Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Sriganti

Burung madu sriganti adalah salah satunya tipe burung madu yang kehidupannya ada di alam liar mendapatkan perlindungan dari pemerintah. Keunikan burung madu sriganti yang unik ini jadikan burung ini dilarang untuk diamankan atau diperjualbelikan. Tetapi untuk tipe burung pemakan nektar ini mempunyai suara yang terdengar keras dan merdu. Dengan begitu, burung ini benar-benar pas untuk jadikan suara masteran untuk burung kicauan.

Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Sriganti

Ciri Ciri khas Burung Kolibri Sriganti

Mengenai keunikan burung madu sriganti (Cinnyris jugularis) ini bukan hanya diketahui mempunyai ukuran badan yang kecil, tetapi mempunyai tampilan yang menarik.

Untuk warna badan burung madu sriganti ini terdiri atas beberapa warna. Salah satunya yakni warna kuning, hijau zaitun, ungu kehitaman metalik, serta ada pula warna cokelat.

Baca Juga : Perawatan Burung Kolibri Agar Cepat Gacor Dan Ngobra

Warna kuning kelihatan tutupi ruang bawah tubuhnya. Yang mana mulai dari sisi pangkal perut sampai di bagian tunggir.

Untuk warna hijau zaitun ada juga di bagian atas tubuhnya dari mulai kepala, tengkuk, punggung, s/d sisi sayapnya.

Sedang di bagian tenggorokan serta dadanya ada warna ungu kehitaman metalik. Selanjutnya untuk warna cokelat ada di bagian depan muka dan sisi pangkal sayapnya.

Keunikan burung madu sriganti yang lain yakni di bagian paruhnya yang berwarna hitam dengan ukuran yang lumayan panjang.

Baca Juga : Karakteristik Dan Habitat Anis Cendana

Paruhnya yang panjang itu memiliki bentuk tipis serta lancip di bagian ujungnya. Sisi lehernya mempunyai ukuran yang cukup panjang.

Sisi matanya kelihatan besar dengan warna kehitaman. Tidak itu saja, ciri-ciri burung madu ini populer ribut dengan suara kicauannya bersama dengan kawanannya.

Saat burung itu berada di atas ranting pohon biasanya senang berpindah-pindah ke pohon lain. Maksudnya untuk cari bunga yang mempunyai kandungan nektar dan buah-buahan.

Burung kolibri sriganti atau sogok ontong dalam bahasa Latin Nectarinia jugularis ialah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Nectarinia. Burung ini adalah tipe burung pemakan nektar yang didapatkan dari sari pati bunga, tumbuhan serta buah dan mengonsumsi serangga memiliki ukuran kecil.

Baca Juga : Perawatan Mudah Anis Kembang Cepat Gacor Ngerol

Sejumlah besar burung kecil yang indah ini biasa kita temui karena mempunyai habitat di pekarangan,kebun,semak pantai serta rimba mangrove.Burung kolibri sriganti mempunyai badan memiliki ukuran kecil sekitar 8-10cm serta memiliki paruh lancip meliuk dan panjang jadi keunikan burung pemakan nektar,hidup berkelompok,berdarah panas, serta bertumbuh biak dengan bertelur.

Kolibri sriganti jantan mempunyai ciri warna pada badan sisi bawah kuning jelas,Dagu serta dada berwarna ungu metalik mengkilat,Punggung hijau zaitun.

Kolibri sriganti Betina mempunyai warna badan sisi bawah kuning tanpa ada warna ungu pada dagu serta dada,alis umumnya kuning muda. Irislah coklat tua,paruh hitam, kaki hitam serta Seringkali ribut dalam barisan kecil.

Wilayah Persebaran Burung Madu Sriganti

Keunikan burung madu sriganti dengan badan kecil yang tidak kalah tidak sama dengan tipe burung madu yang lain. Panjang burung ini cuma seputar 10 cm saja.

Wilayah persebaran burung ini ada di lokasi rimba Indonesia. Namun ada juga di beberapa negara yang lain. Diantaranya seperti di Tiongkok, Australia, Myanmar, Thailand, Filipina, Malaysia, dan di Bangladesh.

Selanjutnya untuk wilayah penebaran burung madu ini, bila di rimba Indonesia ada di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan berada di pulau yang lain.

Habitat Burung Madu Sriganti

Burung ini seringkali dinamai burung sogok ontong. Saat ada di alam liar biasanya menempati ruang rimba terbuka yang ada di dataran rendah s/d di pegunungan.

Tidak cuma hanya itu, tipe burung madu ini sering kelihatan hidup dengan berkelompok dan ada di ruang perkebunan.

Disamping itu seringkali kelihatan berada di pekarangan rumah, taman, semak belukar, serta rimba mangrove.

Untuk tipe makanan yang sering dimakannya juga bukan hanya datang dari nektar atau sari bunga saja.

Tetapi, burung ini makan buah pepaya, mengkudu, dadap, dan serangga kecil.

Suara Burung Madu Sriganti

Kicauan burung madu ini termasuk merdu serta keras dengan dapat keluarkan suara memiliki volume lumayan tinggi.

Bahkan bukan hanya terdengar melengking, tetapi kicauannya terdengar memiliki irama dengan suara awal yang datar.

Selanjutnya diikuti dengan suara yang setelah itu bertempo cukup rapat seperti dengan suara crecetan dan shooting.

Keunikan burung madu sriganti ini mempunyai suara yang tetap diulang dengan terus-terusan. Tetapi ada juga macam kicauannya, hingga tidak demikian monoton.

Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Sriganti | admin | 4.5