Perawatan Anis Merah Mabung, Bulu Tumbuh Sempurna Siap Gantang

Bagaimanakah cara perawatan yang pas waktu anis merah sedang dalam waktu mabung (ubah bulu)?. Apakah benar perawatan yang salah bisa menyebabkan kurang baik pada burung anis merah yang sedang mabung? Langkah Perawatan Anis Merah Mabung, Agar Bulunya Prima seharusnya memerhatikan banyak hal.

Waktu mabung (moulting) ialah waktu yang sangat tuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan diganti selama hidup mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari keseluruhnya protein yang ada di dalam tubuh burung. Berikut mengapa selama hidup mabung perlu ditambah lagi protein sebesar seperempat keseluruhnya protein pada tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas semakin lebih 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu tidak sama juga dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlahnya imbang yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein).

Baca Juga : Cara Perawatan Anis Merah Tidak Mudah Stres

Burung perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino tipe ini lantas menyerap dan disimpan jadi protein (keratin) istimewa untuk kebutuhan perubahan bulu. Skema ini sangat penting untuk burung dan tubuh burung perlu kerja tambahan untuk mendapatkan gizi yang cocok untuk bikin bulu dengan sempurna.

Waktu burung mabung, mereka memerlukan daya yang besar untuk membuahkan bulu anyar. Kebutuhan daya yang diperlukan untuk penuhi kepentingan protein, menyebabkan burung perlu mengonsumsi makin banyak makanan selama meranggas supaya bisa jaga perubahan bulu anyar.

Untuk di tahu saja, daya yang diperlukan burung selama hidup mabung sebesar dua 1/2 kali makin banyak dibanding burung yang tengah membuahkan telur (tonton misalnya keterangan pada “Moulting in Bird” di web vetafarm. com jadi referensi paling penting untuk tulisan mengenai persoalan mabung ini).

Baca Juga : Faktor Penyebab Anis Merah Galak Dan Cara Mengatasinya

Aspek-faktor yang memiliki dampak saat mabung tidak bisa sepenuhnya dimengerti, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kandungan hormon dan siklus perkembangbiakan, semuanya jadi faktor penentu untuk keberhasilan atau ketidakberhasilan burung lewat waktu mabung.

Hal yang penting untuk diingat yakni jika pada saat burung mabung, Anda perlu memberikan supply pakan yang cocok sampai mereka bisa tingkatkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk siapkan protein yang diperlukan untuk penambahan produksi bulu, Anda perlu naikkan asam amino yang mempunyai kandungan sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan.

Daging dapat diberi biasanya burung yang tengah mabung dalam jumlahnya kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mempunyai kandungan bermacam mineral dan vitamin serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu dengan normal.

Baca Juga : Settingan Burung Anis Merah Untuk Perlombaan

Meskipun umumnya mabung jalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu waktu mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak rata atau malah ada bulu yang tidak rontok (hanya nyulam).

Penggangu itu salah satunya :

  • Penyakit – Penyakit yang karena virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma yakni penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan membuahkan bulu. Psittacosis gawat, permasalahan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapatkah menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.
  • Gizi buruk – Seperti dilukiskan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu dengan normal benar-benar banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/keriting dll).
  • Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau malah menyebabkan kerusakan bulu. Salah satunya contohnya yakni zat penghilang cacing pada merpati yang dikenal jadi Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberi sewaktu burung mabung.
  • Depresi – Hal seperti ini berjalan terutamanya untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu anyar tidak bisa bertumbuh sempurna dll.
Apa yang perlu Anda lakukan agar burung dapat memiliki bulu anyar sebaik-baiknya?
  • Pertama kali taklukkan semua cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.
  • Ke-2, optimis tidak satu dari burung Anda jadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma.
  • Ke-3, berikanlah gizi yang cocok selama burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Hanya saja perlu diingat jika pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mempunyai kandungan karbohidrat misalnya, hanya akan jadikan burung kekurangan gizi walaupun dengan fisik terlihat gemuk.

