Perawatan Maksimal Anis Kembang Mabung

Menjaga atau mengatasi anis kembang yang sedang rontok bulu nyatanya cukup sulit, banyak beberapa anis kembang mania waktu burung andalannya rontok bulu kuatir lakukan perawatannya, karena perlakuan burung ini tidak sama dengan perawatan waktu burung ini belum rontok bulu. Jika demikian, si pemilik atau perawat tentu saja harus temukan sendiri langkah perlakuan pada burung kecintaannya mengalami rontok bulu.

Gantung burung di tempat yang tenang. Dari beberapa penemuan langkah perawatan anis kembang yang sedang rontok bulu, untuk percepat proses perubahan bulu burung yang penting dilihat ialah unsur peletakan atau peletakkan. Jika tahu bulu burung ada yang rontok, hal tersebut ialah tanda-tanda burung sedang masuk proes rontok bulu, untuk setelah itu burung selekasnya diletakkan di tempat yang jauh dari hiruk pikuk suara burung lain, supaya burung yang yang masuk proses rontok bulu barusan dapat tenang serta tidak terangsang untuk menyeimbangi suara burung lain.

Full kerodong. Di tempat yang tenang seharusnya burung dalam kondisi tetap dikerodong. Saat semacam ini burung tak perlu dimandikan atau dijemur, biarlah masih dalam pengerodongan, kadang-kadang sangkar di turunkan cuma untuk menganti atau isi pakan dan minumnya saja.

Baca Juga : Habitat Anis Kembang

Setelan pakan sama dengan setelan pakan harian. Masalah formasi pakan beri seperti pakan sehari-harinya diberi, contohnya tipe voer dan formasi. Demikian dengan kroto fresh bisa diberi seperti umumnya, begitupun jangkrik harus juga masih diberi, Hanya porsinya sedikit dukurangi.

Mandikan burung. Sesudah bulu anis kembang banyak yang rontok serta banyak muncul bulu muda, baru burung dapat dimandikan serta dijemur sesaat. Dalam perkembangan bulu barubiasanya ada yang perkembangan bulunya lamban sama dengan bulu dada atau bulu pada kepala anis kembang, ini tak perlu dikuatirkan, sebab hal tersebut ialah kondisi yang alami, karena burung dialam liar alami hal ini. Yang perlu jika hadapi bulu yang lamban tumbuhnya, karena itu intensif mandinya dipersering saja, contohnya jika mandi diresmikan saat pagi hari saja, karena itu sore harinya dapat dimandkan , demikian selanjutnya. Makin lama akan menolong bulu anis kembang akan tumbuh bertambah cepat.

Master Burung. Supaya burung anis kembang tidak kehilangan lagu aslinya, karena itu suara burung-burung master harus diberi walau saat bulu-bulu muda mulai berkembang sampai burung anis kembang mulai belajar gacor ikuti suara isian burung master . Jadi jangan memaster burung anis kembang yang sedang rontok bulunya, karena hal tersebut dapat perlambat proses rontok bulu pada anis kembang.

Bagaimanakah Perawatan Anis Kembang Yang Mabung Terlalu Lama / Malas ?????

Langkah menjaga anis kembang mabung lama supaya cepat selesai serta usai. Mabung, ngurak, mbodol, perubahan bulu atau molting ialah proses yang dirasakan oleh tiap tipe burung apa saja, termasuk burung anis kembang. Anis kembang ialah tipe burung yang benar-benar terkenal dilapisan beberapa mania kicau burung. Anis kembang dikenal juga jadi burung yang mempunyai kicuan cukup unik dengan perawatan lebih tambahan tentu saja.

Baca Juga : 6 Perbedaan Anis Kembang Jantan Dan Betina

Ada banyak hal yang cukup susah ditangani oleh beberapa penangkar tipe anis ini. Diantaranya ialah bagaimanakah cara menjaga anis kembang mabung atau dalam waktu perubahan bulu lama ke bulu yang baru. Waktu anis kembang sedang mabung, hal yang perlu dilihat ialah yakinkan kecukupan protein dan vitamin anis kembang terpenuhi. Sebab jika tidak dapat terpenuhi akan membuat anis kembang mabung tidak selesai.

Ciri – Ciri Anis Kembang Mabung :

1. Di bagian bulu anis kembang akan terlihat kusam serta kurang rapi.

2. Jumlahnya bulu primer yang jatuh. Disamping itu banyak bulu-bulu kecil yang berjatuhan.

3. Di bagian ekor akan kelihatan berantakan, rusak atau mungkin tidak teratur.

4. Bila disaksikan dari sisi fisik, bagain bulu anis kembang akan terlihat rontok sendirinya dengan periodik atau setahap.

