Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Wulung / Muncang

Kolibri wulung adalah satu dari tipe burung kolibri yang berada di Indonesia dari keluarga Nectariniidae serta genus dari Chalcoparia. Burung yang namanya latin Chalcoparia singalensis atau Ruby-Cheeked Sunbird dalam bahasa inggrisnya ini tidak hanya di ucap dengan burung-madu belukar atau kolibri muncang ini mempunyai nama yang tidak sama di setiap wilayah seperti Isap madu (Pontianak), Tomi-tomi kaminji (Buton), Kensit Utan (Ketapang). Kolibri wulung sama juga dengan kolibri sepah raja, dimana saling masuk ke daftar burung yang dilindungi. Bila kicaumania patuh hukum, kita tidak perlu harus pelihara burung-madu untuk memaster anis merah, anis kembang, pleci, kacer, serta burung kicauan yang lain. Ditambah lagi pada masa saat ini, kita dapat memperoleh suara burung-madu berbentuk file audio mp3, hingga tidak harus pelihara burung dilindungi itu.

Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Wulung / Muncang

Baca Juga : Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Black Sunbird

Beberapa Ciri Kolibri Wulung

Burung kolibri wulung terhitung burung memiliki ukuran kecil dengan panjang badan seputar 10 sampai 11 cm dengan berat seputar 8,2 sampai 9,1 g untuk jantan serta betina seputar 8,6 g. Kolibri wulung mempunyai warna bulu yang berwarna-warni. Jantan: mahkota serta badan sisi atas hijau tua mengkilap, pipi merah tua, perut kuning, tenggorokan serta dada coklat-jingga. Betina: badan sisi atas zaitun kehijauan, badan sisi bawah seperti jantan, tapi lebih pucat. Irislah coklat-merah, paruh hitam, kaki hitam kehijauan.

Penebaran Serta Ras

Dengan global, kolibri wulung ada 11 sub-spesies yang di mengaku dengan pesebaran tidak sama yang mencakup Nepal sampai Cina barat daya , Asia tenggara, Semenanjung Malaysia serta Sunda Besar (Sumatra, Kalimantan, Jawa).

Baca Juga : Perawatan Mudah Anis Kembang Cepat Gacor Ngerol

assamensis Kloss, 1930 – Nepal (Chitwan), India, Bangladesh, Myanmar, Thailand; China Selatan (Yunnan).
internota (Deignan, 1955) – Myanmar & Thailand selatan (sampai Isthmus of Kra).
interposita Robinson & Kloss, 1921 – Semenanjung Thailand, sisi selatan Isthmus of Kra.
koratensis Kloss, 1918 – Thailand Timur & Indochina.
singalensis (J. F. Gmelin, 1789) – Semenanjung Malaysia, dari Perak ke selatan.
sumatrana Kloss, 1921 – Sumatra & Belitung.
panopsia Oberholser, 1912 – Kepulauan di pesisir barat Sumatera.
pallida Chasen, 1935 – Kep. Natuna Utara.
borneana Kloss, 1921 – Kalimantan.
bantenensis (Hoogerwerf, 1967) – Jawa Barat.
phoenicotis (Temminck, 1822) – Jawa Tengah & Jawa Timur.

Habitat Serta Makanan Kolibri Wulung

Tipe dari Burung Kolibri Wulung atau seringkali di ucap dengan Burung Kolibri Muncang ini memiliki keindahan dari sisi warna bulu di tubuhnya, yang mana warna bulu di tubuhnya jika tersinar cahaya matahari akan kelihatan pancarkan kemilau warna – warna metalik yang mengkilap. di habitat aslinya di alam bebas burung kolibri wulung ini dapat kita dapatkan di perkebunan kelapa dan sisi pinggir pohon cemara sambil mengincar bunga – bunga yang sedang mekar buat ereka hisap sari – sari nektarnya. oleh karenanya saat burung dipelihara di sangkar pasti untuk tipe makanan yang perlu diberikan ialah makanan berbentuk menuman yang mempunyai rasa yang manis seperti nektar atau madu. tentu saja tidak cuma hanya itu tipe dari makanan yang dapat diberikan pada burung kolibri wulung ini, tentu saja pakan serangga kecil berbentuk ulat, kroto, laba – laba kecil tentu saja mereka gemari.

Burung kolibri ini menyebar luas, tapi tidak umum di dataran rendah, rimba mangrove serta rimba perbukitan, terhitung di pulau-pulau kecil. Hidup sendirian atau berpasangan, terkadang masuk dengan tipe burung lain. Lebih suka pada tepi rimba, tumbuhan bawah, perkebunan kelapa serta rimba cemara, cari serbuk sari untuk dikonsumsi. Di alam liar, burung kolibri ini mengonsumsi nektar, madu, buah kecil, serangga kecil, serta ulat. Saat musim kawin datang, burung ini bertelur 2 sampai 3 butir yang dierami seputar 18 hari serta ditempatkan pada sarang ciri khas burung madu yang bergantung pada vegetasi lebat.

Sponsor by :

Incoming search terms:

  • kowul mabung
  • mengenal karakter dan habitat Kolibri wulung
Karakteristik Dan Habitat Burung Kolibri Wulung / Muncang | admin | 4.5