Seleksi Trotolan Anis Merah Untuk Indukan

Anis merah atau yang seringkali dinamai anis bata, anis cacing, punglor merah, punglor bata atau punglor cacing ialah burung kicau yang sekarang dapat disebut terhitung salah satunya burung kelas elit. Walau demikian, penghobi anis merah ini banyak serta menyebar di semua Indonesia. Hampir di tiap even lomba burung kicau, anis merah ini tetap ada dalam daftar acara lomba.

Seleksi anak / trotolan Anis Merah

Anakan atau trotolan anis merah yang beredar banyak di pasar ialah anakan anis merah berusia di antara 1-3 bulan yang belum bisa berkicau serta mempunyai bulu badan yang belum prima (trotol). Jika peternak akan pelihara anis merah dari umur belia atau trotolan, proses seleksinya seperti berikut:

Seleksi berdasar persyaratan umum

Anakan atau trotolan anis merah yang bagus, minimal penuhi persyaratan sebagai berikut:

Baca Juga : mempercepat anis merah susah mabung

Sehat serta tidak terlihat penyakitan
Anakan anis merah yang diambil sebaik-baiknya adalah bibit yang memperlihatkan pertanda burung yang sehat. Beberapa ciri burung yang sehat diantaranya: matanya terbuka lebar, tidak sayu, serta terlihat bengkak; lubang hidungnya bersih/tidak ingusan; sayap terlihat kuat/tidak lunglai; serta di bagian dubur tidak berlangsung pembengkakan.

Gesit serta suka bergerak
Burung yang terlihat gesit serta banyak bergerak dapat mengisyaratkan jika burung itu dalam keadaan yang sehat. Jika tidak sehat, burung akan terlihat diam saja serta tidak aktif bergerak.

Mempunyai anggota badan yang komplet, tidak cacat
Akan yang bagus sebaiknya mempunyai anggota badan yang komplet serta tidak ada cacat. Sendirinya, burung yang mempunyai cacat seperti paruh bengkok, kaki serta jari patah, sayap terkulai patah, dan lain-lain sedapat mungkin jangan diambil. Kalau juga dapat dijaga serta dapat membuahkan suara yang bagus (baca: suara anis merah), burung itu kurang nyaman dilihat, tidak memperoleh nilai bagus jika dilombakan, serta jika dipasarkan harga di pasar sangat rendah.

Baca Juga : caramengajarkanmandianismerahtrotoldewasa

Nafsu makan besar
Burung yang mempunyai nafsu makan besar akan mempermudah pemelihara serta tingkat kesehatannya juga lebih terbangun.

Mata jernih dan pandangannya terlihat tajam
Burung yang mempunyai mata jernih serta pandangan terlihat tajam mengisyaratkan jika keadaan tubuhnya sehat.

Sayap mengipit rapat, serta kaki menerkam kuat
Anakan yang bagus biasanya akan mempunyai sayap yang mengepit rapat (tidak renggang), serta memiliki sisi kaki yang kuat hingga tidak alami kesusahan pada saat menempati.

Cukup usia
Anakan atau trotolan anis merah yang telah dipasarkan di pasar umumnya berusia mulai di atas 1 bulan. Sekalinya demikian, akan yang akan diambil seharusnya yang telah berusia di atas 2 bulan. Karena, pada usia itu akan bisa ambil makanan sendiri hingga memudahan perawatan. Disamping itu, tubuhnya relative cukup sudah kuat hingga risiko kematian dapat diminimalisir atau lebih rendah.