5. Burung anis kembang jadi tidak gacor atau malas bunyi. Serta jarang-jarang ngerol serta hanya ngeriwik saja.

6. Keadaan fisik serta badan anis kembang kelihatan lemas.

Berapakah Lama Anis Kembang Mabung ?

Proses mabung pada anis kembang akan memerlukan waktu yang cukup lama yakni di antara 1 sampai 3 bulan bergantung skema perawatan yang dikerjakan. Bila anda menjaga anis kembang waktu mabung dengan baik dan benar maka cepat tuntasnya.

Anis kembang yang sedang mabung dapat konsumsi protein pada tubuh sampai 25% jumlahnya. Karena itu, Anda harus berupaya mengubah konsumsi protein yang terserap itu. Walau mabung ialah hal yang benar-benar lumrah buat tiap unggas, tetapi jadi seorang penangkar, kita harus sigap dalam menanganinya supaya membuahkan kualitas bulu serta perform anis kembang yang lebih baik.

Baca Juga : Perawatan Mudah Anis Kembang Cepat Gacor Ngerol

Butuh anda ketahui, bila burung punglor kembang mabung atau ngurak tidak dirawat dengan benar dan baik, karena itu burung itu bisa macet bunyi. Bila macet bunyi berlangsung anis kembang anda, maka membutuhkan waku tambahan untuk merawatnya.

Nah, bagaimanakah cara merawa anis kembang ngurak aau mabung yang benar dan baik? Karena itu anda baca baik-baik langkah berikut ini.

Perawatan Anis Kembang Mabung Lama Agar Cepat Beres :

1. Panduan pertama dalam menjaga anis kembang mabung yakni memeriksa kondisi kesehatan. Yakinkan burung anda tidak alami masalah kesehatan sedikit juga, terutamanya di waktu mabungnya. Sakit bisa menghalangi proses mabung, walau presentasinya sedikit. Polyoma serta Circovirus adalah virus unggas yang dapat menghalangi proses perontokan bulu. Diantaranya yakni dapat menghalangi proses perontokan bulu anis kembang.

2. Untuk pemberian pakan sendiri, anda harus lebih memberi makanan bervitamin atau dapat juga tingkatkan minuman dari umumnya. Berilah suatu hal yang istimewa. Bukan hanya banyak saja , anda harus juga memberi minuman dan makanan yang betul-betul penuh nutrisi serta bersih.

3. Dalam pemberian tambahan fooding, berikanlah jangkrik, cacing, serta kroto. Untuk kroto, beri satu sendok saja tiap paginya. Saat pagi hari serta sore hari, beri jangkrik sekitar 4 ekor. Untuk cacing, cukup beri 3 kali dalam satu minggu. Kerjakan skema makan di atas selama saat mabung si anis kembang.

4. Untuk pemberian multivitamin, cukup beri 2x dalam satu minggu serta telah digabung sedikit air.

5. Jadi makanan penambahan, Anda dapat memberi beberapa menu buah serta sayuran. Paling direferensikan ialah buah pepaya. Buah pepaya mempunyai kandungan vitamin C yang benar-benar berguna untuk tingkatkan atau percepat proses mabung. Vitamin C dapat juga meningkatkan ketahanan si anis kembang.

6. Cukup memandikan anis kembang sekali dalam satu minggu. Anis kembang yang seringkali mandi terutamanya waktu mabung dapat perlambat perkembangan bulu baru.

7. Dalam proses penjemuran, Anda kerjakan tiap hari sepanjang 20 menit saja.

8. Anda bisa tidak bersihkan kotoran anis kembang sepanjang kotoran itu tidak berjamur. Tetapi bila berjamur, selekasnya membersihkan supaya tidak menebarkan virus buat anis kembang.

9. Untuk peletakan sangkar, sebaiknya tidak untuk tempatkan anis kembang di tempat yang ramai. Letakkan pada tempat yang sunyi serta jauh dari binatang-binatang penggangu seperti tikus serta yang lain.

10. Anis kembang sedang mabung atau ngurak harus makin banyak di krodong, supaya lebih konsentrasi serta tidak stress. Tetapi tidak waktu mandi serta proses penjemuran.

11. Waktu mabung pada tiap burung ialah waktu dimana burung bisa banyak diam serta kerjanya dengar saja. Oleh karena itu, pemasteran di babak ini sangat bagus. Coba untuk memaster anis kembang tiap hari memakai cara pemasteran jagoan Anda.

Baca Juga : Setingan Anis Kembang Untuk Lomba

Semoga bermanfaat jangan lupa di share.

Incoming search terms:

  • anis kembang katarak
Perawatan Maksimal Anis Kembang Mabung | admin | 4.5