Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Black Sunbird

Burung kolibri hitam adalah salah satunya tipe burung kicau dari keluarga Nectariniidae serta Genus Nectarinia atau satu dari beberapa macam burung kolibri yang bisa didapati di Indonesia. Burung yang mempunyai nama latin leptocoma aspasia atau black sunbird dalam bahasa inggrisnya dikenal juga dengan panggilan burung-madu hitam atau lebih diketahui dengan panggilan kolibri black sunbird. Spesies ini adalah burung endemik Indonesia, dengan daerah persebaran terbatas di Sulawesi, Maluku, serta Papua.

Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Black Sunbird

Beberapa ciri Kolibri Hitam, Black Sunbird (Leptocoma Aspasia)

Burung kolibri hitam alias kolibri black sunbird terhitung tipe burung memiliki ukuran kecil dengan panjang badan seputar 11 sampai 11,5 cm dengan berat badan seputar 8 gr. Corak warna bulunya terlihat didominasi warna hitam yang kelihatan dibagian bagian muka, tenggorokan, punggung, sayap, dada, perut, tunggir, serta ekornya. Ada pula warna biru keunguan cerah kelihatan dibagian bagian pangkal sayap serta sisi atas ekornya. Di bagian mahkota kepalanya terlihat diselimuti warna hijau cerah yang cukup kemilau. Bentuk paruhnya yang berwarna kehitaman memiliki ukuran lumayan panjang dengan sisi ujungnya cukup meliuk. Kakinya yang berwarna hitam pekat kelihatan cukup kurus serta memiliki ukuran sedang dengan kuku yang cukup panjang. Ekornya yang berwarna kehitaman memiliki ukuran cukup panjang serta cuma terbagi dalam beberapa helai bulu saja.

Baca Juga : Karakteristik Burung Kolibri Kelapa

Ciri Ciri Fisik Burung Kolibri Black Sunbird Jantan Serta Betina :

Burung Jantan :

  • Warna bulu di tubuhnya banyak di supremasi warna hitam
  • Mempunyai warna bulu di bagian mahkotanya berwarna hijau
  • Dibagian tenggorokan berwarna ungu
  • Sama dengan contoh gambar di atas

Burung Betina :

  • Warna bulu di tubuhnya banyak di supremasi warna hijau zaitun
  • Di bagian warna bulu di kepala berwarna abu-abu
  • Butuh anda tahu saat anda pilih bahan trotolan anakan jantan dari burung Burung Kolibri Black Sunbird tentu saja anda harus pilih burung yang telah memberikan sinyal jantan. dimana burung yang pastinya jantan telah mulai ada warna bulu trotol, walau cuma satu helai saja.

Pesebaran serta Ras Kolibri Hitam

Penebaran burung yang namanya latin Leptocoma Sericea ini ada dibagian timur Indonesia. Mengenai wilayah sebagai habitat masih burung Madu mungil ini termasuk lumayan luas yang mencakup Sulawesi utara, Togian, Butung, Labuan Belanda, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Pulau Konya, Papua Barat, Pulau Kofiau, Pulau Buru, Seram, Ambon, Nusa Laut, Kepulauan Aru, Kepulauan Kai, Pulau Tarawai, serta sisi tenggara Papua. Burung kolibri hitam ada 23 sub-spesies yang diketahui dengan pesebaran tidak sama ;