Selekesi berdasar katuranggan

Tidak hanya dengan lihat ciri atau persyaratan umum seperti di atas, beberapa penghobi burung kicau terhitung anis merah lakukan seleksi dengan lihat katuranggan. Katuranggan dalam arena dunia hoby burung ini dapat diterangkan jadi ciri bentuk lahiriah atau fisik yang terlihat di luar serta diindikasikan terkait dengan bakat-bakat atau potensi spesial yang dipunyai. Sekalinya sifatnya memang masih pada tataran mitos atau belum seluruhnya diterima akal sehat, tetapi beberapa penghobi burung kicau akan lihat ciri katuranggan ini dalam lakukan proses seleksi burung. Dengan singkat, ciri katuranggan pada akan anis merah ialah:

Baca Juga : 2 cara cepat membuat anis merah ngemplong

  • Leher panjang, padat berisi
    Akan yang memiliki leher padat dan panjang berisi umumnya akan dapat keluarkan suara dengan volume yang lumayan besar, serta dapat tampilkan style teler yang bagus.
  • Paruhnya tipis serta panjang
    Akan yang memiliki katuranggan ialah yang memiliki paruh yang panjang, berpangkal lebar, tetapi meruncing atau sisi ujungnya lebih tipis. Bentuk paruh sisi bawah sebaik-baiknya harus lurus atau mungkin tidak bengkok. Sedang urutan lubang hidung pilih sedekat kemungkinan dengan urutan mata.
  • Postur badan panjang serta tegap
    Akan yang mempunyai badan yang panjang serta tegap dengan dada yang besar/bagian umumnya mempunyai mental yang baik, lebih terlihat gagah, lebih lincah serta gesit, dan mempunyai volume suara yang keras serta panjang.
  • Mata bulat melotot serta sorot mata tajam
    Akan anis merah yang memiliki mata bulat melotot serta sorot mata tajam diindikasikan banyak golongan memiliki jiwa petarung serta mental yang bagus, hingga dapat tampil optimal saat di turunkan ke lomba burung kicau.
  • Kakiknya kuat, panjang serta kering
    Tidak hanya mempunyai kaki yang kuat, anis merah yang bagus diambil yang memiliki kaki panjang serta kering atau mungkin tidak lembek, tetapi tidak bersisik.

Baca Juga : Fakta Burung Anis Merah

  • Warna kaki hitam
    Beberapa penghobi anis merah lebih suka pada akan yang memiliki kaki berwarna hitam daripada akan yang memiliki kaki berwarna putih sebab dipandang memiliki mental yang bagus saat dibawa ke tempat lomba. Tetapi beberapa golongan memang tidak sama pendapat dengan ini. Ketidaksamaan warna kaki (hitam atau putih) sebetulnya berlangsung sebab ketidaksamaan iklim, situasi keadaan, serta tipe makanan yang dikonsumsi burung anis merah di habitat aslinya.

Catatan spesial:

  • Benar-benar dianjurkan untuk ambil trotolan anis merah hasil dari penangkaran ataulah bukan hasil tangkap di alam liar. Akan anis merah hasil dari penangkaran lebih gampang dirawat, gampang dalam soal pemberian pakan, serta risiko kematian lebih rendah. Disamping itu, dengan ambil trotolan hasil dari penangkaran minimal peternak turut bertindak dalam jaga populasi anis merah di alam bebas.
  • Akan atau trotolan anis merah yang akan dijaga sebaik-baiknya datang dari indukan yang sehat serta bebas penyakit, hingga tidak bawa penyakit bawaan dari indukannya.
  • Unsur genetic yang di turunkan dari indukan memang kurang lebih akan punya pengaruh pada kualitas anakan yang dihasilkannya. Karena itu, semakin lebih baik jika penangkar pilih bibit anis merah yang disebut keturunan dari indukan yang telah diketahui popularitasnya. Jadi contoh, anakan dari induk jantan yang pernah memenangkan lomba, indukan yang dapat tampilkan suara keras, pandai menirukan suara burung lain, memiliki tonjolan-tonjolan suara yang ciri khas, mempunyai perform serta tampilan yang baik waktu membawakan irama lagu, atau indukan yang sudah dapat dibuktikan tetap membuahkan anakan yang bermutu.

Terimakasih telah mampir ke website ini, semoga bermanfaat. Klik disini, Gacormania

Seleksi Trotolan Anis Merah Untuk Indukan | admin | 4.5