Karakteristik Burung Kolibri Leher Merah

Burung kolibri ialah tipe burung kecil penghisap nektar yang banyak diketemukan di lokasi Asia. Spesies ini terbagi dalam beberapa macamnya yang mempunyai penebaran lumayan luas. Beberapa jenis burung kolibri di Indonesia telah menjadi cukup populer jadi burung peliharaan. Salah satunya spesies burung-madu ialah burung-madu leher merah.

Burung kolibri leher merah atau Red throated sunbirds (Anthreptes rhodolaemus) adalah tipe burung memiliki ukuran sedang (12cm). Burung jantan serta betina spesies ini dapat dibedakan dari tampilan serta warna tubuhnya. Burung jantan memiliki mahkota serta badan sisi atas berwarna hijau mengkilap, dagu serta penutup sayap atas berwarna merah marun, tenggorokan merah lembut, sedang badan sisi bawah berwarna kuning zaitun. Pada burung betina, badan sisi atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan putih, badan sisi bawah kuning pucat, dengan lingkat mata kecil kekuningan.

Karakteristik Burung Kolibri Leher Merah

Spesies burung kolibri leher merah banyak diketemukan di lokasi hutan-hutan tropis yang ada di dataran rendah sampai ketinggian 500mdpl. Mereka umumnya didapati antara semak serta pohon-pohon kecil di rimba primer serta sekunder, serta seringkali diketemukan di rumpun-rumpun anggrek.

Di Pulau Jawa, akan susah sekali temukan spesies burung kolibri ini, hal tersebut karena burung kolibri leher merah memiliki penebaran di luar Jawa, yakni di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, serta Palawan.

Baca Juga : Jenis Jenis Burung Ciblek

Burung kolibri leher merah adalah tipe burung kolibri yang benar-benar dilindungi sesuai dengan PP No.7 tahun 1999, disamping itu spesies ini masuk dalam daftar merah IUCN dengan status Hampir Terancam (NT).

Ciri Ciri Burung Kolibri Leher Merah

Memiliki ukuran sedang (12 cm. Jantan : mempunyai mahkota serta punggung hijau metalik mengkilap, Dagu serta penutup sayap atas merah marun, tenggorokan merah lembut, perut kuning zaitun. Betina : punggung berwarna hijau zaitun, tenggorokan keputih-putihan, perut kuning pucat, dengan lingkar mata kecil kekuningan.

Baca Juga : Jenis Jenis Burung Anis Di Indonesia

Suara

Kerikan ciri khas serta getaran metalik.

Penebaran

Palawan, Semenanjung Malaysia, Sumatra serta Kalimantan.

Penebaran lokal

Burung yang tidak umum di rimba tropis dataran rendah Sumatra serta Kalimantan sampai ketinggian 500 m.

Baca Juga : Settingan Burung Anis Merah Untuk Perlombaan

Rutinitas

Hidup antara semak serta pohon-pohon kecil pada rimba primer serta sekunder, kadang-kadang mendatangi rumpun anggrek.

Semoga menambah wawasan anda, cinatailah mahluk disekitar kita.

Karakteristik Burung Kolibri Leher Merah | admin | 4.5