Jika Anda telah kerjakan segala hal di atas dan masih alami persoalan dengan kualitas bulu Anda perlu bicara dengan dokter hewan istimewa burung.

Langkah Tambahan Smart menggunakan BirdVit

Dalam hubungan dengan permasalahan mabung berikut disarankan pada penghobi burung untuk memberikan burung mengonsumsi menambahkan, misalnya BirdMolting atau BirdVit untuk burung yang tengah mabung. Cara barusan lebih smart” sebab BirdVit yakni multivitamin dan multimineral yang sangat diperlukan burung selama hidup mabung.

BirdVit mempunyai kandungan hampir semuanya mineral dan vitamin yang diperlukan burung, seperti :

  • Vitamin paling penting, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.
  • Zat mendasar seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sebetulnya yakni satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.
  • Mineral paling penting seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Dengan hal itu, selama kita menggunakan BirdVit untuk menangani burung mabung, jadi kita cocok memberikan jumlahnya pakan seperti waktu lalu tanpa kuatir burung kekurangan “energi waktu mabung”. Sebab, memang benar daya yang diperlukan burung waktu mabung tidak daya yang hanya akan mengumpul jadi lemak tetapi daya untuk perubahan bulu seperti asam amino yang mempunyai kandungan sulfur seperti metionin dan sistin.

Anis merah memiliki masalah

Untuk burung-burung yang sangat memiliki permasalahan misalnya bulu mudah patah atau burung sakit-sakitan usai waktu mabung, biasanya sebab mengonsumsi mineralnya yang kurang. Yang lain digunakan BirdVit, Anda bisa masukkan BirdMineral.

Apa beda BirdMineral dan BirdVit?

Untuk di tahu, ada vitamin dan mineral detil yang tidak efektif jika digunakan bersamaan. Akan saling lemahkan. Karena keduanya sama-sama dibutuhkan burung dalam jumlahnya yang imbang, jadi vitamin dan mineral detil hanya bisa dikombinasi dengan formasi dan volume detil.

Seperti di tahu di dalam BirdVit ada banyak mineral yang sangat diperlukan burung. Tapi kandungan mineral di dalam BirdVit tidak sebesar di dalam BirdMineral karena yang lain jadi penjaga vitalitas burung, BirdMineral berupa mengcover atau mengobati.

Skema perawatan anis merah waktu mabung :
  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari jalan raya manusia. Lebih baiknya burung makin banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cocok 1x 1 minggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari atau jika untuk perlakuan ekstrim burung mabung, bisa ditangani perawatan ekstem mabung.
  • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit atau BirdMineral, pemberian jumlahnya EF diberi makin banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan beberapa sel anyar dan untuk perubahan bulu anyar. Misalnya : stelan jangkrik di bikin 4 ekor pagi dan 4 ekor sore, kroto 1 sendok makan masing-masing pagi dan cacing 2 ekor 3x satu minggu
  • Walaupun tidak menggunakan BirdVit dan/atau BirdMineral, pemberian multivitamin yang berkualitas yang dikombinasi di air minum 2x 1 minggu sangat perlu.
  • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit, perlu perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah diproses sampai membuat lancar skema metabolisme tubuh burung. Selain itu buah pepaya kaya akan vitamin C yang akan membantu naikkan ketahanan tubuh burung.
Lakukan Pemasteran (Mastering)

Waktu mabung jadikan burung makin banyak pada kondisi diam dan dengar. Berikut saat yang cocok untuk isi macam suara sama sesuai yang kita kehendaki. Lakukan pemasteran dengan cocok, cocokkan beberapa ciri dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Baca juga : extra fooding untuk anis merah beserta fungsinya

Perawatan Anis Merah Mabung, Bulu Tumbuh Sempurna Siap Gantang | admin | 4.5