Terapi Mandi Pasir Untuk Burung, Cara Dan Fungsinya

Pernah dengar arti mandi pasir untuk burung? Contohnya mandi pasir untuk therapy kacer mbagong atau nguda laut atau kacer mbalon? Jika belum, ya saat ini Anda sedang membaca salah satunya artikel yang mengulas permasalahan mandi pasir.

Pernah Anda lihat ayam yang sedang mandi di genangan debu? Nah itu sebetulnya apa yang kita tujuan dengan mandi pasir. Dengan begitu, apa yang disebutkan mandi pasir cuma permasalahan arti. Karena yang dapat dipakai untuk mandi dapat pasir juga bisa tanah.

Baca Juga : Khasiat Jahe Untuk Burung Kontes Agar Gacor Diarena Lomba

Tidak hanya ayam, beberapa macam unggas serta burung suka juga mandi pasir atau mandi tanah yang dalam bahasa Jawa disebutkan “kipu”. Burung perkutut, derkuku, atau burung branjangan, ialah beberapa contoh burung serta/atau unggas yang biasa mandi pasir.

Untuk Anda tahu saja, burung yang biasa mandi pasir, umumnya berusia panjang. Burung branjangan, dengan perawatan standard serta dikasih tanah untuk mandi, biasanya dapat berusia sampai belasan tahun, atau serta lebih dari 20 tahun. Pertanyaannya, apa jalinan di antara mandi pasir dengan usia panjang?

Saat burung mandi pasir, sebetulnya ia mematuki beberapa mineral yang dibutuhkan oleh badan. Yang disebutkan mineral ini, yang benar-benar bermanfaat untuk burung, diantaranya ialah calcium, phosphor, iron (besi), manganase, iodium, cuprum, zinccum, magnesium, sodium serta kalium.

Mineral sebenarnya salah satu pembentuk penting badan makhluk hidup. Mineral ini menolong proses kimia serta elektrik yang berlangsung di pada tubuh makhluk hidup. Beberapa proses kimia serta elektrik cuma akan berperan secara benar jika kesetimbangan mineral yang sesuai dengan diberi pada skema. Dalam soal ini dapat dicontohkan zat besi untuk darah, belerang untuk otot, kalsium untuk tulang, serta banyak yang lain yang pada umumnya memberi kelancaran fungsional badan makhluk hidup.

Mineral diperlukan untuk pembentukan darah serta tulang, kesetimbangan cairan badan, peranan syaraf yang sehat, peranan skema pembuluh darah jantung dan sebagainya. Seperti vitamin, mineral berperan jadi ko-enzim, sangat mungkin badan lakukan manfaatnya seperti menghasilkan tenaga, perkembangan serta pengobatan. Walau vitamin demikian penting, vitamin tidak bisa lakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa ada mineral.

Baca Juga : Burung Siap Lomba

Dengan mandi pasir berikut burung branjangan memperoleh mineral yang mereka perlukan. Dalam masalah lain, burung perkutut yang dikasih totok (kerangka/tulang) sotong atau cumi-cumi, memperoleh mineral dari tulang cumi itu. Berikut salah satunya pemicu kenapa burung perkutut yang dijaga di sangkar dapat juga berusia serta sampai beberapa puluh tahun.

Burung apapun yang penting mandi pasir serta kenapa?
Sebetulnya semua burung butuh mandi pasir. Berarti, semua burung perlu memperoleh mineral. Burung-burung yang tidak senang mandi pasir di alam aselinya, mereka memperoleh mineral dari tanah yang turut terbawa saat burung konsumsi makanan yang tergeletak di tanah, atau saat dengan menyengaja mereka mengorek-ngorek tanah untuk memperoleh cacing dan lain-lain.

Demikian juga perihal dengan burung-burung yang kita memelihara di sangkar. Mereka membutuhkan mandi pasir, mereka butuh mandi tanah untuk memperoleh mineral. Permasalahannya ialah tidak semua burung senang mandi pasir juga pasir atau tanah seperti apa yang perlu kita pakai.

