Setingan Anis Merah Sebelum dan Sesudah Lomba Ala Juara Nasional

Saat ini banyak moment regional atau lomba nasional yang buka kelas untuk anis merah. Tentu saja untuk ikuti kontes / lomba ini kita membutuhkan persiapan yang baik pada burung yang akan kita turut masukkan. Banyak orang bersama-sama untuk cari settingan supaya anis merah ingin tampil optimal di gantangan. Tetapi kita harus memahami benar jika langkah menjaga anis merah lomba tidak sama dengan perawatan sehari-hari.

Agar mengundang perhatian beberapa juri dan pemirsa atau penggemar kicau mania lainnya kita harus menyiapkan burung anis merah kita secara baik agar bisa tampilkan perform paling baik. Maka di kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai menjaga Anis merah lomba. Pada intinya untuk menjaga Anis merah lomba ini tidak jauh tidak sama dengan perawatan harian burung Anis merah ini. Tetapi sedikit ada hal – hal yang penting kita lihat dalam menjaga Anis merah saat ingin ikuti lomba.

Baca Juga : Membiasakan Anis Merah Mandi Malam Agar Tungler

Bila ingin supaya anis merah cepat teler saat digantangan, karena itu 1 minggu sebelum lomba kita harus mempersiapkannya dengan benar. Disamping itu pahamilah ciri-ciri sang burung, sebab dengan pandangan ciri-khasnya kita akan tahu bagaimanakah cara membuat burung itu tampil ngotot serta optimal di lapangan. Nah beberapa hal berikut ini yang penting anda tahu untuk mempersiapkan anis merah supaya ingin teler serta kerja ngotot dipangan.

Langkah – Langkah Menjaga Anis Merah Lomba :
  1. Menjaga Anis Merah Sebelum Lomba :

Langkah-langkah yang perlu untuk kita kerjakan sebelum anis merah ikuti lomba diawali pada 1 minggu sebelum lomba :

  • Upayakan pada H-6 sebelum lomba burung anis merah anda tidak didekatkan dengan burung Anis merah lain, agar si burung tidak dengar suara semacamnya.
  • Kerjakan isolasi / karantina burung Anis merah anda supaya mentalnya masih terbangun baik. Tetapi ingat anda harus memahami benar langkah melatih mentan anis merah supaya siap di lapangan.
  • Pemasteran dikerjakan sekerap kemungkinan, untuk meningkatkan macam suara burung anis merah.
  • H-3 sebelum lomba, beri jangkrik masing – masing 2 ekor saat pagi hari serta sore hari. Ini mempunyai tujuan untuk jaga birahi burung anis merah anda supaya masih konstan.
  • H-2 sebelum lomba, jemur sepanjang kira-kira 30 menit saja lantas diangin – angin sesaat selanjutnya dikerodong kembali.
  • H-1 pada sore hari sebelum lomba mandikan burung Anis merah anda serta beri 3 ekor cacing tanpa ada jangkrik.
  • Pagi hari sebelum lomba, brikan EF (extra food) berbentuk 2 ekor jangkrik serta sedikit kroto.
  • 1 jam sebelum lomba akan diawali, kita dapat memberi 1 ekor jangkrik.
  • Jangan beri ulat hongkong pada burung anis merah ini, sebab dapat membuat begitu over birahi pada burung anis merah ini serta menyebabkan si burung tidak ingin gacor.
  • Tetapi bila anda telah memahami setingan memakai ulat hongkong, karena itu tidak apa-apa. Sebab ulat hongkong berperan supaya anis merah ingin keluarkan semua materi lagunya atau isiannya.
  • Perawatan anis merah sebelum lomba ini tidak mutlak untuk dikerjakan. Bergantung dari ciri-ciri anis merah itu yang kemungkinan masing – masing akan tidak sama.

Untuk memperhatikan kesehatan serta “top performance” sang burung kita harus juga memahami benar bagaimanakah cara menjaga anis merah setelah lomba. Beberapa orang yang menjelaskan bila kita salah menjaga burung sesudah lomba maka susah untuk cari setingannya.

