Melatih Anis Merah Mandi Keramba

Burung Anis Merah pada dasarnya adalah burung yang hidup dihabitat yang dingin dan cenderung lembab atau dan basah, jadi Anis Merah pada dasarnya betul-betul suka mandi. Tapi memang karena sejumlah besar Anis Merah ditangkap waktu piyikan usia dibawah 3 minggu karenanya perlu kita lakukan dengan bertahap untuk mengajari dia Mandi Karamba.
Ada yang mengajarkan sejak masih trotol sampai Anis Merah nya sendiri jadi mudah dan terbiasa untuk mandi Mandi Karamba waktu dewasa kelak.

Baca Juga : 15 Cara Simple Merawat Anis Merah Trotol

Untuk menyikapi ini terdapat beberapa langkah / tutorial yang berpeluang bisa kita coba untuk membantu membujuk Anis Merah itu ingin masuk dan mandi dalam karamba atau agar mereka ingin nikmati pekerjaan mandi karamba itu sampai akan mempermudah kita dalam proses memandikannya. Baca beberapa langkah berikut :

  • Pintu untuk keluar masuk pada sangkar mempunyai ukuran cukup besar agar burung bebas keluar sangkar harian dan masuk kekaramba, dan benar-benar aman agar tidak malah jadi kesempatan burung untuk menerobos dan kabur, pakai karamba dengan bahan kayu atau bambu untuk belajar, karena karamba type ini tidak berbeda biasanya dengan sangkar harian sampai burung tidak merasai waswas atau ketakutan, tidak sama juga dengan sangkar mempunyai bahan logam ditambahkan yang terhitung mengkilat, bisa betul-betul mengubah keberanian burung yang ingin di sampai mandi di karamba. Tangkringan di karamba tidak mempunyai ukuran demikian besar dan benar-benar terlihat jelas oleh burung / tidak semuanya terendam di air, dan usahakan berwarna alami atau warna kayu, bukan plastik atau dan logam yg dipakai.
  • Bisa dicoba pancing burung untuk masuk karamba dengan memberikan EF kegemaran mereka dalam karamba mandi dengan awalannya membuat burung dalam keadaan lapar.
  • Berikan air sedikit dalam karamba sehinga burung tidak malah ketakutan dengan melihat adanya air yg banyak atau air yang dalam didalam keramba.
  • Letakan burung yang akan kita mandikan dekat dengan karamba atau dekatkan dengan burung lain yang sedang mandi karamba, dengan harapan burung bisa melihat atau mencontoh dan berharap dapat tertarik untuk ikut mandi setelah lihat burung yang lain sedang mandi, untuk Anis Merah trotolan atau Anis Merah baru lepas trotol, hal terbagus adalah saling melihat Anis Merah lain yg sedang mandi.
  • Semprot halus dulu burung yang akan kita berikan mandi karamba ini dalam sangkar setiap hari lebih dulu agar burung terangsang dengan sentuhan air dan ada kemauan untuk mandi, baru selanjutnya tempelkan sangkar harian dengan karamba pintu dengan pintunya, dan coba kita tinggal cukup jauh sekejap agar burung ingin masuk dalam karamba yang sudah berisi EF , cek semua lubang aman dan tidak memungkinkan burung untuk kabur.
  • Coba letakkan karamba ditanah agar kondisi lebih berupa alami dan menarik untuk dia mandi.
  • Berikan cepuk besar pakan ayam berisi air dalam sangkar harian untuk mengajarkan burung mandi dulu dari sana sebelum benar-benar burungmau mandi dalam karamba.
  • Baca juga : extra fooding untuk anis merah beserta ungsinya
  • Untuk burung anis merah yang masih termasuk muda saya suka membantu dengan memakai lidi atau ranting kecil untuk menggiring dia ingin keluar sangkar dan masuk dalam karamba dengan catatan jangan terlalu dipaksa agar burung tidak stress. Yang paling mudah adalah sangkar harian dengan pintu yang ada didasar sangkar dan bukan pintu yg ada ditengahnya, karena anis merah sering langsung reflex turun kedasar sangkar, jika pintu dibawah dia semakin mudah untuk dapatkan jalan masuk karamba.
  • Untuk burung trotol, saya pertama kali pegang burungnya dengan tangan dan masukan dalam karamba dengan tangan waktu pertama kali, dan waktu selesai mandi saya biarkanlah dia masuk sendiri dalam sangkar setiap hari, jika dia tidak bisa dapatkan pintu keluar di karamba, kita menolong dengan lidi atau ranting kecil, dengan ini setelah sesering mungkin dilakukan berharap anis merah mulai suka mandi dan biasanya dia akan ingin keluar sangkar harian dan masuk sendirinya dalam karamba.

Tapi harus diingat tidak untuk memaksakan burung agar ingin mandi, tapi bertahap dan penuh kesabaran dan telaten. Selamat mencoba semoga berhasil. Baca juga : pertumbuhan trotol anis merah sampai dewasa

Melatih Anis Merah Mandi Keramba | admin | 4.5