Mempercepat Anis Merah Susah Mabung

Merawat anis merah memang hoby yang mengasikan dan juga penuh dengan risiko, banyak diketauhi oleh anda jika anis merah adalah burung dengan sejuta tradisi, sejuta ciri-ciri serta burung yang termudah sekali memperoleh stress. Kedatangan anis merah di dunia perkicauan memang fantastis, anis merah salah satu tipe burung yang dapat secara cepat memikat banyak gacormania dengan telernya. Sekarang anis merah tetap sama dengan penghobi yang telah berusia serta telah cakap dalam menjaga burung, tetapi tidak dapat dipungkuri generasi muda memulai ramai terjun untuk menjaga burung yang memiliki badan professional ini. Sedikit yang mengetahui bagaimanakah cara menjaga anis merah waktu mabung atau waktu dalam waktu rontok bulu.

Dikesampatan saat ini saya sedikit akan membagian info bagaimana triknya supaya anis merah anda yang mengalami rontok bulu dapat secara cepat mengubah bulunya kembali serta mengakhiri tersisa rontoknya. Tahukah anda jika anis merah adalah satu dari demikian tipe burung yang memiliki banyak nama, nama yang pertama tentunya anis merah ini ditujukan supaya mengenalinya dari ciri fisiknya walau pada intinya tidak mutlak warnanya merah, jingga bersatu dengan coklat ke orange-orangean. Anis merah di Cirebon seringkali di ucap dengan manuk ceker embek. Nama ini karena seringkali kelihatan di kandang ternak sekalian mengorek-ngorek cacing. Sedang di Boyolali anis merah diketahui jadi burung Kidangan, selain itu di jawa Timur kicau mania seringkali mengatakan anis boto, anis bata, punglor merah atau punglor abang.

Baca Juga : Fakta Burung Anis Merah

Rontok bulu adalah factor alam yang tidak dapat dihindari pada burung, namun ada yang penting dipercepat supaya bisa kembali pada lapangan kontes ada pula dibiarkan dengan alami tetapi tentunya akan memerlukan waktu yang benar-benar lama. Untuk tumbu tunas yang baru sesudah rontok bulu umumnya dapat habiskan waktu kira-kira dua bulan, maka benar-benar disayangkan bila anis merah anda jadi ATM nyatanya harus vakum lama di dunia kontes.

Pemicu Anis Merah Mabung Lama :

  1. Pernah memandikan anis merah waktu mabung.
  2. Menjemur anis merah waktu mabung.
  3. Kurang dikerjakan full krodong waktu mabung.
  4. Pemberian EF protein yang terlalu berlebih atau begitu kurang.
  5. Pemberian vitamin yang kurang.
  6. Pemberian multimineral yang kurang.
  7. Kandang atau sangkar yang kotor.
  8. Tingkat depresi yang begitu tinggi.
  9. Kurus atau kurang makan.
  10. Sedang sakit atau tubuh yang kurang bugar.
  11. Permasalahan hormone atau kulit pada anis merah.

Cara normal yang dapat percepat bulu pada anis merah rontok :

