Settingan Burung Anis Merah Untuk Perlombaan

Kali ini Gacormania akan berbagi settingan burung anis merah lomba / kontes. Artikel ini dikutip dari tulisan dan pengalaman Om Arda Pandawa salah seorang senior pemain burung anis merah. Kita simak bersama-sama.

Sebelum memasuki settingan dibawah perlu diketahui bahwa disini untuk burung Anis Merah dibagi menjadi 4 Tipe, yaitu Anis Merah Tipe A, Anis Merah Tipe B, Anis Merah Tipe C, dan Anis Merah Tipe D.

AnisMerah Tipe A
Keadaan Emosi : 5-6 (cukup konstan)
Keadaan Birahi : 3-7 (rangenya cukup jauh bergantung kondisi)

Baca Juga : Tips Memilih Trotol Anis Merah Juara


AnisMerah ini emosinya cukup konstan karena itu ritual untuk menggantang diarena lomba lumayan sederhana, kebetulan didukung oleh keadaan birahi yang tidak begitu jauh dari yang diharapkan.

Ritualnya :

  • Untuk AnisMerah Tipe A ini ketika berada dilapangan kontes cukup lihat keadaannya, bila berlebihan birahinya kerjakan terlebih dahulu dengan membuka kerodong biarlah burung ngeplong-ngeplong seperlunya jika butuh sampai teler.
  • Bila dibutuhkan “penambahan birahi” (birahinya di rasa kurang), tinggal di tambahin cacing 1-2 (seperlunya melihat kondisi).
  • Pengetrekan juga tidak susah, sebab keadaannya yang relatif konstan. Di track langsung saja burung langsung nge tune (ada yang menyebutkan nge “cit”). Serta tidak selang lama akan ngeplong-ngeplong. Waktu pengetrekannyapun relatif normal (seputar 10-15 menit / satu sesi).

Anis Merah Tipe B
Keadaan Emosi : 4-6 (cukup konstan)
Keadaan Birahi : 2-6 (condong seringkali kurang birahi atau sangatlah cukup)


AnisMerah ini keadaan emosinya cukup konstan serta keadaan birahinya yang seringkali kurang atau cukup, karena itu AnisMerah ini juga jarang “nakal” di lapangan.

Ritualnya :

  • Sesampai dilapangan coba bursa (gantung ditempat arena kontes atau di pinggir arena kontes) biarlah teler terlebih dulu seputar 1-2 menit untuk pengenalan kondisi sambil memantapkan emosi.
  • Bila di rasa kurang birahi, berikan cacing 1-2 dilapangan jika cukup tak perlu di kasih cacing lagi.
  • Sebab AnisMerah ini awalannya tetap tenang, lomba main pertama harus digantung ditengah-tengah area kontes. Tetapi untnk sesi-sesi setelah itu (saat emosi serta birahinya telah mulai mapan), di gantung diposisi mana saja tidak jadi masalah. Lama ngetreknya juga standar seputar (15-20 menit), terkecuali session pertama di perlukan waktu ngetrek yang lebih panjang sedikit.

Baca Juga : Perawatan Anis Merah Agar Teler Istimewa

Anis Merah Tipe C
Keadaan Emosi : 2-8 (emosinya terakhir labil)
Keadaan Birahi : 6-10 (condong birahi tinggi)


AnisMerah ini biasanya dijumpai di burung yang umurnya lumayan mapan, keadaan birahinya terakhir tinggi sekali. Sedang emosinya benar-benar labil. Nah utk AnisMerah ini bila sedang labil-labilnya pasti benar-benar “repot” utk menampilkannya. Tetapi bukan bermakna tidak dapat tampil, tinggal pintar kita memolesnya saja.

Ritualnya :

  • Bila birahi tinggi sekali, kita harus berada dilapangan seputar 1 s.d 1,5 jam sebelum main. Sesampai lapangan gantang burung sendiri (jangan bersisihan dengan AnisMerah lain), tunggu burung teler sampai pules (tanpa di goda / cuekin saja sampil mantau sekitar 2-3 menit).
  • Bila keadaan birahi tinggi sekali, umumnya akan di barengi dengan emosi yang benar-benar rendah. Dengan “dibiarkannya” teler” terlebih dulu, karena itu birahinya perlahan-lahan alami penurunan serta emosinya sedikit naik.
  • Karena AnisMerah ini mempunyai range emosi untuk tampil lebih lama (seputar range 4-8 burung dapat menerima kondisi itu). Karena itu untnk mengundang emosi lebih instant saya kasih UH seputar 2 ekor.
  • Setelah itu sama, di track (pada session pertama di track sedikit lebih lama dibandingkan sesi-sesi setelah itu)

Baca Juga : Kondisi Emosi Burung Anis Merah

Anis Merah Tipe D
Keadaan Emosi : 3-7 (emosinya cukup konstan untuk dia, sebab range seperti itu dapat terima oleh burung)
Keadaan Birahi : 4-8 (terkadang cukup tinggi)

Anis Merah ini mempunyai potensi mengontrol emosinya lebih lama, sedang untuk masalah birahi hampir serupa dengan Anis Merah Tipe C tetapi keadaannya lebih condong konstan.

Ritualnya :

  • Bila birahi cukup tinggi ritualnya hampir serupa dengan Anis Merah Tipe C, tetapi dia memerlukan waktu penyesuaian yang lebih pendek. Umumnya cukup 15-20 menit dia bisa “terlepas” birahinya.
  • Sebab range emosinya lumayan lama, karena itu coba menambahkan UH 2 ekor atau 1 ekor. Dengan harapan akan menyebabkan hyper.
  • Utk masalah ngetrek AM ini paling tidak sama dengan 3 AM di atas, ia cukup 5-10 menit (jangan kelamaan). Ciri-khasnya memang jika telah lihat AM banyak, ia pingin “cepat-cepat” tampil.

Baca Juga : Anis Merah Birahi

Selamat Mencoba.

Settingan Burung Anis Merah Untuk Perlombaan | admin | 4.5