Terapi Mandi Malam Untuk Burung

Mandi malam sekarang seakan jadi keperluan spesial buat burung kicauan yang sedang memiliki masalah. Cukup banyak fans burung yang lakukan terapi mandi malam pada burung kicauan piaraannya, dengan keinginan berlangsung perkembangan relevan, seperti menolong menangani macet bunyi, menangani over birahi, atau alami keadaan yang lain. Ok, kita akan ulas lebih dalam permasalahan ini, khususnya menyinggung efektivitasnya pada beberapa jenis burung khusus.

Pada kesempatan ini, kita akan menerangkan lebih detil tentang faedah mandi malam buat beberapa macam burung kicauan khusus.

Baca Juga : Terapi Mandi Tanah Anis Merah

Sudah diketahui, di penjuru dunia ada beberapa ribu spesies burung, dimana Indonesia, India, China, dan Brazil terhitung negara yang mempunyai jumlahnya spesies paling banyak. Dari spesies-spesies burung yang ada, beberapa salah satunya tidak manfaatkan saat malam hari untuk tidur.

Burung dari barisan noktural atau cuma aktif saat malam hari, contohnya burung hantu danpotoo, pasti belum pernah tidur saat malam hari. Tidak sama dari barisan burung diurnal, yang aktif pada siang hari serta beristirahat saat malam hari.

Tapi, ada beberapa burung diurnal yang masih aktif saat malam hari. Mereka ini umumnya memakai waktunya bukan untuk cari pakan, tetapi untuk berdendang serta kadang seringkali kelihatan mandi dalam suatu kubangan air atau dalam satu bak mandi yang disiapkan masyarakat seputar. Contohnya saja burung nightingale, blackbird, burung tuwu, dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Melatih Anak Burung Kenari Fighter

Di dunia kicauan, kita kenal arti mandi malam yang biasa diaplikasikan pada burung peliharaan. Umumnya pemberian mandi malam diutamakan pada burung-burung yang alami penurunan keadaan, baik sebab over birahi, kegemukan, kurang rajin bunyi, atau serta macet bunyi.

Efektivitasnya pasti bermacam, bergantung tipe burung, keadaannya waktu mandi malam. Mandi malam dapat diaplikasikan pada beberapa tipe burung kicauan, tetapi kita harus terlebih dulu mengetahui ciri-ciri burung itu.

Contohnya, burung paruh bengkok seperti lovebird atau parkit pasti benar-benar rawan bila dimandikan saat malam hari. Tidak hanya dapat membuat burung gampang sakit bila seringkali terserang udara dingin, mandi malam pada paruh bengkok dapat juga membuat burung gampang depresi serta rawan dengan kematian.

Meskipun begitu, ada banyak kicaumania yang akui seringkali memandikan lovebird saat malam hari, serta selama ini tidak alami dampak negatif seperti kedinginan serta sakit.

Nah, lain perihal burung-burung dari keluarga anis / punglor, seperti anis kembang, anis merah, anis macan, serta anis cendana. Mereka memang diketahui suka mandi saat malam hari.

Banyak fans anis merah serta anis kembang yang memandikan burungnya saat malam hari, khususnya saat alami macet bunyi. Burung akan juga sering mendapatkan perlakuan semacam itu.

Baca Juga : Extra Fooding Untuk Anis Merah Beserta Fungsinya

Maksudnya ialah supaya besok, sesudah diembunkan, burung ingin kembali berkicau. Mandi malam pada anis merah memang biasa diaplikasikan jika burung alami macet bunyi atau cuma ngeriwik saja.

Bagaimana dengan burung semacam kacer? Mandi malam umumnya diberi bila kacer mulai kelihatan meningkatkan bulu-bulunya, atau biasa disebutkan mbagong atau mbalon.

Keadaan ini sering membuat pemiliknya gusar. Dengan therapy mandi malam, sang pemilik mempunyai keinginan supaya kacernya tidak mbagong, hingga dapat dibawa kembali pada lapangan.

Hal sama biasa didapati pada fans murai batu yang gaconya ngebatman, atau melebarkan ke-2 sayapnya bila dengar atau berjumpa burung semacam.