2. Menjaga Anis Merah Sesudah Lomba :

Sesudah dilibatkan dalam lomba, hal yang perlu kita kerjakan ialah memulihkan kembali stamina anis merah ini. Triknya diantaranya :

  • Menjaga burung anis merah sesudah lomba diawali dengan proses penjemuran sepanjang 30 menit, kerjakan sampai H+3 sesudah lomba.
  • Berilah voer atau pakan anis merah yang bermutu.
  • Pemberian EF (extra food) kembali pada setelan biasa atau harian saat sedang tidak disiapkan lomba.
  • Beri multivitamin di air minum burung anis merah kita sehari sesudah lomba supaya burung kembali bugar sesudah capek ikuti perlombaan yang diikuti.
  • Kembalilah rawat anis merah sesuai dengan rawatan sehari-hari.
  • Menjaga anis merah sesudah lomba penting untuk dikerjakan. Hal tersebut karena si anis merah ini umumnya akan gampang drop atau lemah jika tidak dirawat secara benar. Upayakan selekasnya kemungkinan anda lakukan perawatan burung anis merah anda sesudah dilibatkan dalam lomba.

Sebetulnya tidak ada ketentuan / setingan baku dalam menjaga anis merah lomba ini. Pokoknya kita pemilik harus benar – benar mengerti serta tahu tiap detil dari tekad si burung itu supaya bisa memenangkan lomba – lomba yang diikuti. Tetapi keterangan di atas kira-kira bisa jadi dasar anda untuk lakukan perawatan burung anis merah yang disiapkan untuk ikuti lomba.

Baca Juga : Faktor Penyebab Anis Merah Galak Dan Cara Mengatasinya

Setingan anis merah tentu bermacam-macam tergantung karakter burung itu sendiri, ada yang harus di berikan jangkrik ada yg tidak begitupun dengan cacing tidak selalu berwajib. Berikut kita simak setingan anis merah para jawara :

Anis Merah Jinbei

Anis merah jinbei yang dimiliki oleh Mr. R dari kota Tasikmalaya ini mempunyai karakter yang unik, Info terbaru yang didapatkan burung ini sudah berpindah tangan ke orang tanggerang dengan harga yang lumayan. Berikut kita simak pola rawatan anis merah jinbei :

  • Pola rawatan harian burung ini cukup mudah dengan tidak diberikan jangkrik atau extra fooding yang lainnya, cukup dengan diberikan buah-buahan seperti pepaya, pisang, pir, mentimun, tomat dll. Pola mandinya yang dilakukan hanya 3 hari sekali sudah cukup.
  • Pola rawatan menjelang lomba H-1 Jinbei di embunkan dan diberi jangkrik 1 ekor kemudian di jemur cukup lama sekitar 1 jam dan tidak melakukan ritual mandi pada pagi hari. Menjelang malam Jinbei dimandikan (Mandi Malam) Kemudian diberikan buah Apel. Sebelum Berangkat ke lapang Jinbei diberikan satu ekor cacing dan setelah datang dilapangan sekiranya kurang kelihatan ngotot Jinbei diberi 1 ekor jangkrik.
  • Hasilnya cukup memuaskan jinbei bisa mendapat kan angka kecil yaitu juara 1 walaupun hanya di lapangan pinggiran (desa / kota kecil)

Nb : Burung anis merah jinbei sangat sensitif, hanya dengan mandi dia bisa menjadi birahi, hanya dengan buah tomat, apel, pir dia bisa sangat birahi.

Anis Merah Owen

Anis Merah Owen yang dimiliki Mr Acun memiliki karakteristik yang unik. Berikut kita simak pola perawatan anis merah Owen :

Perawatan Harian Anis Merah Owen

Jam 04:00 – 05:00
Si Owen telah dikeluarkan untuk digantung dihalaman rumah (ritual pengembuna he2) ingat ya krodongnya dibuka ya supaya udara dapat masuk, seperti yang juga manusia udara pagi benar-benar sangat berguna untuk kesehatan paru-paru. Nah memang untuk pengembunan sendiri berperan untuk meningkatkan oksigen dalam paru-paru si burung dan staminaya jadi sempurna serta psikologinya bagus. Tips-nya ialah pengembunan dikerjakan seharusnya di bawah pohon (seperti alam liar begitu), jangan begitu siang ya, jika telah mataharinya mulai hangat cukup sudah dapat di mandikan.