  • Beri vitamin perontok bulu sesuai dosis saran
  • Beri kroto makin banyak dari umumnya
  • Mandikan dua hari sekali, bila ingin bulu yang dikeluarkan semakin bagus serta dapat juga hilangkan kutu pada bulu anis anda gunakanlah SHAMPO JATIJAJAR yang menolong proses percepat tumbuhnya tunas pada bulu yang rontok.
  • Tutuplah rapat-rapat sangkar anis merah anda selama seharian dalam keadaan sangkar yang bersih dari kotoran.
  • Pekerjaan rontok bulu akan kuras tenaga anis merah anda untuk masih bugar gunakanlah EBOD VIT yang digabung ke air minumnya lima tetes supaya stamina tubuhnya tercukupi.
  • Letakkan sangkar terlepas dari matahari atau dapat di rumah serta dengan keadaan yang sedikit gelap/redup.
  • Jauhkan dari suara yang dapat membuat anis merah anda stress hingga perlambat proses rontok bulu. Baca juga : tips memilih trotol anis merah juara
  • Jauhkan dari suara burung lainnya.
  • Anis merah yang sedang rontok bulu umumnya berhenti bunyi maka supaya kicauannya tidak hilang anda sebaiknya pakai EBOD JOSS vitamin penggacor burung yang dapat merangsang burung anda berkicau. Cukup beri tiga hari sekali yang digabung ke air minumnya.
  • Rontok bulu memiliki dua ciri-ciri ada yang sebab unsur alam atau sebab burung anda stress dan konsumsi gizi yang tidak mencukupi dan dari cuaca yang exstrim. Ada pepatah yang menjelaskan sedia payung sebelum hujan maka lebih baik terhindar dari pada menyembuhkan, untuk menahan anis merah anda drop saya anjurkan pakai EBOD VIT sehari-harinya, vitamin harian burung dengan beberapa nutrisi yang baik untuk burung anda.
  • Memberi Multimineral
    Waktu waktu mabung, zat mineral benar-benar dibutuhkan untuk anis merah sebab di babak ini, mabung akan mengonsumsi banyak nutrisi seperti zat besi biasanya. Karena itu, rutinlah memberi multimineral seperti Bird Mineral. Pemberiannya tidak bisa bolong-bolong. Saat mabung, beri sekitar 3 – 4 kali dalam satu minggu untuk menangani lambannya mabung. Baca juga : anis merah over birahi
  • Pemberian Multivitamin
    Sama juga dengan multimineral, vitamin juga penting untuk menolong menangani mabung yang kelamaan. Nutrisi yang dibutuhkan waktu mabung itu banyak, terutamanya untuk protein. Oleh karena itu waktu anis merah sedang mabung, lebih baik beri makanan yang lumayan banyak terutamanya makanan dengan penuh protein dan vitamin seperti buah dan EF jangkrik, ulat hongkong, serta yang lain.
  • Tidak Butuh Dimandikan
    Mandi tidak dibutuhkan dalam waktu mabung sebab dapat membuat mabungnya jadi rusak. Disamping itu, mandi pun tidak pas dengan kondisi kulit yang sedang mabung. Waktu anis sedang mabung, tak perlu dimandikan, serta terkena air juga tidak dibolehkan. Udara panas badan waktu mabung akan terpancar jelas, oleh karena itu bila terkena air yang sifatnya sejuk pasti tidak baik.
  • Tidak Perlu Dijemur
    Sama seperti dengan mandi, lebih baik tak perlu dijemur sebab dapat tingkatkan birahi. Birahi yang begitu tinggi tidak baik untuk anis merah yang sedang mabung serta dapat membuat mabungnya tidak usai. Tetapi ada pula yang nekat untuk menjemur anis merahnya sebab ingin merontokkan kutunya. Walau demikian, waktu penjemuran cuma 15 menit saja. Semuanya bergantung seperti apa ciri-ciri anis merah Anda. Baca juga : perbedaan trotol anis merah jantan dan betina
  • Full Krodong
    Waktu anis merah sedang mabung, lebih baik kerjakan full krodong. Full krodong menolong untuk mengubah konsentrasi anis merah ke proses merontokkan bulu hingga mabungnya juga bertambah cepat. Tetapi seharusnya jangan dikerjakan full krodong sering sebab dapat membuat anis merah jadi depresi. Waktu mabung jadi waktu yang sensitive, jadi anis merah bisa saja benar-benar gampang depresi.
  • Pemberian Protein yang Baik
    Waktu waktu mabung, pemberian protein sangat penting sebab sejumlah besar waktu mabung membutuhkan protein yang banyak. Oleh karena itu minimnya pemberian protein pada kroto, ulat hongkong, serta jangkrik dapat membuat anis merah lamban mabung. Untuk menanganinya, Anda bisa tingkatkan sedikit bagian EF serta kroto supaya penuhi konsumsi protein pada tubuh anis merah. Namun lihat ukuran serta sesuikan dengan ciri-ciri anis merah supaya tidak over birahi. Baca juga : manfaat terapi sauna untuk burung
  • Bersihkan Sangkar Dengan Teratur
    Bila sangkar kotor, kemungkinan akan membuat anis merah Anda macet mabung. Ini sebab anis merah Anda tidak merasakan nyaman dengan kondisi sangkar Anda. Disamping itu, sangkar yang bersih menghindari anis merah dari beberapa penyakit karena bakteri yang bertumbuh biak lewat kotoran yang menimbun. Waktu pembersihan sangkar yang baik ialah pagi atau sore hari di cuaca sejuk. Pembersihan sangkar minimum 2 – 3 kali dalam satu minggu. Tetapi waktu mabung, lebih baik membersihkan tiap hari minimum 1 kali satu hari.
  • Tempat Peletakan Sangkar yang Baik
    Untuk menolong percepat waktu mabungnya, letakkan sangkar anis kembang dalam tempat yang sejuk, jangan begitu lembab tetapi jangan dalam tempat kering atau panas. Lihat seputar, jangan letakkan anis merah yang sedang mabung dalam tempat ramai manusia sebab dapat mengganggu konsentrasinya untuk mabung. Lihat keamananan seputar sangkar. Jangan dibiarkan hewan pengganggu seperti kucing, anjing, tikus, serta yang lain mengganggu mabung anis merah Anda.
  • Berkelanjutan serta Sabar
    Terkadang waktu mabung memakan waktu yang lama bila berlangsung kemacetan. Waktu umumnya seputar 3 – 4 minggu saja. Tetapi bila macet, dapat memerlukan waktu beberapa bulan serta hal tersebut bukan hal normal. Oleh karena itu untuk dapat menyelesaikan mabung anis merah, Anda harus sabar serta berkelanjutan dalam perawatan. Janganlah sampai agenda yang Anda telah tentukan dilanggar sendiri. Baca juga : penjelasan kenari f1 f2 f3 f4 afs fs
  • Training Mental Supaya Tidak Depresi
    Jadi langkah mencegah supaya tidak alami waktu mabung panjang di lain kali, latih anis merah Anda untuk mempunyai mental supaya tidak selamanya depresi sebab depresi terlalu berlebih akan membuat anis merah Anda mabung dalam tempo yang lumayan lama. Tentunya pemberian EF serta makanan yang lain seperti voer harus Anda latih serta cocokkan dengan ciri-ciri anis merah Anda.

Baca Juga : Pertumbuhan Trotol Anis Merah Sampai Dewasa

Sekian dan terimkasih semoga bermanfaat.

Mempercepat Anis Merah Susah Mabung | admin | 4.5