Burung cendet yang malas mengeluarkan bunyi, atau kurang gacor, dapat juga diterapi dengan mandi malam, tetapi cukup disemprot saja, jadi tak perlu basah kuyup. Keesokan hari sesudah diterapi, mereka akan memperlihatkan tampilan yang tidak sama, yakni lebih rajin bunyi dibanding umumnya.

Pada burung-burung kecil seperti pleci, mandi malam dipercaya dapat membuat burung gampang bernada lebih kencang (ngeplong). Tetapi tidak semua individu pleci dapat demikian. Ada unsur lain yang bermain di sini, yakni tipe kelamin (baiknya jantan), umur (baiknya telah dewasa), serta ciri-ciri burung tersebut.

Tapi pada tipe burung tipe yang lain serta jarang-jarang aktif saat malam hari, contohnya cucak hijau, cucak biru, cucak ranting, cucak hijau kepala emas, serta cucak hijau mini, therapy mandi malam tidak dibutuhkan, sebab kurang efisien untuk menangani persoalan seperti malas bunyi, macet bunyi, serta over birahi. Ini merujuk pada kesukaannya di alam liar.

Therapy mandi malam kurang efisien untuk kenari serta bermacam burung finch yang lain, dan bermacam burung paruh bengkok seperti disinggung dibagian awal. Tiga barisan burung ini (finch, kenari, paruh bengkok) mempunyai persamaan, yakni burung pemakan bijian. Dengan anggapan yang sama, karena itu burung yang makanan intinya berbentuk biji-bijian (terhitung gould amadine) tidak memerlukan therapy mandi malam.

Baca Juga : Tips Ampuh Merawat Burung Prenjak

Bagaimana dengan keluarga jalak-jalakan seperti jalak suren serta jalak putih? Therapy mandi malam kurang efisien untuk membuat rajin bunyi atau untuk menangani over birahi. Tapi therapy ini masih dapat diaplikasikan pada keluarga jalak-jalakan untuk arah lain, yakni jadi sisi proses dari penjinakan.

Perhatikan kondisi sebelum mandi malam

Mandi malam memang berguna buat beberapa macam burung kicauan khusus, walau tidak semua tipe burung dapat diberi therapy itu.

Buat burung yang dapat jalani therapy mandi malam, seperti diterangkan di atas, butuh dilihat juga beberapa keadaan sebelum therapy digerakkan. Di bawah ini beberapa keadaan yang penting dilihat sebelum burung mandi malam:

  • Waktu mandi malam seharusnya di antara jam 19.00 – 20.30.
  • Jauhi memandikan burung bila keadaan cuaca sedang turun hujan atau udara begitu dingin.
  • Mandikan burung dalam ruang/ kamar, tak perlu dibawa ke luar ruang.
  • Untuk hasil optimal, seharusnya sediakan cepuk minum yang lebar, lantas beri air bersih. Kemudian, burung dapat dimandikan dengan menyemprot memakai sprayer air, tak perlu basah kuyup. Jika terpancing, umumnya burung akan melanjutkan mandinya dalam cepuk minum yang telah disiapkan.
  • Jika ingin memakai bak mandi, seharusnya burung dirangsang dahulu untuk mandi dengan membasahi bulu sayap serta lehernya dengan memakai sprayer, lalu dipindahkan ke bak mandinya.
  • Jika ingin memakai air hangat, yakinkan suhu air tidak panas, tapi cukup hangat-hangat kuku (seputar 37 derajat Celcius, atau sama dengan suhu pengeraman telur). Berharap dilihat, kulit burung tidak sama dari kulit kuku manusia yang tebal. Memandikan burung dengan air hangat dapat menyakiti mereka.
  • Sesudah mandi malam, burung dapat diangin-anginkan di ruang yang jelas, lantas diberi pakan berbentuk extra fooding (E) seperti jangkrik atau kroto. Sesudah bulu kering, burung dapat diberi kerodong, lantas biarlah beristirahat sampai besok paginya untuk arah pengembunan.

Semoga bermanfaat.

Terapi Mandi Malam Untuk Burung | admin | 4.5