Perawatan Anis Cendana Cepat Gacor

Anis cendana (Zoothera peronii) memanglah belum sepopular saudara-saudaranya dari keluarga punglor, seperti anis merah, anis kembang, serta anis macan (anis ampenan). Suara kicauan anis cendana hampir sama seperti anis kembang serta anis macan, yaitu dengan mempunyai ciri suara atau tipe kicauannya yang ngerol. Burung ini memiliki volume suara cukup keras, serta dapat mengikuti suara burung yang lain dengan benar-benar baik (mimikri).

Perawatan Anis Cendana Cepat Gacor

Tidak diketahui dengan tentu, kenapa burung ini tidak segera populer seperti tiga spesies lain dari marga / genus Zoothera: anis merah, anis kembang, serta anis macan. Walau sebenarnya, kualitas suaranya hampir sama dengan AK serta anis macan.

Baca Juga : Perawatan Anis Macan Gacor

Apa ini sebab anis cendana adalah merupakan burung endemik dari lokasi timur Indonesia, khususnya Kepulauan Banda serta Flores? Tidak ! Kenyataannya, anis macan juga adalah burung endemik di Bali serta Nusa Tenggara, tetapi seringkali dilombakan di lokasi itu dibanding anis cendana.

Bisa jadi, sejumlah besar gacormania yang terkonsentrai di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi lebih pilih burung yang gampang ada di pasar burung. Harga juga relatif lebih jelas, hingga bila ingin menjualnya kembali tidak kewalahan. Perihal ini pula yang tidak didapati pada anis cendana. Walau sebenarnya, dibanding dengan anis merah sebagai salah satu keluarga punglor yang masih bertahan jadi burung kicauan favorite, perawatan anis cendana malah lebih sederhana alias tidak susah.

Perawatan anis cendana dapat disebut hampir sama juga dengan perawatan anis kembang serta anis merah. Tetapi ciri-khasnya lebih tahan banting (tidak gampang depresi), hingga mempermudah burung ini untuk cepat berkicau.

Untuk perawatan harian diperlukan beberapa skema rawatan serta pemberian pakan yang pas, hingga bisa merangsang burung cepat bunyi. Misalnyapengembunan, pemberian cacing tanah serta kroto, dan mandi teratur sehari-harinya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Anis Siberia Agar Gacor

Untuk lebih detilnya, di bawah ini perawatan harian standard untuk burung anis cendana :

Jam 04.45 :

Burung dikeluarkan dari rumah untuk diembunkan. Pengembunan mempunyai tujuan percepat proses ngeplong, dan memberikan peluang pada burung untuk menanti keluar matahari, dan mendapatkan cahaya mentari pagi, yang benar-benar memengaruhi keadaan mentalnya.

Pada saat pengembungan, burung dapat dikasih 2 ekor cacing tanah. Sebelum diberi, cacing tanah di rendam di air untuk hilangkan lendir serta kotoran, setelah itu dipotong jadi dua sisi, serta dimasukkan dalam wadah pakan terpisah.

Jam 05.30 :

Burung langsung bisa diberi kroto sekitar 1 sendok teh.

Baca Juga : Perawatan Mudah Anis Kembang Cepat Gacor Ngerol

Jam 06.00 -06.30 :

Mandikan burung, baik dengan disemprot atau dimasukkan ke karamba mandi. Habis mandi, beri 2 ekor jangkrik.

Jam 07.00 :

Sesudah dimandikan, burung jangan langsung dijemur, tapi diangin-anginkan sesaat untuk mengeringkan bulu-bulunya. Biarlah anis cendana menggaruk-garuk kelenjar minyak di pangkal ekornya, sebab dia sedang rias, mengolesi bulu-bulunya dengan minyak dari kelenjar itu.

Saat diangin-anginkan, Anda dapat memberikannya 2-3 jangkrik, serta 2 ekor ulat hongkong atau ular jerman. Beberapa waktu selanjutnya, sesudah bulu-bulunya tidak basah , burung dapat dijemur dibawah cahaya matahari pagi sepanjang 1 – 1,5 jam.

Jam 09.30 :

Angkat burung dari penjemuran, serta gantang dalam tempat sejuk, atau seringkali dilewati embusan semilir angin. Ini dapat memancing burung cepat mengeluarkan bunyi. Contohnya menggantang burung dibawah pohon teduh. Janganlah lupa beri 1 ekor cacing tanah.

Siang sampai sore hari :

Pada siang hari, saat cahaya matahari semakin panas, tempat penggantungan burung dapat dipindah ke lain tempat yang lebih sejuk, contohnya teras rumah atau lain tempat supaya burung dapat istirahat / santai.

Saat istirahat siang, Anda dapat tempelkan burung master yang tidak jauh dari sangkar anis cendana.

Baca Juga : Cara Perawatan Anis Merah Tidak Mudah Stres

Sore hari, beri 5 ekor jangkrik, 3 ekor ulat hongkong / ulat jerman, serta 2 ekor cacing tanah.

Malam hari :

Jika hari mulai petang, burung langsung dikerodong supaya bisa istirahat keseluruhan. Beberapa fans anis cendana kadang memandikan burung saat malam hari, untuk memantapkan birahi burung supaya besok pagi dapat langsung berkicau.

Habis mandi malam, burung diangin-anginkan , serta dikasih 2 ekor cacing tanah. Seputar 30 menit selanjutnya, burung kembali dikerodong penuh serta dibiarkan istirahat sampai keesokan hari.

Untuk anis cendana yang masih bahan / akan, dibutuhkan tahapan-tahapan dalam proses berkicau, dari mulai belajar bunyi (burung seringkali terdengar seperti menggerutu / ngeriwik) sampai proses ngeplong bila usia telah mapan.

Untuk bikin anis cendana muda rajin berlatih/ngeriwik, atau menangani masalah burung dewasa yang tidak segera ngeplong,

Perawatan Anis Cendana Cepat Gacor | admin | 4.5