Baca Juga : Habitat Dan Karakteristik Burung Kolibri Ninja

L. a. grayi (Wallace, 1865) – Sulawesi, terhitung pulau-pulau kecil Manado tua, Bangka serta Lembeh.
L. a. porphyrolaema (Wallace, 1865) – Sulawesi, terhitung Togian, Muna, Butung serta Labuan Belanda.
L. a. sangirensis (A. B. Meyer, 1874) – pulau Sangihe, Siau serta Wanua Ruangan
L. a. talautensis (A. B. Meyer & Wiglesworth, 1894) – Talaud.
L. a. auriceps (G. R. Gray, 1861) – Morotai, Halmahera, Ternate, Tidore, Mare, Cacian, Kasiruta, Bacan, Dapat, Obi, Damar, Muor serta Gebe; Banggai serta Sula
L. a. auricapilla (Mees, 1965) – Kayoa.
L. a. cochrani (Stresemann & Paludan, 1932) – Papua Barat, Waigeo, Misool.
L. a. mariae (Ripley, 1959) – Kofiau.
L. a. proserpina (Wallace, 1863) – Buru.
L. a. aspasioides (G. R. Gray, 1861) – Seram, Ambon, Nusa Laut, Watubela serta Aru.
L. a. chlorolaema (Salvadori, 1874) – Kei.
L. a. aspasia (Lesson & Garnot, 1828) – Papua Nugini terhitung pulau Manam, Karkar, Adi, Gag.
L. a. maforensis (A. B. Meyer, 1874) – Numfor papua nugini.
L. a. mysorensis (A. B. Meyer, 1874) – Biak di Teluk cendrawasi serta Schouten.
L. a. nigriscapularis (Salvadori, 1876) – Mios Num serta Rani di Teluk cendrawasih.
L. a. salvadorii (Shelley, 1877) – Yapen serta teluk cendrawasih.
L. a. veronica (Mees, 1965) – Liki, Papua Nugini.
L. a. cornelia (Salvadori, 1878) – Tarawai, Papua Nugini.
L. a. corinna (Salvadori, 1878) – Pulau Bismarck.
L. a. eichhorni (Rothschild & E. J. O. Hartert, 1926) – Feni, Irlandia Baru, Papua Nugini.
L. a. caeruleogula (Mees, 1965) – Umboi
L. a. vicina (Mayr, 1936) – Papua Nugini
L. a. christianae (Tristram, 1889) – Trobriand, Kepulauan D’Artrecasteaux, Woodlark serta Kepulauan Louisiade (Tagula serta Misima), di terlepas pantai Papua Nugini.

Habitat serta Kebolehan kolibri hitam

Disamping itu, di macam tempat sisi Indonesia timur yang banyak ditempati burung Madu Hitam umumnya ada di rimba dataran rendah sampai ruang pegunungan dengan ketinggian sampai 1200 mtr. di atas permukaan laut. Ruang rimba sebagai tempat tinggalnya biasanya ialah rimba kanopi, tepian rimba, kebun, serta rimba mangrove.

Di alam liar umumnya burung Madu Hitam seringkali berkunjung ke tanaman yang sedang berbunga lebat yang berada di rimba. Maksudnya pasti untuk cari makananana

Makanan Kesukaan Kolibri Hitam

Makanan kolibri hitam alias makanan kolibri black sunbird berbentuk nektar bunga atau artropoda yang gampang diketemukan di sekitaran dedaunan. Disamping itu, seperti tipe burung Madu yang lain rutinitas terbang yang dilakukan adalah dengan terbang rendah mengelilingi kelopak bunga yang nanti akan diisap sari bunganya.

Habitat Dan Karakteristik Burung Kolibri Ninja

Suara Kolibri black sunbird

Ciri kicauan burung Madu Hitam sebetulnya tidak kalah tidak sama dengan tipe burung Madu yang lain yaitu terdengar merdu serta beragam. Suara kicauannya mempunyai irama tempo yang termasuk cukup cepat tetapi dinyanyikan dengan meningkatkan turunkan suara dengan teratur. Disamping itu, volume suaranya tidak tinggi serta dibagian tengah kicauannya terkadang diselingi dengan suara getaran yang membuat suara kicauannya lebih memiliki irama. Waktu kicauannya termasuk cukup lama yang bisa sampai lebih dari 30 detik.

Baca Juga : Anis Kuning

Musim Kawin Kolibri black sunbird

Saat musim kawin kolibri ini datang seputar Agustus serta September di Sulawesi, Maret serta Mei sampai Januari di pulau-Papua Nugini, serta Mei di Irlandia Baru, Papua nugini. Mengenai sarang yang dibuat oleh kolibri hitam mempunyai bentuk seperti kantung yang berbahan datang dari rumput serta jaring laba-laba dan letakknya di taruh menggangtung di atas pohon. Kopling penuh ialah 2 butir telur.

Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Black Sunbird | admin | 4.5