Penyakit Pada Anis Merah Dan Cara Mengobatinya

Burung anis merah yang ditangkarkan di kandang juga tidak lepas dari serangan penyakit. Dari mulai penyakit yang mudah sampai penyakit yang bisa membuat kematian. Oleh karenanya, Anda harus tahu langkah menangani penyakit yang menyerang anis merah.

Depresi / Stres

Depresi adalah satu reaksi yang diakibatkan karena desakan yang berlangsung pada fisik serta mental atau diantaranya. Depresi berawal dari otak serta dilanjutkan oleh hormon, menyebar ke anggota badan yang lain.

Depresi yang berlangsung pada burung anis merah bisa dikarenakan oleh beberapa unsur. Beberapa faktornya ialah burung digenggam atau diambil dari dalam sangkar dengan tangan, perubahan cuaca yang berlangsung dengan tiba-tiba, masalah dari lingkungan seperti binatang pengganggu, masalah dari parasit, kekurangan zat gizi, rontok bulu bekepanjangan, serta lakukan kontes berulang-kali pada sebuah hari yang sama.

Baca Juga : Perawatan Anis Merah Mabung Agar Cepat Tuntas

Beberapa ciri burung terserang depresi ialah nafsu makan kurang, kelihatan resah, dan kualitas kicauan alami penurunan serta mendadak berhenti untuk berkicau.

Langkah untuk menghindarkan depresi ialah tutup sangkar serta tempatkan dalam tempat yang sejuk, berikan obat antistres, jauhkan dari masalah berisik serta masalah burung yang lain, berikan pakan yang fresh serta bergizi, dan pertemukan dengan burung betina lebih lama.

Masuk Angin

Masuk angin bisa diakibatkan sebab keadaan cuaca yang jelek. Tanda-tanda yang dtimbulkan ialah burung kelihatan lesu, nafsu makan jauh menyusut, matanya tetap terpejam, serta tidak ingin berkicau. Pengobatannya bisa dikerjakan dengan pemberian obat spesial burung seperti Tetra Chlor serta Coccilin.

Endoparasit

Endoparasit adalah parasit yang berada di pada tubuh. Jika burung telah terserang parasit ini, burung akan berhenti berkicau dalam tempo yang lama. Disamping itu, napas yang keluar terdengar seperti ngorok sebab susah untuk bernapas.

Mencegah yang bisa dikerjakan ialah memperhatikan pakan fresh burung. Diantaranya ialah cacing. Pilih cacing bermutu baik serta sebelum diberi harus dicuci terlebih dulu. Jika ingin memberi pakan seperti siput atau keong merah, rendam terlebih dulu di air hangat untuk membunuh larva cacing.

Bola Mata Sisi Tengah Memutih / Katarak

Penyakit ini disebutkan ngletis mempunyai beberapa ciri mata memerah, kelopak mata membengkak, mata berair, sisi tengah mata memutih, serta seiring waktu berjalan selaput putih di matanya akan menebal serta beralih warna jadi keabu-abuan. Penyakit ini dikarenakan oleh virus yang menyerang bola mata.

Untuk menahan anis merah tidak alami insiden semacam ini, Anda harus memperhatikan kebersihan kandang burung.

Baca Juga : Penyebab Mata Katarak Anis Merah

Semoga bermanfaat.

Penyakit Pada Anis Merah Dan Cara Mengobatinya | admin | 4.5