Perawatan Anis Merah Mabung Agar Cepat Tuntas

Burung anis merah mabung adalah proses ilmiah yang akan berlangsung pada burung itu. Ada banyak hal yang perlu di buat persiapan untuk menolong burung anis mabung dengan prima, dimana lama proses itu dapat berjalan dalam tempo yang seharusnya. Sebab bila, anis merah alami mabung dalam periode waktu yang kelamaan bisa turunkan kualitas kesehatan serta mental burung tersebut , terhitung kualitas kicauannya.

Ya, bila mabung berlangsung dalam periode waktu yang kelamaan benar-benar disayangkan tentu saja, sebab untuk memperoleh kicuan yang indah, seperti gacor atau sampai teler tentu saja memerlukan waktu yang lama.

Jadi, janganlah sampai hasil perawatan yang sejauh ini membuat burung anis merah dapat keluarkan potensi kicauan terbaik justru alami penurunan mutunya karena hanya proses mabung yang tidak berjalan secara baik.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Anis Merah

Langkah Menjaga Anis Merah Mabung

Hal yang perlu dilihat dalam menjaga anis merah, entahlah itu waktu mabung atau mungkin tidak ialah dimana anis merah rawan stress. Dengan cuma jatuhnya kandang dari atas ke bawah saja, dapat membuat anis merah macet bunyi. Jadi , tentu saja dalam perawatan anis merah saat mabung tentu saja jadi hal fundamen dengan memerhatikan kenyamanan, supaya burung dapat konsentrasi pada proses mabung tersebut.

Proses ngurak

Proses ngurak adalah dimana bulu lama dari anis merah akan rontok atau masuk perontokan. Karena itu keadaan itu adalah hal awal peruses perubahan bulu lama ke bulu baru ( ngurak serta nyulam ). Beberapa hal yang perlu dikerjakan saat burung sedang ngurak dengan mengkondisikan burung dalam kondisi drop atau banyak diam diri tidak berkicau serta malas aktif. Sebab keadaan itu, jadi modal awal untuk bikin burung dapat konsentrasi untuk proses nguraknya itu.

Kurangi Ekstrafooding

Dalam pemberian pakan dari Ekstrafooding seharusnya di kurangi atau dapat di hentikan, supaya perontokan bulunya lancar. Baca juga : extra fooding untuk anis merah beserta fungsinya

Jangan dimandikan

Dalam keadaan ngurak burung jangan di mandikan, sebab dengan memandikannya bulu burung jadi alot, serta bulunya itu susah rontok. Baca juga : terapi mandi tanah anis merah

Sauna

Lakukan sauna buat untuk jaga suhu lembab dalam sangkar anis merah, dimana suhu lembab benar-benar baik untuk menolong proses perontokan bulu lamanya. Pakai krodong basah pada sangkar burung serta menjemurnya dibawah cahaya matahari, hingga krodong basah yang tercampur cahaya matahari bisa membuat kandang jadi lembab. Baca juga : manfaat terapi sauna untuk burung

Proses Nyulam

Proses Nyulam ialah, dimana bulu burung telah mulai berkembang sesudah bulu lamanya banyak yang rontok, mengenai beberapa hal yang perlu dikerjakan disesuaikan dengan keadaan saat ngurak serta menghindarkan beberapa , seperti :

  • Jangan dimandikan
  • Jangan di jemur sebelum bulunya mulai lebat kembali
  • Tetap harus Ngdrop ( tidak berkicau serta tidak aktif bergerak )

Menjaga anis merah dalam keadaan Nyulam serta ngurak tidak tidak sama jauh, yang membedakannya dengan langkah memberi pakan Ekstrafooding supaya menolong dalam perkembangan bulu barunya adanya konsumsi protein yang cukup. Sebab protein benar-benar diperlukan dalam perkembangan bulu barunya jadi kuat, mengkilap dan rapi.

Baca Juga : Anis Merah Susah Teler

Langkah Menangani Anis Merah Mabung Tidak Selesai

Tetapi , dari perawatan yang dikerjakan oleh beberapa kicaumania masih tidak pas, dimana anis merah itu memerlukan waktu yang lumayan lama, sehingg proses mabungnya tidak selesai sama dengan yang sebaiknya berlangsung.

Berikut panduan untuk menangani anis merah yang kelamaan mabung :

Biarlah Anis Merah Merontokan Bulunya

Supaya anis merah dapat konsentrasi dalam merontokan bulunya, karena itu dapat dengan biarkan bulu anis merah yang telah rontok yang ada di kandang, supaya anis merah selalu merontokan bulunya. Kerjakan bersihkan kandang anis merah dari bulunya yang rontok serta jatuh dibawah sangkar 1 minggu sekali. Baca juga : mempercepat anis merah susah mabung

Pakan

Pakan yang benar-benar menolong perkembangan bulu dengan penuhi keperluan protein, namun burung memerlukan konsumsi gizi yang lain, jadi pendukung keperluan gizi yang lain tentu saja harus terpenuhi , seperti karohidrat, serat, Vitamain dan lain-lain. Namun untuk pemberian pakan yang mempunyai kandungan protein seperlunya saja, sebab bila diberikan terlalu berlebih, justru bisa membuat anis merah jadi seringkali berkicau sebab birahi serta proses mabung tersebut dapat memerlukan waktu lebih lama.

Pemberian Susu Bubuk

Susu bubuk dapat diberikan pada burung anis merah waktu mabung yang dapat diberi dengan mencampurkannya dengan pakan yang lain, seperti pakan dari kroto, jangkrik, Voer serta pakan yang lain.

Memberikan tambahan pakan susu bubuk benar-benar di recomendasikan pada burung anis merah yang dimana proses mabungnya sulit selesai. Jadi untuk menangani mabung anis merah susah selesai, karena itu dapat dengan memberi susu bubuk itu, saat mabung itu.

Hentikan pemberian pakan susu bubuk itu, saat bulu anis merah telah mulai berkembang kembali atau dapat dengan cuma memberi susu bubuk itu 1 minggu saja.

Baca Juga : Over Emosi Anis Merah

Memandikan serta menjemur

Dalam waktu mabung serta tidak dalam mabung, anis merah memang memandikan serta menjemur harus dikerjakan, namun harus dibedakan jumlahnya lamanya. Untuk menjemur murai batu mabung karena itu dapat dikerjakan saat pagi hari sepanjang 2 sampai jam serta mandikan sesudahnya. Kemudian, karena itu anis merah di krodong Full. Tetapi , untuk memandikan serta menjemur anis merah cuma di kerjakan 2 kali dalam 1 minggu saja, jadi therapy. Baca juga ; terapi mandi tanah anis merah

Therapy Daun serta Kulit Jeruk Nipis

Memasukkan dedauan serta kulit jeruk nipis yang di input ke bawah sangkar bisa menolong proses mabung anis merah. Mengenai memakai kulit jeruk nipis yang di input ke kandang itu supaya membuat kandang jadi sedikit lembab. Serta untuk memasukkan daun dalam bawah sangkar untuk therapy burung tersebut dengan memasukkan daun sirsak serta daun pandan. ubahlah daun itu dengan teratur, bila ada daun yang telah mulai kering, karena itu dapat dengan mengubahnya yang masih fresh.

Suplementasi

Adapaun bila belum senang dengan hasi yang didapatkan, atau ingin memakai suplementasi, karena itu kicau mania dapat beli produk suplementasi untuk menolong burung mabung jadi cepat selesai., yang isa di beli di toko online atau kios burung.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Anis Merah

Sekian dan terimkasih.

Perawatan Anis Merah Mabung Agar Cepat Tuntas | admin | 4.5