Jam 07:00
Si Owen Mualai dimandijan dengan dimasukan ke kandang mandinya, Nah saat owen di terkadang mandi, sangkarnya biasa dibikin bersih, tidak itu saja tempat makan serta minumnya si owen juga dibikin bersih serta ditukar dengan pakan baru.

Jam 08.00
Usai mandi denga senang si Owen selanjutnya diberi exstra food 2 ekor cacing tanah serta dua ekor jangkrik.

Jam 08.00
Setelah itu si Owen dijemur, penjemuran ini umumnya denga waktu kira2 satu jam saja

Jam 09.00
Nah sesudah satujam si owen dapat diambil dari penjemuran serta diangin-anginkan sesaat saja kira-kira 15 menit cukup sudah.

Jam 09.15
Si Owen di kerodong serta dimasukan dalam rumah, umumnya ini sampai sore he2

Sore Hari
Sesudah sore hari kerodong si Owen dibuka da dikasih extrafood 2 ekor jangkrik, nah sekarang burung dapat di angin-anginkan samapai magrib.

Jam 18:00
Burung Anis merahnya om Acun ini kembali dikrodong serta di istirahatkan full

Penambahan Informasi dari Om Acun
Buah diberi 2 x dalam satu minggu :
Senin : pepaya, di yakin buah pepaya ini dapat menurunka bir4hi
Rabu : Apel , di yakin dapat meningkatkan kesegaran serta stamina terbangun (tetapi bila diberiapel geram bertambah bir4hinya dapat dinganti dengan pisang kepok saja.

Perawatan Anis Merah Owen Menjelang Lomba

Jam 04.00-05.00
Si-Owen di embun-embunkan seperti biasa

Jam 06:00
Si-Owen dimasukan dalam kandang mandinya.
Sediakan sangkar lomba, wadah makanan di isi denganvoer serta air minum diisi

Jam 06:30
Habis mandai si-Owen di angin-anginkan sesaat sampai bulu-bulnya kering
Si-Owen dikasih EF dua ekor jangkrik serta dua ekor cacing tanah

Persapan pergi Lomba
Si-Owen siap di kerodong serta bisa langsung dibawa ke ajang lomba, sesudah nyampai di lapangan ajang kerodong dapat dibuka. Umumnya sekalian nungu mengantre ticket si Owen umumnya di jemur serta dikasih EF dua ekor jangkrik serta cacingnya dua ekor, si owen siap diturunkan diawalnya session

Session Ke-2 lomba
sesudah usai di session awal si owen biasa dimandikan, serta janganlah lupa EFnya seperti session awal

Session ke-3 lomba
sesudah usai di session dua si owen biasa dimandikan , serta janganlah lupa EFnya seperti session awal 2 ekor jangkrik dengan 2 ekor cacing
Ini dikerjakan hinga session usai.
sesudah usai lomba serta sampai di rumah, siowen ini masih mendapatkan jangkrik serta cacing satu kali lagi. nah kemudian dikrodong serta full istirahatnya.

Demikian setelan dari om Acun untuk si Owen, hingga jadi juara piala raja tahun 2002 serta juara umum single fighter lho dan pentatrik alias lima kali juara beruntun tahun 2013 februari di banten waktu moment PBI terserang lho bagaimana weleh-weleh bukan.

Anis Merah Ceper

Si- Ceper ialah juara Anis merah tahun 2012 yang sebagian besar lomba di jakarta bandung serta jogja di tahun itu di kuasai oleh si ceper ini. Si-Ceper ini dahulunya namanya CR-10 (Bukan CR-7 lho) nah cocok di bandung lomba kata om Victor banyak yang teriak “si-ceper…. si ceper” pada akhirnya pangila CR 10 juga menjadi ceper.