Bila burung Anda kurang mineral, karena itu manifestasinya dapat beberapa macam. Diantaranya burung berulah (jika kacer contohnya gampang mbagong, nguda laut atau mbalon atau uter/puther-Jawa; untuk cucak ijo contohnya kurang ngentrok atau kurang njambul). Burung yang kurang mineral atau defisiensi mineral akan memperlihatkan tanda-tanda seperti rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok serta abnormal); paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), anak burung yang menetas cacat, urat keting (tendo), lepas sendinya, tercerai (luxatio); paruh meleset, kekurangan darah, pucat serta lemah. Serta hal yang seringkali bulu burung gampang patah setelah mabung, tidak bercahaya alias kusam.

Baca Juga : Manfaat Terapi Sauna Untuk Burung

Sedang untuk burung indukan di penangkaran tidak selekasnya bertelur, telur tidak berhasil, atau produktivitas telur sedikit, daya tetas rendah, berlangsung banyak kematian embrio dan lain-lain.

Tanah yang dipakai serta langkah pemakaian

Jika Anda cari tanah yang akan Anda pakai untuk memandikan burung, karena itu di bawah ini beberapa tips-nya:

  1. Jangan memakai pasir sebab butiran pasir benar-benar keras serta tajam yang dapat mengakibatkan kerusakan bulu burung.
  2. Mencari tanah yang bebas mikroba serta pestisida. Bila Anda tidak dapat pastikan tanah yang bagus serta bersih, Anda dapat memakai bubukan batu bata yang disaring. Mencari saja batu bata yang empuk jangan yang keras sebab walau disaring, bubukan bata yang keras juga bisa mengakibatkan kerusakan bulu burung seperti dalam pasir.
  3. Yakinkan Anda memakai tanah yang memiliki kandungan banyak mineral. Bila Anda tidak dapat memperolehnya, karena itu cukup Anda memperoleh bubukan bata selanjutnya digabung dengan Bird Mineral seperlunya. Apakah itu Bird Mineral? Bird mineral salah satu produk kesehatan burung yang di dalamnya ada calcium, phosphor, iron (besi), manganase, iodium, cuprum, zinccum, magnesium, sodium, kalium, vitamin B12 serta vitamin D3. Untuk tahu apakah itu Bird Mineral, anda dapat membacanya di sini.
  4. Isi bak karamba burung dengan tanah yang telah Anda campur dengan Bird Mineral itu serta masukan burung ke dalamnya seperti jika Anda sedang memandikan burung. Beberapa burung akan ingin lakukan kipu atau mandi pasir, sedang yang lain tidak. Untuk ini, perlu dilatih dengan tekun serta sabar.
  5. Spesial untuk burung branjangan atau perkutut, tanah yang telah tercampur dengan Bird Mineral dapat dipakai jadi fundamen sangkar seperti yang biasa kita pakai untuk burung branjangan serta dapat ditukar satu pekan sekali dengan kombinasi yang baru.
  6. Untuk burung di penangkaran, bak pasir / tanah dapat ditempatkan di kandang penangkaran.
  7. Jika burung Anda tidak ingin mandi pasir atau Anda tidak tekun serta sabar melatihnya supaya ingin mandi pasir, Anda bisa langsung memberi Bird Mineral dengan mencampurkannya ke voer atau kroto (untuk burung yang ingin makan kroto). Yang perlu dalam soal ini ialah pastikan burung memperoleh mineral yang pas, cocok serta terarah.

Dengan melatih burung mandi pasir/ tanah, karena itu Anda telah pastikan burung Anda mempunyai bulu kuat, mulus, bercahaya setelah molting atau ngurak alias mabung; tidak terserang rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok serta abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); anak burung menetas sehat; burung tidak alami urat keting (tendo); burung tidak lepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah hingga pucat serta lemah; burung di penangkaran dapat selekasnya bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi dengan tingkat kematian embrio yang rendah.

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya Untuk Burung

Terapi Mandi Pasir Untuk Burung, Cara Dan Fungsinya | admin | 4.5