Perawatan Tepat Trotol Anis Merah

Perawatan burung sangat penting kita lihat sebab burung adalah makhluk hidup. Ditambah lagi saat kita putuskan untuk pelihara burung semenjak anakan. Tentunya akan memerlukan perawatan tambahan. Begitu halnya burung anis merah ini, saat kita putuskan untuk memeliharanya semenjak masih anakan / trorolan.

Unsur keturunan benar-benar sangat punya pengaruh, tetapi meskipun anis merah yang kita beli datang dari keturunan dengan kualitas yang baik, bila perawatannya tidak optimal karena itu hasilnya bisa menjadi tidak seperti yang kita harap. Menjaga anis merah anakan dengan berkelanjutan pasti jadi kunci sukses kita untuk memperoleh kualitas anis merah yang baik. Baca juga : tips memilih trotol anis merah juara

Langkah Menjaga Anis Merah Anakan / Trotolan :

  1. Memandikan
    Alangkah lebih baiknya memandikan burung dikerjakan sejak mulai awal. Semenjak masih anakan burung mulai bisa dilatih mandi di karamba. Awalannya kemungkinan berlangsung burung tidak ingin mandi atau mungkin tidak ingin masuk karamba. Bila anda hadapi hal tersebut bisa ditangani dengan tangkap serta dipindah ke karamba mandi, dengan lebih dulu memancing dengan makanan kegemarannya contohnya jangkrik atau cacing tanah hidup yang dimasukkan ke bak mandi. Dengan langkah ini lama kelamaan burung bisa menjadi terlatih serta merasakan nyaman dengan karamba mandinya.
  2. Pembersihan Sangkar / Kandang
    Aspek terpenting yang membuat anis merah tidak sehat serta malas bunyi yakni sangkar tidak bersih. Seharusnya sambil menanti anis merah mandi di karamba, anda bisa memberihkan sangkarnya.
  3. Menjemur
    Untuk burung tipe anis merah ini dalam soal menjemur seharusnya dikerjakan dengan waktu yang sekedarnya. Menjadi rujukan anda dapat menjemur pada pagi hari waktu matahari keluar sepanjang kira-kira 20 menit saja. Pagi hari waktu matahari keluar ialah waktu yang pas untuk menjemur burung sebab cahaya matahari pagi mempunyai banyak faedah yang bagus buat perubahan burung kecintaan kita ditambah lagi buat burung anakan / trotolan.
  4. Pemberian Pakan
    Seperti seorang bayi manusia, burung anis merah anakan / trotolan membutuhkan makanan yang bergizi. Pakan anis merah anakan yang diberi sedapat mungkin bisa penuhi faktor – faktor gizi seperti karbohidrat, daya, protein, lemak, serat, mineral dan vitamin. Pemberian makanan berbentuk buah – buahan juga disarankan seperti apel serta pepaya. Pemberian buah – buahan itu dipercaya dapat membuat burung mengeluarkan bunyi bertambah cepat. Tidak kalah utamanya pemberian EF (extra food) seperti jangkrik, kroto dan cacing tanah bisa diberi dengan teratur serta dalam bagian yang pas tiap hari. Baca juga : pertumbuhan trotol anis merah sampai dewasa
  5. Pemasteran
    Pemasteran bisa dikerjakan dengan menyandingkan dengan burung anis merah lainnya bila anda mempunyai lebih dari satu burung anis merah ini. Anda dapat kerjakan dengan mengantangnya dengan jarak yang cukup jauh agar mereka sama-sama bersahutan. Ini mempunyai tujuan supaya burung bertambah cepat prosedurnya dalam berkicau. Tapi bila anda cuma mempunyai satu ekor burung anis trotolan ini, juga bisa anda sandingkan dengan tipe burung siul yang lain seperti pleci, kacer, tledekan, serta decu. Burung – burung itu bisa memancing anis merah kita untuk lebih rajin berkicau. Banyak pula macam suara yang dapat dipakai untuk isi isian suara anis merah trotolan ini yang dapat anda gunakan. Seperti burung – burung yang memiliki suara tajam, kasar serta rapat contohnya cucak jenggot, jangkrik, belalang, jalak suren dan lain-lain.
  6. Pemberian Multivitamin
    Multivitamin benar-benar lah penting untuk anakan anis mereh supaya sehat serta rajin mengeluarkan bunyi. Anda dapat memberinya dengan digabung dengan air minum. Berikanlah 1 sampai 2 kali dalam satu minggu.

Hal penting yang penting dilihat dlam menjaga anis merah anakan ialah konsistensi emosi, ciri-ciri, serta karakter. Supaya masih terbangun ciri-khasnya seharusnya beri makanan yang bergizi serta bagian yang cukup. Menjaga konsistensi mentalnya janganlah sampai gampang stress atau gampang takut.

Bila anda inginkan burung anis merah anda disiapkan jadi burung peserta lomba, seharusnya lakukan menggantang burung anis merah ini dalam tempat yang ramai. Hal tersebut mempunyai tujuan agar burung anis merah kecintaan anda terlatih serta terbiasa untuk hadapi kondisi saat lomba yang ramai.

Baca Juga : Fakta Burung Anis Merah

Dengan lakukan perawatan yang telaten serta optimal, burung anis merah anda pasti akan cepat dalam kondisi “buka suara” (ngeplong) atau rajin mengeluarkan bunyi. Dengan begitu burung anis merah anda itu akan mulai belajar teler.

Sekian dan terimkasih semoga bermanfaat…

Perawatan Tepat Trotol Anis Merah | admin | 4.5