Perawatan rutian harian si ceper

  1. jam 06.00 si ceper telah dikeluarkan untuk di embun-embukan serta diteruskan penjemuran jam 8 sampai jam 9 bergantung cuaca sinar matahari.
  2. Si ceper cuma mandi di sore hari jam 6 sore
  3. Si ceper ini di rawat sendirian (alias manja) soalnya tidak ada Anis merah lainnya di dalam rumah om viktor ini

Setelan extra-fooding (EF), untuk si ceper sebelum lomba

Hari Senin Sebelum lomba : si Ceper Tidak dikasih Jangkrik kosong, tetapi dikasih buah pepaya
Hari Selasa Sebelum Lomba : si Ceper Dikasih 1 ekor Jangkrik, serta dikasih buah apel
Hari Rabu Sebelum Lomba : si Ceper Dikasih 2 ekor Jangkrik, tanpa ada buah
Hari Kamis Sebelum Lomba : si Ceper dikasih 2 ekor Jangkrik, serta buah apel
Hari Jumat Sebelum Lomba: si Ceper Dikasih 2 ekor Jangkrik
Hari Sabtu Sebelum Lomba : si CeperDiberi 2 ekor Jangkrik, serta buah Apel
Minggu : si Ceper dikasih 2 ekor Jangrik, serta 1 ekor cacing

Setelan Saat Lomba
Session pertama waktu turun di session awal ini si ceper biasa dikasih diberi jagkrik 1 ekor serta cacing 1 ekor
Session Ke-2, Waktu turun dari session ini si ceper dikasih EF 1 ekor jangkrik saja
Session ke-3 serta setelah itu tidak dikasih Exta food .

Catatan : Bila si-Ceper setiap minggu atau satu minggu sekali turun lomba karena itu setelan ektra foodnya sama dengan di atas. Tapi bila si-ceper ada interval contohnya 2 minggu sekali baru turun lomba ada setelan spesial yakni satu minggu sesudah turun lomba cuma dikasih pepaya full tanpa ada EF yang lain.

Anis Merah Klimax

Burung Anis merah Klimax adalah burung yang dimiliki Om Budi, berikut kita simak bersama-sama pola rawatannya :

Perawatan rutian hari H lomba si-klimax

  1. Sikllimak mandi jam 07:00 serta diberikan extrafood 2 ekor jangkrik serta 1 ekor cacing
  2. Si klimak di jemur sampai teller sebelum lomba
  3. 30 menit sebelum lomba dicas seperti biasa.

Setelan extra-fooding (EF), untuk si klimax sebelum lomba

  • Hari Senin Sebelum lomba : dikasih buah pepaya saja
  • Hari Selasa Sebelum Lomba : Dikasih 1 ekor Jangkrik saja
  • Hari Rabu Sebelum Lomba : Dikasih 1 ekor Jangkrik, buah apel
  • Hari Kamis Sebelum Lomba : Dikasih 2 ekor Jangkrik, serta 2 ekor jangkrik
  • Hari Jumat Sebelum Lomba: Dikasih 2 ekor Jangkrik serta 2 ekor jangkrik
  • Hari Sabtu Sebelum Lomba: Dikasih 2 ekor Jangkrik, serta 2 ekor jangkrik
  • Minggu : si Ceper dikasih 2 ekor Jangrik, serta 1 ekor cacing

Setelan Saat Lomba

Di session ini kami tidak bisa info tentang bagaimana setelan EFnya, nah bukan bermakna om budi bogem tidak melakukan ritual pemberian EF waktu usai session lomba.

Sekian beberapa setingan anis merah menjelang dan sesudah lomba, setingan diatas tidak mutlak seperti itu, karena setiap burung memiliki karakteristik berbeda-beda, dan hanya pemilik burung itu sendirilah yang dapat mengetahuinya, tidak ada salah nya selalu mencoba dan mengotak ngatik setingna pada anis merah asalakan itu masih dalam kewajaran. Salam Teler mania Gacormania Aniser Mania.

Baca Juga : Cara Perawatan Anis Merah Tidak Mudah Stres

Setingan Anis Merah Sebelum dan Sesudah Lomba Ala Juara Nasional | admin | 4.5