa, Lombok, Plores, Sumba dan di Timor. Sekarang di habitat burung anis macan banyaknya telah makin sedikit serta susah didapati.

Penurunan jumlahnya burung ini bukan hanya dikarenakan olrh terdapatnya tangkapan liar dengan besar, karena masih jarang-jarang yang pelihara burung anis macan ini.

Baca Juga : Hasil Dari Persilangan Burung Kenari

Menyusutnya jumlahnya burung ini di habitat burung anis macan ini bisa saja sebab pelebaran tempat dengan pembakaran yang menyebabkan burung burung ini mati.

Jadi sayang sekali jika burung yang spesial ini punah, karena itu seharusnya buat anda yang memeliharanya bisa menangkarnya. Masih jarangnya orang yang pelihara burung punglor yang satu ini, jadikan burung ini menjadi spesial jika dirawat. Terlebih lagi bila sudah gacor atau ngerol. Karena burung anis macan yang disebutkan telah jadi, suaranya dapat tidak kalah indah dari burung keluarganya yakni anis kembang dan burung anis merah.

Ciri-ciri Burung Anis Macan

Ciri-ciri burung ini suaranya juga hampir serupa, serta disebutkan bila burung anis macan ngerolnya gabungan di antara anis merah serta anis kembang.

Ada yang memandang bila burung anis macan ini tidak seseram namanya. Sebab karakter fighternya tidak seberani dengan burung anis merah dan anis kembang. Oleh karenanya orang yang pelihara burung anis macan ini tidak menyertakan tipe burung ini dalam moment lomba.

Sedang untuk Keunikan Burung Anis Macan sendiri mempunyai warna badan yang umumnya berwarna coklat. Namun di bagian bawahnya berwarna putih dan hitam.

Baca Juga : Makanan Tambahan Untuk Burung Kenari Gacor

Selanjutnya mempunyai sisik sisik unik pada tubuhnya dengan warna kuning yang ada di bagian pinggir bulu. Burung Anis Macan ini juga memiliki paruh yang berwarna cokelat gelap.

Lantas di bagian kaki berwarna merah jambu serta yang pasti mempunyai khualitas suara kicauan yang demikian bagus. Jadi burung ini benar-benar disukai atau dicari oleh beberapa penggemar burung kicauan di Indonesia.

Untuk sekarang habitatnya juga mulai terancam oleh perusakan rimba serta penangkapan liar. Namun belumlah ada laporan tentu tentang berapakah jumlahnya populasi, serta besarnya intimidasi pada tipe burung ini.

Karakteristik Anis Macan Dan Habitat Aslinya | admin | 4.5