Perawatan Jalak Suren Ganti Bulu Agar Cepat Beres

Tiap burung pasti alami perubahan bulu yang biasa disebutkan dengan mabung atau molting. Mabung akan dirasakan oleh burung jalak suren. Burung jalak suren biasanya waktu mabung pertamanya pada umur 4 s/d 5 bulan. Pada saat semacam ini, Sebaiknya anda memahami tentang langkah menjaga burung jalak suren mabung yang benar dan baik. Karena dengan skema perawatan sehari-hari akan alami sedikit ketidaksamaan. Lain perihal dengan perawatan burung kicau yang lain.

Pada saat ganti bulu atau mabung, burung Jalak Suren biasanya tidak bertukar bulu dengan lengkap, tetapi cuma beberapa saja.Proses ini tentunya akan memerlukan perhatian spesial dari sang pemiliknya. Entahlah itu dari perawatan, pemberian makanan dan pemberian vitamin yang diperlukan.Pada saat mabung, burung jalak suren bisa saja kurang aktif dan tidak sangat banyak berkicau. Saat itu, burung akan kumpulkan dayanya buat mengakhiri waktu mabungnya dengan prima.

Bila untuk proses mabungnya terusik, burung dapat akan alami beragam efek negatif. Salah satunya yakni tidak berhasil mabung atau jadi macet bunyi.Burung jalak suren saat masuk babak mabungnya, pertanda bisa banyak bulu halus yang rontok di fundamen sangkar. Serta saat semacam itu Sebaiknya anda selekasnya lakukan perawatan spesial mabung. Maksudnya agar proses ubah bulunya dapat berjalan dengan lancar dan prima.

9 Hal Penting Yang Harus Diketahui Ketika Jalak Suren Mabung

Langkah – langkah yang harus diperhatikan ketika jalak suren mabung :

  • Langkah menjaga burung jalak suren mabung yakni dengan teratur untuk memberi multivitamin yang spesial menolong percepat mabung. Disamping itu juga bisa jadikan jalak suren makin bugar. Yakinkan di agenda pemberian multivitamin janganlah sampai terlewati.

[Ramuan pakan untuk burung jalak mabung]

  • Simpanlah sangkar jalak suren yang sedang mabung pada tempat yang dingin atau lembab, jangan di taruh pada tempat kering serta panas. Tidak cuma sapat turunkan mental dan meningkatkan stress, tempat yang panas justru dapat perlambat proses perontokan bulu.

 

  • Bila perlu, bisa dengan lakukan full krodong jika tempat sangkar bergantung sedikit panas. Maksudnya untuk menolong mendinginkan sekelilingnya, disamping itu full krodong dapat menolong jalak suren makin konsentrasi dalam merontokkan bulu-bulunya.

 

  • Anda harus juga dapat jaga jarak jalak suren mabung dengan burung lain, atau mungkin dengan burung macamnya sendiri. Sama dengan dengan full krodong, langkah ini dapat untuk menolong dalam tingkatkan konsentrasi jalak suren pada saat mabung. Tidak cuma hanya itu, suara ramai saat mabung efeknya jelek buat tiap unggas karena bisa tingkatkan stress.

[cara mudah menjinakkan burung jalak suren]

  • Penjemuran Jalak Suren
    Menjaga burung jalak suren mabung harus juga dijemur tetapi jangan lama,karena burung apa saja itu tidak dianjurkan untuk dijemur kelamaan.

Dapat dengan waktu 10 s/d 20 menit saja di setiap paginya. Anda bisa mengawalinya waktu jam 10.00 pagi sampai 10.20 pagi. Ini dikerjakan agar jalak suren tidak gampang stress karena berjemur kelamaan dan membunuh kutu yang ada pada bulunya.

Bersihkanlah kandang atau sangkar dengan teratur. Sangkar yang keadaannya kotor sampai berjamur bisa mengundang parasite atau tungau yang bisa percepat rontoknya bulu, tetapi rontok sebab mengakibatkan kerusakan. Anda dapat bersihkan tiap hari, serta 2 kali dalam satu hari yakni waktu pagi dan sore.

Mandi dapat dikerjakan jika bulu disaksikan telah tumbuh. Mandi saat mabung sebetulnya dapat dikerjakan, tetapi tidak seringkali. Bila sering memandikan demikian seringkali bisa jadikan perontokan malah bertambah lamban.

Anda dapat memberi pakan 2 kali makin banyak bila dibanding waktu umumnya. Jadi makanan penambahan, Anda bisa memberinya cacing tanah agar staminanya tetap terbangun.

Pemasteran dapat dikerjakan saat waktu mabung. Ditambah lagi babak ini adalah waktu yang demikian efesien dalam memaster jalak suren.

sekian dan terimakasih, baca juga : ciri fisik burung jalak thailand

Perawatan Jalak Suren Ganti Bulu Agar Cepat Beres | admin | 4.5